New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
merawat kompresor AC mobil

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!

Salah satu komponen yang memiliki peran untuk menjaga kualitas dan performa dari AC mobil Anda adalah kompresor. Merawat kompresor AC mobil akan membantu membuat AC mobil tetap bekerja secara optimal.

Siapapun pasti akan merasa tidak nyaman jika kabin mobil mereka panas dan membuat gerah saat berpergian. Itulah mengapa penggunaan AC mobil sangat bermanfaat bagi para pemilik kendaraan roda empat. 

Seperti organ tubuh pada manusia yang saling membutuhkan dan melengkapi satu sama lain. Kompresor juga merupakan bagian penting pada AC mobil yang bertugas untuk memompa freon agar bisa menyebar ke kabin dan menghilangkan hawa dan suhu panas mobil, khususnya bagian kabin mobil.

Banyak sekali pemilik mobil yang belum tahu dari fungsi kompresor in, sehingga kurang diperhatikan, padahal harganya cukup tinggi jika nantinya mengalami kerusakan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara merawat kompresor AC mobil agar awet dan bisa tetap berfungsi mengoptimalkan fungsi AC mobil Anda.

Baca Juga : Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!

Cara Merawat Kompresor AC Mobil

merawat kompresor AC mobil

 1. Mengganti Oli Secara Berkala

Bukan hanya oli mesin atau oli transmisi untuk mobil matic, faktanya AC mobil juga membutuhkan oli agar kinerjanya menjadi lebih lancar saat memompa freon. Anda perlu mengetahui hal ini agar bisa memantau dan mengecek secara berkala apabila sudah waktunya penggantian oli untuk kompresor AC mobil. Menganti oli merupakan bagian yang idak boleh Anda lewatkan saat merawat kompresor AC Mobil.

Paling tidak setiap setahun sekali atau setiap 20.000km perjalanan. Mungkin hal ini akan menambah biaya perawatan, akan tetapi hal tersebut lebih murah dibandingkan dengan mengganti kompresor yang rusak dengan yang baru.

2. Kompresor Harus Bersih Saat Penggantian Oli

Cara merawat kompresor AC Mobil selanjutnya adalah dengan membersihkannya secara menyeluruh. Saat penggantian oli kompresor, ada baiknya Anda meminta teknisi untuk membersihkan kompresor hingga bena-benar bersih.

Hal ini berfungsi agar oli yang baru tidak bercampur dengan bekas oli yang lama. Biasanya beberapa bengkel mobil spesialis AC memiliki teknologi  yang canggih dalam perbaikan atau service AC mobil.

Anda bisa menemukan layanan ini di bengkel spesialis AC dan Tune-up Dokter Mobil. Dokter mobil bukan hanya memiliki teknologi yang canggih unutk membersihkan oli mesin, tapi mereka juga mempunyai para teknisi dan mekanik handal yang mampu mengatasi masalah Anda dengan cepat dan aman.

3. Memilih Jenis Oli Yang tepat Untuk Kompresor

Jangan sembarangan ketika memilih oli untuk kompresor AC mobil Anda. Jika Anda ingin merawat kompresor AC Mobil dengan tepat, maka selalu perhatika pengguanaan jenis oli. Sama seperti oli mesin, kompresor juga harus menggunakan oli kompresor yang tepat, seperti spesifikasi kekentalannya.

Silahkan cek buku panduan mobil Anda, atau jika bingun bisa langsung mendatangi bengkel mobil spesialis yang profesional.

4. Memperhatikan Bunyi yang muncul Pada Kompresor

Saat Anda mengecek kondisi kompresor Ac mobil, Anda bisa melakukannya tanpa perlu membawa ke bengkel. Anda bisa mencoba menghidupkan mobil dan AC mobil, kemudian cari tahu apakah ada bunyi yang keluar dari kompresor dari balik kap. Apabila bunyi pada kompresor terdengar semakin keras dan cukup mengganggu,ada baiknya kamu perlu melakukan pengecekan ke bengkel AC mobil spesialis dan biarkan mereka melakukan pengecekan secara detail dan perbaikan jika diperlukan.

5. Membawanya ke Bengkel Spesialis AC Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ketika sudah ada tanda-tanda masalah pada kompresor, maka cara terbaik untuk merawat kompresor AC mobil adalah dengan membawanya ke bengkel mobil  spesialis AC terdekat.

Bengkel mobil spesialis AC tentunya paling mengetahui masalah apa yang dihadapi dan penanganannya secara tepat. Salah satu bengkel specialist AC mobil yang bisa Anda jadikan rujukan adalah bengkel Dokter Mobil yang sudah tersebar di 19 cabang di Indonesia.

Terdapat teknisi yang handal dan berpengalaman untuk membantu Anda memperoleh service kompresor AC mobil  yang berkualitas. Bengkel Dokter Mobil  juga sudah tersedia berbagai peralatan dengan teknologi canggih sehingga proses pengerjan lebih cepat dan akurat.

6. Ganti Kompresor Jika Sudah Bocor

Akan ada masanya kompresor ac mobil Anda bocor sehingga membuat oli menetes keluar, yang  sekaligus menjadi penyebab AC kurang dingin kurang dingin. Saat hal ini terjadi, ada beberapa orang  yang mengambil tindakan menambal kompresornya untuk mengurangi pengeluaran dana. Padahal hal itu bukanlah solusi terbaik.

Memang melakukan penambalan pada kompresor  bisa menutupi kebocoran kompresor, akan tetapi kinerjanya akan berkurang dan tidak bisa memberikan hasil pendinginan yang maksimal pada kabin mobil. Itulah mengapa mengganti kompresor AC mobil adalah solusi yang harus dipilih saat telah rusak.

Penggantian kompresor yang baru akan membantu Anda memperoleh kinerja yang lebih maksimal dan tahan lama hingga bertahun-tahun. Jadi tidak perlu memikirkan soal berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk penggantian kompresor AC Mobil

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan terkait cara merawat kompresor AC Mobil agar AC mobil Anda bisa memberikan kenyamanan dan kesegaran yang optimal saat digunakan di setiap perjalanan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu memberikan jawaban terkait masalah Anda. Jika punya pertanyaan, silahkan komen di bawah yah, sampai jumpa lagi!

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 1 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu