Jadwal Cuci AC Mobil

Jadwal Cuci AC Mobil Kesayangan Anda

Jadwal cuci AC mobil merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan oleh seseorang untuk merawat kesehatan mobilnya serta merasakan kenyaman dan kenikmatan berkendara dengan mobil kesayangan anda. Seperti yang kita kita ketahui bahwa mobil akan sangat nyaman jika memiliki AC yang dingin, sejuk, serta bersih dan tentunya untuk memperolehnya perlu melakukan jadwal cuci AC mobil secara rutin agar tidak terjadi kerusakan pada AC mobil kesayangan anda.

AC dapat mengalami berbagai kerusakan yang menyebabkannya tidak dapat berfungsi dengan maksimal sebagaimana mestinya. Artikel ini akan membahas mengenai mengapa dan bagaimana AC mobil anda dapat rusak dan tidak berfungsi. Anda juga akan dibantu untuk membuat sebuah jadwal cuci AC mobil agar mobil anda tetap dalam kondisi yang prima. Karena pada dasarnya AC akan sangat menentukan kondisi perjalanan yang akan anda rasakan bersama orang-orang tercinta anda.

Masalah Umum yang Terjadi pada AC Mobil

AC Dingin

Berikut merupakan beberapa masalah serta kerusakan yang umum terjadi pada mobil yang tentunya akan sangat mengganggu khususnya saat berkendara di wilayah tropis dengan suhu rata-rata harian yang tinggi. Untuk lebih jelasnya berikut detailnya

  1. AC mengeluarkan bau yang tidak sedap

Masalah ini tentunya sudah sangat terjadi di sekitar anda karena pada umumnya AC yang bermasalah akan mengeluarkan bau yang tidak sedap yang membuat para penumpang dan pengendara tentunya merasa tidak nyaman berada lama-lama di dalam mobil. AC mengeluarkan bau asing ini dapat terjadi sebagai akibat evaporator mobil yang kotor dan sistem AC yang sudah membutuhkan jadwal cuci AC mobil. Berikut merupakan beberapa kemungkinan yang dapat mengakibatkan bau tidak sedap keluar dari AC mobill kesayangan anda:

– Pada umumnya pada setiap mobil akan terdapat sebuah lubang udara yang bisa masuk ke kabin, dan dalam lubang udara ini seringkali terjadi kotoran terjepit yang membuat udara yang keluar dari AC menjadi berbau asing dan tidak sedap.

– Kemungkinan kedua yang mungkin terjadi adalah kebocoran pada lubang udara. Lubang udara mobil pada umumnya yang berasal dari luar dilengkapi dengan sebuah karet seal yang membutuhkan perbaikan dan penggantian secara berkala karena jika tidak, maka karet dapat retak dan tua sehingga dapat terjadi kebocoran.

– Lubang udara yang sebelumnya kita bahas dapat juga mengalami kerusakan berupa patah maupun tutup tidak sempurna sehingga udara dari luar dapat masuk dan bercampur yang akhirnya menghasilkan senyawa udara yang memiliki bau tidak sedap.

  1. Mesin mobil yang terlampau panas atau overheating

Mesin mobil yang mengalami panas berlebih atau dikenal dengan sebutan overheating dapat menyebabkan berbagai masalah pada mobil kesayangan anda. Salah satu yang sering dan kerap kali terjadi adalah AC yang tidak dapat bekerja secara maksimal sebagaimana mestinya yang kemungkinan terjadi karena kompresor yang menggunakan tenaga dari mesin memikul beban yang berlebih sehingga mesin menjadi sangat panas sebagai akibat kerja berlebih yang dilakukan. Sebagai detailnya, berikut merupakan beberapa kemungkinan yang terjadi pada mesin yang terlalu panas yang menyebabkan AC mengalami masalah sehingga tidak dapat mengeluarkan udara dengan kualitas yang baik dan maksimal seperti yang seharusnya:

– Radiator yang kotor yang dapat menyebabkan panas berlebih di mobil karena radiator tidak mampu membuang panas dengan baik sebagaimana seharusnya.

– Kompresor yang sudah aus dan usang karena tidak terawat sehingga berat saat proses dinyalakan.

– Kemungkinan terakhir adalah extra fan AC yang mati yang mengakibatkan mesin tidak dapat didinginkan dengan baik sehingga temperatur di dalam mobil tidak sejuk yang membuat semua orang di dalam mobil akan merasa tidak nyaman.

Namun, untuk memastikan masalah yang terdapat di mobil anda, anda sebaiknya melakukan pemeriksaan secara berkala dan menentukan jadwal cuci AC mobil ke bengkel terpercaya yang akan dapat mendiagnosa kerusakan dan masalah mobil anda secara tepat.

Dibaca Juga:Biaya Service AC Mobil Terbaru dan Pengerjaan Tanpa Bongkar

Manfaat Jadwal Cuci AC Mobil

Berikut merupakan beberapa manfaat jika anda melakukan jadwal rutin untuk memeriksa AC mobil anda serta jadwal cuci AC mobil yang rutin:

  1. Akan menghemat listrik yang anda gunakan sehingga kinerja AC berfungsi secara maksimal dengan penghematan biaya untuk listrik
  2. Kondensor AC mobil anda akan dapat melepaskan panas dengan lebih baik dimana debu dan kotoran yang melekat di outdoor yang menghambat pelepasan panas pada kondensor dapat diselesaikan dengan menciptakan kerja kompresor yang lebih ringan serta hemat listrik.
  3. Evaporator AC mobil anda dapat menciptakan kualitas udara di ruangan yang lebih berkualitas karena telah dapat menyelesaikan masalah kotoran yang melekat pada indoor AC mobil yang serta-merta akan mempengaruhi kualitas udara mobil secara signifikan.
  4. Temperatur ruangan mobil dapat lebih cepat menjadi dingin dan sejuk sehingga akan sangat meningkatkan kenyamanan para penumpang di dalam mobil walaupun dalam jangka waktu yang lama. Anda perlu melakukan jadwal cuci AC mobil.
  5. Mencegah kebocoran AC mobil yang diakibatkan oleh debu kotoran yang menyumbat saluran drain air AC.

Jadwal Cuci Mobil Terbaik

Umumnya jadwal cuci AC mobil dilakukan setiap 3 kali dalam sebulan, namun hal ini bergantung dari kondisi AC, frekuensi penggunaan AC, dan lama penggunaan AC. Jika AC mobil anda baik dan berfungsi dalam keadaan maksimal, anda hanya perlu melakukan jadwal cuci AC mobil  satu kali dalam satu bulan. Untuk anda yang berencana untuk menyusun jadwal cuci AC mobil sebaiknya anda menentukan bengkel yang anda percaya untuk melayani dengan kualitas produk yang berkualitas.

Dokter Mobil merupakan sebuah bengkel yang sudah terbukti melayani para pelanggan dengan pelayanan serta kualitas produk yang sangat baik. Dokter Mobil menyediakan berbagai bentuk layanan jadwal cuci AC mobil yaitu diantaranya adalah cuci Evaporator, Cuci Kondensor, Cuci Blower AC, Ganti Oli Kompresor, FOGGING & CDC 64, serta Ganti Filter AC. Anda dapat menggunakan segala produk layanan ini di Dokter Mobil sehingga mobil anda akan dapat terupgrade.

AC mobil anda akan memasuki babak baru yaitu dimana keadaan AC anda akan semakin maksimal dengan menggunakan layanan jadwal cuci AC mobil Dokter Mobi. Masalah temeartur yangs ering kali emnjadi faktor utama dari kenyaman berkendara khususnya jarak jauh tidak lagi menjadi masalah. Dokter Mobil sudah memiliki sertifikasi penggunakan teknologi serta tenaga ahli yang sudah memenuhi prosedur serta SOP yang berlaku.

Anda akan diyakinkan dengan pemberian jaminan berupa garansi sehingga tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan layanan yang ditawarkan oleh bengkel terpercaya satu ini. Dokter Mobil telah tersebar di banyak cabang di Indonesia mulai dari Jakarta hingga ke Lampung di Pulau Sumatera. Jadi,anda dapat memilih lokasi bengkel yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggal anda agar dapat menghemat biaya ongkos maupun mengefisiensi waktu dalam melakukan jadwal cuci AC mobil .

Penutup

Demikianlah artikel mengenai jadwal cuci AC mobil terbaik yang dilengkapi dengan manfaat serta rekomendasi bengkel yang dapat melayani anda dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Simaklah Cara Membersihkan Filter AC Mobil Agar AC Tidak Bau
Manfaat Cuci AC Mobil Untuk Kenyamanan Anda Saat Berkendara
Jadwal Cuci AC Mobil Kesayangan Anda
Memilih Oli Mobil Sport Terbaik
Kualitas Oli Mobil Jepang Terbaik