New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
harga service mobil

Rentang Harga Servis Mobil Matic dan Manual di Dokter Mobil

Sebelum membawa mobil ke bengkel untuk servis mesin. Maka, Anda harus mengetahui perkiraan harga servis mobil, baik matic atau manual. Sebab, banyak bengkel-bengkel mobil yang dengan sengaja menaikkan harga servis demi mencari keuntungan semata. Mereka memanfaatkan ketidaktahuan pemilik mobil terkait pasaran harga servis mesin mobil.

Untuk menghindari dari praktek “curang” bengkel mobil nakal ini. Maka, Anda harus tahu dan paham berapa perkiraan biaya dan harga servis untuk mobil transmisi matic ataupun manual. Sehingga, Anda tidak menjadi korban dari bengkel mobil curang tersebut.

Estimasi Harga Servis Mobil Matic

harga servis mobil

Harga servis untuk mobil matic ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Sebab, kompartemen dan komponen mobil matic ini lebih banyak yang harus dibeli ketimbang mobil manual. Untuk itu, inilah estimasi harga servis untuk mobil bertransmisi matic :

  1. Biaya Kerusakan Pada Komponen Mobil

Rata-rata, kerusakan pada komponen mobil matic ini ada pada bagian transmisi. Apabila terjadi kerusakan pada bagian transmisi. Maka, biaya yang harus Anda keluarkan sekitar Rp. 2 juta hingga Rp. 3 juta. Biaya tersebut hanya untuk perbaikan transmisi matic.

  1. Penggantian Radiator dan Air Radiator

Selain komponen transmisi. Mobil matic ini biasanya bermasalah pada bagian radiator. Radiator mobil matic ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil. Harga servis radiator ini berkisar antara Rp. 700.000 hingga Rp. 1.5 juta (tergantung jenis dan tipe mobil matic).

Jenis air radiator ini juga beragam harganya. Untuk jenis air radiator biasa, Anda dapat menggunakan air mineral atau air keran. Untuk jenis air radiator khusus ini dibandrol sekitar RP. 45.000 hingga Rp. 120.000 per liternya. Untuk ongkos servis radiator  mobil matic ini sekitar Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000 saja.

  1. Biaya Ganti Oli

Bengkel-bengkel mobil ini juga menyediakan layanan ganti oli mobil. Biasanya, biaya ganti oli untuk mobil matic ini sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000 per mobil. Dan harga oli mobil matic ini dibandrol sekitar Rp. 600.000 hingga Rp. 850.000. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya ganti oli transmisi.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus mengeluarkan biaya sekitar Rp. 200.000 untuk cek kondisi mobil Anda lebih lanjut. Guna mengetahui apakah ada kerusakan-kerusakan lain. Jadi, total perkiraan harga servis mobil matic ini sekitar Rp. 5 juta hingga Rp. 6 juta rupiah untuk sekali servis.

Estimasi Harga Servis Mobil Manual

Untuk estimasi harga servis jenis mobil bertransmisi manual ini memang lebih murah dibandingkan dengan estimasi biaya servis mobil bertransmisi matic. Sebab, komponen dari mobil manual ini lebih murah ketimbang mobil matic. Untuk itu, inilah estimasi harga dari servis mobil manual. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Biaya Perbaikan Pada Komponen Mobil

Rata-rata, kerusakan pada komponen mobil manual ini ada di bagian transmisi. Transmisi mobil manual ini kerap mengalami kerusakan akibat usia mobil, kurangnya pelumasan, dan jarang diservis.

Baca Juga : Ciri Ciri Busi Mobil Sudah Lemah

Akibatnya, transmisi mobil manual ini sukar untuk mengganti gigi persneling. harga servis mobil manual yang mengalami masalah di bagian transmisi mobil ini sekitar Rp. 850.000 hingga Rp. 1 juta rupiah.

  1. Penggantian Radiator Beserta Air Radiator

Selain bagian transmisi. Mobil manual ini juga kerap bermasalah di bagian radiator. Radiator mobil manual ini kerap mengalami kebocoran akibat dari overheating yang tidak segera diatasi.

Akibatnya, mobil Anda bisa mengeluarkan asap hingga menyebabkan kebakaran. Biaya penggantian radiator ini dibanderol seharga Rp. 850.000 hingga Rp. 1 juta rupiah.Untuk biaya pemasangan radiator ini dikenai biaya sekitar Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000 saja

Lalu, untuk biaya pengurasan air radiator ini sekitar Rp. 20.000. Untuk penggantian air radiator biasa menjadi air radiator khusus ini dibanderol sekitar Rp. 65.000 hingga Rp. 100.000 per liternya.

  1. Biaya Ganti Oli

Harga servis mobil Untuk biaya ganti oli, pemilik kendaraan ini perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000 untuk biaya pengurasan oli mesin. Lalu, Anda harus membeli oli mesin mobil manual seharga Rp. 60.000 hingga Rp. 85.000 per liternya. Total biaya servis untuk mobil manual ini berkisar antara Rp. 3.5 juta hingga Rp. 4 juta rupiah

Segala jenis mobil, baik mobil matic ataupun manual ini wajib untuk melakukan servis secara berkala. Sebagai pemilik, Anda harus tahu kisaran harga servis mobil terlebih dahulu. Agar, Anda tidak menjadi korban penipuan permainan harga oleh bengkel mobil yang memanfaatkan ketidaktahuan pemilik mobil.

Mau Service Mobil Tanpa Antri?


Reservasi Sekarang

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!