New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
oli mobil kurang

Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!

Apakah Anda tahu kondisi ketika oli mobil kurang, atau tanda oli mobil kurang? Terdapat banyak masalah yang dapat muncul ketika oli mobil Anda kurang, untuk itu kita akan bahas secara lengkapa di artikel ini. Simak yah!

Oli merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kinerja sebuah mesin mobil. Kurangnya oli dapat berakibat pada kinerja kendaraan yang semakin menurun. Itulah sebabnya, oli mobil kurang sangat berperan penting bagi mesin. Dari mulai pelumasan, membersihkan, dan bahkan menyerap suhu panas.

Baca juga : 6 Faktor Penyebab Oli Mesin Berkurang yang Wajib Diwaspadai

Tanda Tanda Oli Mobil Kurang

oli mobil kurang

Anda perlu mengetahui apa saja tanda-tanda saat oli mobil kurang. Berikut ini akan dijelaskan selengkapnya.

Lampu Indikator Menyala

Tanda yang pertamaketika oli mobil kurang adalah dengan memperhatikan lampu indikator oli menyala. Walaupun beberapa kasus lampu indicator tidak jelas nyalanya, melainkan kedap-kedip.

Apabila Anda menemukan lampu indikator menyala walau hanya beberapa detik, itu bisa jadi pertanda bahwa oli mobil kurang. Anda bisa melakukan pengecek agar memastikan berapa banyak oli yang tersisa.

Suara Mesin Menjadi Berkurang

Tanda oli kurang juga bisa Anda cari tahu melalui suara mesin yang mulai berkurang. Saat oli sudah mencapai batas minimum, akan terdengar suara khusus. Suara tersebut dapat terdengar keras dn sedikit berisik karena oli kurang. Penyebabnya adalah mesin mobil kehilangan pelumas yang cukup sehingga gesekan antar komponen satu antara lain dengan mesin jadi lebih intents.

Ketinggian Oli Mesin Di Bawah Garis L Stik Oli

Anda bisa mengecek secara langsung dari stik oli (dipstick). Ketika oli mobil kurang, posisi ketinggiannya akan berada di bawah garis L stik oli.

Saat oli benar-benar tiris dari mesin, Anda bahkan tidak akan bisa melihat ketika di cek dengan stik oli. Jika hal ini terjadi pada mobil, Sebaiknya lakukan segera isi ulang oli mobil Anda.

Efek Yang Timbul Karena Mobil Kurang Oli

Selain beberapa hal di atas, ada tanda lain yang bisa menjadi pengingat bahwa mobil Anda harus segera diganti oli. Tanda ini sendiri berupa beberapa efek yang ditimbulakan oleh mobil dan harus segera dicarikan solusinya biar tidak menyebabkan hal yang lebih parah.

Mesin Lebih Cepat Panas

Saat mobil mengalami kekurangan oli, akaan ada efek yang muncul dan salah satunya adalah mesin mobil cepat panas. Sirkulasi oli di mesin berfungsi untuk menjaga mesin mobil Anda tidak panas atau overheat. Tapi, apabila oli kurang, sirkulasi bisa menjadi terhambat dan mesin juga megalami panas.

Mobil Mudah Mogok

Pernahkah Anda mengalami mobil mogok, atau Anda mungkin sering bertanya-tanya kenapa mobil Anda tiba-tiba mogok dan sering kali terjadi? Bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh oli mobil Anda yang sudah mengurang dan dibiarkan terlalu lama.

Keadaan tersebut juga menyebabkan adanya komponen yang menghasilkan tenaga , seperti mesin, tergores dan, macet. Tenaga yang dihasilkan pun tidak maksimal dan mobil mudah mogok.

Komponen Mesin Yang Cepat Aus

Saat mobil kekurangan oli makan akan cepat aus. Hal ini karena oli berfungsi sebagi pelumas komponen mesin mobil. Oli mencegah agar tidak terjadi gesekan secara langsung antar komponen mesin. Bukan itu saja, oli yang kurang dapat menyebabkan sirkulasi oli di dalam mesin tersebut jadi terhambat. Hasilnya pun distribusi oli tidak bisa merata dan akhirnya komponen mesin tidak mem[eroleh lumasannya dengan baik.

Beberapa hal di atas merupakan resiko yang akan terjadi jika oli kurang. Untuk itu sealu disarankan memeriksa dan menggantinya agar performa mesin tetap maksimal.

Anda bisa melakukan pengecekan di bengkel Dokter Mobil. Dokter mobil memberika pelayanan pengecekan gratis hingga penggantian oli dengan produk berkualitas. Anda tidak perlu khawatir karena Dokter Mobil sudah mendapatkan pengakuan secara international melalui sertifikasi ISO dan teknisi yang terlatih untuk mengatasi masalah oli mobil kesayangan Anda.

Manfaat Mengganti Oli Mobil

Ada beberapa manfaat saat Anda mengganti oli mesin mobil Anda, beberapa diantaranya adalah.

Membuat Mesin Mobil Jadi Lebih Bersih

Saat oli mengalir ke mesin dari ara lain, aka nada kotoran dan partikel lain yang sedikit demi sedikit akan menumpuk di dalamnya. Apabila Anda tidak memeriksa kondisi oli mobil Anda dan abbaik untuk menggantinya secara rutin, maka lumpur atau endapan abu dan debu akan menumpuk di mesin mobil.

Dengan mengganti oli mesin, maka mesin akan jadi lebih bersih. Selain itu mengganti oli, juga filter oli harus dibersihkan dengan tepat waktu agar sisa-sisa kotoran yang mengendap tersebut tidak akan membahayakan mesin mobil Anda.

Umur Mesin Mobil Akan Lebih Lama

Oli adalah sumber kehidupan kendaraan Anda. Oli dapat melumasi dan melindungi banyak bagian penting di dalam mesin dari keausan dan kerusakan. Hanya saja permasalahannya, minyak bisa menjadi kotor. Untuk itu selalu menggantinya dengan rutin agar tetap bersih dan memberika perlindungan yang maksimal.

Anda bisa membaca kembali panduan yang diberikan oleh dealer mobil Anda, atau jika bingung silahkan mengunjungi bengkel mobil terdekat dan melakukan konsultasi untuk penanganan oli mesin mobil Anda.

Penggantian oli mobil yang teratur dan terjadwal adalah investasi yang bisa membantu dan memastikan bahwa Anda akan terus berkendara dalam kedaan yang nyaman dengan waktu yang lebih panjang.

Melindungi Suku Cadang Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahawa oli mobil kurang bukan satu satunya masalh yang sering terjadi pada mesin mobil, selain itu menggantinya secara rutin juga akan sangat bermanfaat memberikan perlindungan, khususnya juga pada suku cadang mesin lainnya.

Di dalam mesin mobil ada banyak bagian penting yang membuat mesin mobil berjalan seperti poros engkol dan batang-batang penghubung. Batang ini yang berperan untuk mengontrol bagian piston mesin Anda. Ada juga bagian lain yang sering disebut dengan camshaft yang dapat membantu membuka dan menutup katup buang kendaraan Anda.

Untuk Itu dengan mengganti oli komponen yang disebutkan tersebut dapat bergerak dengan kinerja yang lebih baik.

Tarikan Gas Terasa Lebih Baik

Kenapa mengganti oli dapat mempengaruhi pada tarikan gas yang lebih enteng? Perlu Anda ketahui bahwa total jarak tempu per gallon depengaruhi pada beberapa faktor termasuk lingkungan, medan lapangan, bagaimana cara Anda berkendara, hingga seperti apa perawatan kendaraan Anda.

Tanpa perawatan yang tepat dan benar , semua kotoran yang sudah menumpuk di dalam mesin mobil  akan menyebabkan gesekan. Ketika sudah terjadi gesekan, maka kinerja mesin dan penghemat bahan bakar akan terganggu.

Cobalah untuk memastikan terhindar dari oli mobil kurang agar gesekan dapat berkurang  sehingga mesin lebih efisien dengan jarak tempu yang terbaik.

Lulus Emisi Dan Menjaga Lingkungan

Lulus uji emisi adalah cara utuk mengetahui seberapa banyak partikel karbon hidrokarbon yang disemprotkan ke atmosfer. Apabila oli belum diganti, pada kotak engkol mesin akan terjadinya penumpukan hidrokarbon. Ketika partikel tersebut terbakar, maka bisa menyebabkan lebih banyak partikel tersebut untuk terlepas melalui knapot  kendaraan dan menyebabkan lingkungan tercemar. Oleh sebab itu mengganti oli mobil merupakan salah satu cara Anda untuk menjaga lingkungan tetap sehat.

Itulah penjelasan tentang oli mobil kurang dan tambahan manfaat mengganti oli mobil untuk Anda. Jangan lupa untuk Anda yang ingin terhindar dari oli mobil kurang atau memperoleh penggantian oli terbaik, bisa langsung mendatangi bengkel dokter mobil yang memberikan layanan ganti oli dan service terbaik. Sudah Ada 19 cabang yang tersebar di kota besar di Indonesia sehingga Anda bisa menemukannya dengan mudah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda menmukan solusi terbaiknya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 482397

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu