New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Merawat Mobil Tanpa Ke Bengkel

Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!

Perawatan mobil adalah bagian yang tidak boleh terlewati bagi setiap pemilik kendaraan, Anda bisa merawat mobil tanpa ke bengkel sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak merawat mobil Anda. Apalagi bagi mereka yang memiliki aktivitas padat dengan menggunakan mobil pribadi. Mobil yang sering digunakan pastinya akan mengalami kotor dan mempengaruhi kinerja mesin serta komponen mobil lainya. Inilah menjadi penyebab kenapa mobil Anda perlu memperoleh perawatan yang rutin.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang merawat mobil tanpa ke bengkel agar awet dan indah dipandang mata. Simak hingga kelar yah!

Baca Juga : Tips Perawatan Mobil Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan

Tips Merawat Mobil Tanpa Ke Bengkel

Merawat Mobil Tanpa Ke Bengkel

Cek Ban dan Tekanan Anginnya

Tips merawat mobil tanpa perlu ke bengkel yang pertama adalah selalu melakukan pengecekan pada ban dan tekanan angin. Walau dianggap sepele, tekanan ban sangat berpengaruh  untuk keselamatan pengendara. Usaha Makan sebulan sekali selalu melakukan pengecekan apabila ingin melakukan perjalanan yang jauh. Perhatikan juga bagaimana kondisi ban mobil Anda, sehingga jika terjadi sesuatu atau ada kerusakan sebaiknya segera diganti.

Mengganti Air Radiator

Selanjutnya dari tips merawat mobil tanpa perlu ke bengkel, yaitu selalu mengganti air radiator. Penggantian air radiator yang benar dan tepat adalah bagian yang harus diperhatikan dalam proses perawatan mobil. Hal ini disebabkan oleh tertunjangnya performa mobil.

Cek Aki

Tips merawat mobil tanpa ke bengkel berikutnya adalah  memastikan air aki pada level yang seharusnya. Yaitu di garis antara batas penanda. Anda juga bisa mengukurnya sendiri dengan tegangan aki menggunakan voltmeter.

Rutin Memeriksa Kabel dan Lampu

Agar menunjang kenyamanan saat berada di perjalanan, rutin lah memeriksa kabel dan kondisi lampu. Apakah ada kabel yang sudah redup atau bahkan putus. Jika ada sebaiknya ganti dan gunakanlah spare part yang baru dan direkomendasikan oleh pabrik. Merawat mobil tanpa ke bengkel bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi berbagai resiko.

Rutinlah Untuk Cek Oli

Pada umumnya ada petunjuk dalam sebuah buku manua, cek oli yang dianjurkan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Tapi sebaiknya bagi anda yang selalu menggunakan mobil dalam keseharian dan selalu menghadapi macet, maka mengganti oli dengan lebih rutin setiap kali 5.000 km. Selain itu, apabila  mesin mobil Anda mulai terasa kasar  dan warna oli oli sudah menghitam encer , itu tandanya harus segera ganti oli.

Periksa Kopling dan Oli

Sangat disarankan ketika mobil memasuki 10.000 da 50.000 km, sebaiknya periksalah  ampas kopling yang sudah mulai aus, hal itu akan membuat perpindahan gigi terasa berat. Lalu rutin cek kondisi rem. Setelah itu mengganti minyak rem sebaliknya setiap 20.000 km.

Melakukan Cuci Mobil

Jika Anda Ingin memperoleh mobil yang terawat dengan baik dan indah, maka salah satu cara yang harus Anda lakukan yaitu mencuci mobil secara rutin. Mencuci mobil dapat membersihkan berbagai kotoran dan noda yang menempel pada mobil sehingga kembali kinclong. Bila jarang mencuci maka akan sangat susah untuk dibersihkan dan muncul noda-noda putih. Saat mencuci mobil ada baiknya Anda menggunakan sabun yang dibuat khusus untuk mobil.

Membersihkan Kaca Mobil

Saat Anda membersihkan kaca  menggunakan cairan khusus glass cleaner dan cek kualitas air washer. Pastikan karet pada jendela sering dibersihkan dari kotoran dan debu agar tidak membikin atau menimbulkan baret.

Membersihkan Bagian dalam Mobil

Membersihkan bagian dalam mobil juga adalah hal yang tidak boleh diabaikan saat melakukan perawatan. Bagian dalam mobil sering menampung banyak penumpang yang mungkin membawa kotoran dari luar sehingga wajib untuk dibersihkan juga. Ada banyak kotoran di kabin  dan jok mobil yang harus segera ditangani agar Anda dan keluarga terhindar dari penyakit dan virus yang mengintai.

Menggunakan bahan bakar Dengan Oktan Tinggi

Tips merawat mobil tanpa ke bengkel yang terakhir dari merawat mobil adalah dengan menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi yang dianjurkan atau sesuai dengan pengarahan dari pabrik. Pemakaian bahan bakar  yang kurang baik atau kotor dapat menyebabkan kinerja mesin mobil buruk. Usahakan pengisian bahan bakar yang dilakukan pada tempat yang resmi.

Itulah pembahasan lengkap tentang bagaimana cara dan tips merawat mobil tanpa ke bengkel mobil, nah dan bagi Anda yang ingin memperoleh perawatan lengkap melalui bengkel mobil terpercaya dan berkualitas. Silahkan mengunjungi bengkel Dokter Mobil terdekat di kota Anda.  Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan membantu Anda semua. Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya dengan pembahasan yang lebih menarik

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 58368

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu