Perbedaan tune up dan servis berkala

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu

Masih banyak yang belum mengerti tentang apa pengertian dari tune up dan servis berkala. Walaupun keduanya adalah servis atau layanan dari bengkel mobil, namun ada yang membedakan dari kedua layanan mobil tersebut. 

Saat ini kita akan membahas secara lengkap apa saja yang menjadi perbedaan tune up dan servis berkala di blogs ini. Simak yah

Pengertian Servis dan Tune Up Mobil

Perbedaan tune up dan service berkala

Kemarin kita sudah sempat membahas tentang apa pengertian tune up mobil, manfaat, & kriteria bengkel yang tepat untuk tune up mobil. Anda bisa membacanya di sini

Servis mobil adalah sebuah aktivitas servis mobil yang dilakukan untuk kendaraan mobil yang terjadwal sesuai dengan ketentuan dan panduan yang diperoleh saat membeli sebuah mobil. Servis Berkala dilakukan dengan jangka waktu yang lebih singkat secara rutin. Beberapa orang bahkan ada yang melakukan servis berkala setiap sebulan sekali, sesuai dengan intensitas penggunaan kendaraan.

Service mobil penting dilakukan untuk memperbaiki mobil atau agar mengetahui potensi kerusakan apa yang akan terjadi, sehingga resiko kerusakan yang makin parah dapat diminimalisir. Service mobil dilakukan secara rutin juga untuk mengganti oli, agar kinerja mobil Anda tetap prima untuk digunakan setiap saat, bahkan pada perjalanan yang jauh sekalipun.

Perbedaan Tune Up Dan Servis Berkala

Memang jika dilihat dari definisi kita bisa tahu apa perbedaan dari tune up dan service berkala pada mobil. Namun ada juga beberapa hal teknis yang membedakan antara keduanya, antara lain:

Perbedaan Tune Up Dan Servis Berkala Segi Waktu

Perbedaan tune up dan servis berkala pertama adalah pada kapan Anda harus melakukan tune up dan service berkala. Mobil perlu diservis ketika sudah mencapai angka perjalanan dari 30.000 km hingga 70.000 km. Kegiatan servis ini akan mengecek beberapa kondisi ban, oli mesin, dan juga mesin. Lali akan dilakukan pengecekan juga pada 20.000, 60.000, dan 100.000 km untuk pemeriksaan menyeluruh pada sistem bahan bakar, suspensi, dan juga sistem kemudinya.

Mobil yang sudah melewati jarak antara 40.000 km, 80.000 km, 120.000 km, akan dilakukan pengecekan pada komponen mobil, seperti busi, kompresor, oli mesin,minyak rem, hingga filter udara. Jika ditemukan adanya kerusakan maka akan dilakukan penggantian komponen yang rusak tersebut.

Sementara tune up harus dilakukan ketika Anda sudah melakukan perjalanan dengan mobil pada jarak antara 120.000 km hingga di atas 120.000 km. Inilah waktu yang tepat untuk segera melakukan tune up mobil. Namun Anda juga perlu memperhatikan jika sudah merasakan ketidaknyamanan saat berkendara. Contohnya adanya suara atau bunyi dari kolong mobil, atau mobil tidak semulus dulu saat dikendarai.

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala dari Segi Biayanya

Setiap layanan yang akan Anda peroleh dari bengkel mobilpasti akan berbeda penanganannya, masalah apa yang dihadapi, termasuk harga atau biaya yang akan Anda keluarkan juga pstinya tidak akan sama. Begitupun pada Perbedaan tune up dan servis berkala.

Besaran biaya yang akan Anda keluarkan untuk service mobil berkala berkisar Rp. 200.000 hingga Rp. 400.000 pada saat menjangkau km 10 ribu jaraknya. Selain jarak tempuh, biaya servis juga dipengaruhi oleh tipe mobil.

Berbeda dengan tune up mobil, biaya yang akan dikeluarkan jauh lebih tinggi dari Rp. 300.000 hingga tiga jutaan rupiah. Harga ini belum termasuk dengan komponen dan penggantian lainnya untuk mesin.

Setelah mengetahui perbedaan tune up dan servis berkala pada mobil. Sekarang Anda bisa mempersiapkan segala yang diperlukan. 

Semoga pembahasan tentang Perbedaan tune up dan servis berkala ini dapat membantu Anda mendapatkan informasi lebih jelas untuk melakukan perbaikan di bengkel mobil. Kunjungin juga bengkel terdekat dokter mobil untuk kelengkapan informasinya. Dokter mobil akan memberikan pelayanan service terbaik dan ter aman agar mobil kesayangan bisa si servis dan kembali prima seperti ketika baru dibeli.

Segera reservasi sekarang melalui chat ke admin kami yang siap melayani seluruh costumer di seluruh cabang dokter mobil. Ada free general chek-up untuk Anda dan dapatkan juga diskon serta  potongan harga agar lebih hemat.

 

Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 48593

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Simaklah Cara Membersihkan Filter AC Mobil Agar AC Tidak Bau
Manfaat Cuci AC Mobil Untuk Kenyamanan Anda Saat Berkendara
Jadwal Cuci AC Mobil Kesayangan Anda
Memilih Oli Mobil Sport Terbaik
Kualitas Oli Mobil Jepang Terbaik