New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Cara merawat AC mobil

Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!

AC mobil merupakan salah satu bagian penting yang ada di mobil Anda untuk memberikan kenyamanan dan kesegaran saat berpergian. Apalagi untuk cuaca yang di daerah yang tropis seperti di Indonesia. Untuk menjaga kualitas dan performa AC mobil tetap baik, Anda harus tahu bagaimana cara merawat Ac mobil yang tepat.

Merawat AC mobil secara tepat dan benar akan sangat beruna untuk membuat AC mobil lebih awet dan optimal dari segi manfaat, bahkan untuk jangka waktu yang lebih lama. Cara merawat AC mobil bisa Anda lakukan dengan dua cara, yaitu dengan membawanya langsung ke bengkel spesialis AC mobil atau bisa dengan melakukan perawatan AC mobil sendiri diri di rumah.

Pada dasarnya untuk merawat AC mobil tetap harus mengunjungi bengkel spesialis AC mobil karena nantinya mereka akan melakukan pengecekan secara menyeluruh terkait berbagai masalah AC dan potensi kerusakan di komponen tertentu.

Baca Juga :  Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!

Hanya saja dengan memahami cara merawat AC mobil maka Anda bisa mengurangi berbagai resiko kerusakan dan tingkat keparahannya. Untuk itulah pada kesempatan kali ini Dokter Mobil kembali hadir dan berbagi tentang bagaimana cara merawat AC mobil yang tepat dan sesuai rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis.

Cara Merawat AC Mobil Menurut Bengkel Spesialis

Cara merawat AC mobil

Ada beberapa cara dan usaha untuk membuat AC mobil Anda lebih terawat dan bisa digunakan dengan baik dan tahan lama, beberapa diantaranya adalah:

1. Jagalah Kebersihan Kabin Mobil

Siapapun Anda yang memiliki kendaraan mobil, dan sering kali menggunakannya untuk berbagai aktivitas, tentunya sangat wajib untuk melakukan pembersihan di seputar kabin mobil. Kabin mobil yang kotor dan penuh debu akan masuk bersirkulasi ke dalam filter AC mobil, sehingga terganggunya kinerja AC mobil.

Hal ini juga menjadi penyebab kenapa suhu mobil sulit dingin.

2. Hidari Membuka Jendela Saat AC Sedang Menyala

Saat Anda berkendara, ada baiknya tidak selalu membuka AC mobil. AC mobil sudah dirancang khusus untuk mendinginkan ruang dalam mobil. Jika jendela mobil dibiarkan terbuka maka akan membuat udara dingin keluar sia-sia, serta semua komponen dan zat yang ada di luar akan terhisap dan menyebabkan kerusakan.

3. Berhenti Merokok di Dalam Mobil

Mungkin beberapa orang akan mengatakan tidak mengapa merokok di dalam mobil yang penting AC dalam keadaan mati. Tapi tahu tidak kadang abu rokok bisa berterbangan dan jatuh di area interior mobil. Bukan itu saja, asap rokok yang mengandung nikotin dan zat lainnya bisa menempel dengan mudah dan menyebabkan bahaya bagi pengemudi  dan  penumpangnya.

4. Bersihkan Kondensor AC Mobil

Cara merawat AC Mobil selanjutnya adalah dengan membersihkan  bagian kondensor AC secara berkala. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan semua debu dan kotoran yang menempel, sehingga kebocoran dan korosi dapat terhindari.

5. Jangan Mematikan AC Dalam Jangka Waktu yang Lama

AC mobil yang tidak dinyalakan dengan rentang durasi waktu yang cukup lama juga bisa menimbulkan kerusakan atau masalah lain, seperti mengeringnya selang dan belt AC. Saat Anda memilih untuk tidak menggunakan AC mobil untuk menghemat penggunaan bahan bakar, atau mungkin alasannya lainnya.

Sebaiknya ketika memanaskan mobil, silahkan menghidupkan AC juga minimal setiap  minggu sekali selama 10 menit, agar sistem yang ada di AC mobil bisa tetap berfungsi dengan baik.

6. Membersihkan Filter Pada Kabin

Salah satu cara merawat AC Mobil Adalah dengan rutin membersihkan filter pada kabin. Perlu diperhatikan apabila filter kabin sudah mengalami kerusakan sebaiknya diganti. Melakukan penggantian filter kabin ini juga dianjurkan secara rutin.

7. Lakukan Service AC Secara Berkala

Saat Anda sudah melakukan cara perawatan mobil dengan tepat dan sesuai rekomendasi dari bengkel mobil spesialis. Selanjutnya Anda juga perlu melakukan servis secara berkala untuk memperoleh hasil yang maksimal. Di bengkel mobil Anda akan diberikan service sesuai kebutuhan dan masalah mobil yang Anda hadapi, serta penyelesaiannya.

Anda bisa mengetahui seperti apa kondisi AC mobil saat ini, sehingga apabila ada potensi kerusakan bisa segera diatasi. Begitulah cara merawat AC mobil dengan baik dan tepat untuk mobil kesayangan Anda sehingga bisa digunakan dengan nyaman untuk berbagai aktivitas keseharian Bersama keluarga.

Baca juga : Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya

 Tips Perawatan AC Mobil Agar Tetap Dingin

cara merawat AC agar tetap dingin

Ketika AC mobil selalu digunakan setiap saat, maka lama kelamaan akan mengalami penurunan fungsi, seperti AC akan terasa kurang kencang dan tidak dingin. Agar mobil tetap dingin dan menyejukan aktivitas mengendara Anda, perlu dilakukan perawatan ac mobil.

Beberapa cara merawat AC mobil agar tetap dingin yaitu:

  1. Menjaga kebersihan lantai atau karpet mobil Anda. Kebersihan pada lantai dan karpet mobil bisa menjadikan udara di area kabin juga ikut bersih. Dengan begitu filter pada Ac mobil tidak  perlu terlalu bekerja keras untuk menyaring berbagai komponen debu dan kotoran, sehingga terhindar dari kerusakan atau cepat kotor.
  2. Ketika Anda mencuci mobil, sebaiknya juga ikut membersihkan kondensor AC dengan menyemprotkan air yang kencang di bagian kondensor AC. Kondensor AC ini terletak di depan radiator. Hal ini sangat berguna untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel, sehingga tidak mengeras dan mengakibatkan korosi atau keropos, serta kebocoran di bagian kondensornya.
  3. Tips dan cara merawat AC mobil agar tetap dingin selanjutnya adalah dengan selalu memastikan kondisi extra fan yang hidup. Jika extra fan dibiarkan mati maka akan beresiko pada kerusakan kompresor atau membuat selang kompresor meledak.
  4. Mematikan AC beberapa saat dan menghidupkannya kembali ketika Anda melakukan perjalanana jauh adalah bagian lain dari cara merawat AC mobil  agar tetap dingin. Ini bertujuan untuk memberikan jeda, atau istirahat pada AC agar tidak terus-menerus bekerja ekstra keras dan menghindari terjadinya pembekuan di saluran AC.
  5. Memilih tempat parkir yang teduh atau terlindungi dari panas matahari secara langsung. Mobil yang terkena panas matahari langsung dengan waktu yang lama dapat membuat bagian dalam mobil menjadi sangat panas sehingga membutuhkan proses pendinginan yang lebih lama.
  6. Jangan menyalakan AC saat ingin menghidupkan mesin mobil. Begitu juga sebaliknya matikan Ac sebelum mobil dimatikan
  7. Melakukan pemeriksaan semua kondisi komponen AC secara rutin di bengkel mobil spesialis. Beberapa komponen tersebut diantaranya, Compressor, Receiver Dyer, Condensor, hingga Evaporator dan Freon.

Nah demikianlah pembahasan kita mengenai cara merawat AC mobil agar tetap dingin. Semoga pembahasan kita kali ini bisa bermanfaat dan membantu menambah wawasan Anda tentang Cara merawat AC mobil dengan tepat. Sampai jumpa lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 48590

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap