📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Ketahui Perbedaan Servis Biasa dan Tune Up Sebelum Merawat Mobil Anda

perbedaan servis biasa dan tune up

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Perawatan mobil harus diperhatikan secara konsisten dan berkala bagi para pemilik mobil. Mengapa demikian? Sebab dengan merawat mobil secara berkala dan konsisten maka mobil cenderung akan awet dan memiliki masa pakai yang relatif panjang.

Perlu Anda ketahui jika terdapat dua jenis perawatan yang berbeda dalam merawat kendaraan roda empat Anda, yaitu servis biasa atau servis regular dengan servis tune up. Lalu apa saja perbedaan servis biasa dan tune up mobil?

Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Secara umum, servis biasa merupakan servis yang dilakukan oleh teknisi bengkel pada bagian-bagian yang lebih cepat aus atau kotor misalnya seperti sistem injeksi mesin dan filter udara mesin. Sementara untuk tune up, tune up mobil merupakan pengecekan yang dilakukan lebih jauh ke komponen-komponen penting mobil, seperti katup mesin.

Nah, berikut ini perbedaan servis biasa dan tune up pada mobil yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan perawatan secara optimal pada mobil Anda.

3 Perbedaan Servis Biasa dan Tune Up Mobil

inilah perbedaan servis biasa dan tune up

  • Perbedaan Servis Biasa dan Tune Up Mobil Secara Umum

Servis biasa atau regular merupakan kegiatan servis yang dilakukan untuk mobil Anda tetapi dengan jadwal tertentu. Perlu Anda ketahui jika penjadwalan servis dilakukan dalam waktu yang tidak tergolong lama dan perlu menyesuaikan dengan buku panduan kendaraan. Bahkan servis regular perlu dilakukan sebulan sekali sesuai dengan frekuensi rutin kendaraan digunakan. Tentu saja, alasan servis ini penting supaya mobil yang Anda gunakan tidak mengalami kerusakan dan berlanjut ke yang lebih parah. Kendaraan yang digunakan sebagai kendaraan komuter untuk berpergian ke luar kota ada baiknya juga dilakukan servis reguler agar mobil tidak ngadat saat di jalan.

Jika Anda sudah memahami servis secara reguler, selanjutnya berlanjut pada servis tune up. Servis tune up mobil merupakan penyetelan ulang semua komponen mobil setelah mobil dirasa cukup lama sudah digunakan. Tune up berasal dari kata tune dan up yang berarti mengatur kembali. Manfaat yang diperoleh dari tune up memang tidak jauh berbeda dengan servis reguler yaitu mobil mencapai performa maksimalnya kembali. Tentu saja dengan melakukan tune up maka mobil Anda akan memperoleh masa pakai yang lebih lama dan lebih awet. Jadi secara keseluruhan servis reguler dilakukan untuk melakukan maintenance dan perawatan biasa sementara tune up mobil dilakukan pada komponen-komponen penting di dalam mobil. Itulah perbedaan servis biasa dan tune up secara umum.

  • Perbedaan Servis Biasa dan Tune Up dari Sisi Biaya

Selanjutnya perbedaan servis biasa dan tune up bisa terlihat dari besaran biaya yang dikeluarkan. Beda layanan yang diberikan pada kedua servis ini, maka akan menjadi pembeda dari biaya yang akan Anda persiapkan selanjutnya. Servis tune up mobil merupakan pengecekan mobil secara keseluruhan maka dengan demikian otomatis biaya yang dibutuhkan untuk servis tune up cenderung akan lebih besar daripada servis mobil.

Biaya servis mobil biasa disesuaikan dengan km karena pengecekan yang dilakukan berbeda. Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk servis tune up lebih tinggi karena mencakup seluruh komponen penting, maka estimasi harga servis tune up yaitu mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah. Namun perlu Anda ingat, jika biaya ini belum termasuk dengan komponen maupun biaya penggantian fluida untuk mesin. Kurang lebih perbedaan servis biasa dan tune up mobil cenderung jauh berbeda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Perbedaan Servis Biasa dan Tune Up Mobil dari Sisi Frekuensi

Perbedaan servis biasa dan tune up yang terlihat begitu jelas adalah dari sisi frekuensi. Perbedaan ini adalah kapan harus melakukan servis dan kapan mobil perlu di tune up. Mobil yang akan di servis atau tune up memiliki perbedaan jarak yang ditempuh, seperti telah mencapai jarak 1.000 km. Selanjutnya jika telah dilakukan servis maka selanjutnya mobil perlu diservis kembali pada 30.000 km, 50.000 km dan 70.000.

Umumnya, mesin yang akan dicek terutama pada bagian busi, kompresor, oli mesin, minyak rem dan filter udara. Selanjutnya, apabila terjadi kerusakan pada komponen-komponen mesin tersebut, maka akan segera dilakukan penggantian. Tetapi jika mobil sudah mencapai jarak di atas 120.000 km, maka itu adalah waktu yang tepat untuk tune up. Umumnya tune up mobil dilakukan setahun sekali dan dilihat dari jarak yang berhasil ditempuh. Tune up sebaiknya segera dilakukan ketika mobil dirasa sudah tidak nyaman dikendarai apalagi sudah berbunyi suara-suara yang kasar. Itulah perbedaan servis biasa dan tune up mobil dari sisi frekuensi perawatannya.

Komponen Pemeriksaan Servis Tune Up Mobil

Setelah mengetahui perbedaan servis biasa dan tune up maka saat anda memutuskan untuk melakukan service tune up mobil ada beberapa hal yang akan dilakukan pada mobil anda untuk menjalankan perawatan. Tentunya, tune up bertujuan untuk menjaga mesin anda dapat beroperasi dengan lancar dan efisien. Lalu, apa saja item yang dilakukan penggantian?

  • Penggantian busi

Penggantian busi dilakukan saat busi mobil sudah mulai aus. Busi yang aus tentu saja akan mempengaruhi tingkat kinerja mesin dan efisiensi pembakaran bahan bakar pada mobil. Oleh karena itu, kondisi busi yang aus akan menyebabkan daya pembakaran yang berkurang maka Anda perlu segera melakukan tune up.

Baca Juga: Ini Dia 3 Penyebab Busi Mobil Hitam dan Cara Mengatasinya

  • Filter udara

Selain busi, filter udara juga perlu dilakukan penggantian sebab kotoran yang masuk tidak akan tersaring dengan benar. Kotoran yang tidak tersaring tentu saja akan membuat wadah bensin Anda kotor dan merusak mesin. Maka dari itu, ada baiknya untuk memeriksa filter udara mesin Anda dan lakukan tune up mobil jika diperlukan. Perlu Anda ketahui, selain filter udara terdapat filter bensin yang perlu Anda cek kondisinya.

  • Mengganti oli mobil

Mengganti oli mobil secara teratur perlu dilakukan. Namun selain oli mobil, berbagai komponen liquid yang digunakan untuk mengoperasikan mobil juga perlu diganti, seperti minyak rem dan lainnya. Sebaiknya, lakukan pemeriksaan dan pergantinyan oli atau minyak rem pada kendaraan Anda sesuai dengan instruksi standar pabrikan mobil Anda. Sebagai tambahan, tidak hanya minyak rem tetapi Anda perlu melakukan pemeriksaan dan mengganti rem secara berkala untuk memastikan rem berfungsi dengan baik.

  • Aki mobil

Penggantian aki mobil dilakukan tergantung pada usia dan kondisi saat mengoperasikan mobil Anda. Mobil yang memiliki aki rusak atau bermasalah maka tarikan mobil juga akan berpengaruh sehingga ada baiknya untuk mengganti segera mungkin.

Tanda Mobil Memerlukan Servis Reguler dan Service Tune Up

Melakukan servis tune up memang perlu dilakukan secara berkala, tetapi jika anda lupa dan belum pernah melakukin servis tune up maka anda harus segera melakukannya jika terdapat tanda-tanda ini pada mobil yaitu:

  • Suara yang berisik dari mesin
  • Bahan bakar terasa boros
  • Performa atau akselerasi menurun
  • Bau aneh atau bau yang tidak biasa
  • Periksa mesin atau lampu peringatan di dasbor mobil
  • Masalah saat menyalakan mesin.

Melalui tanda-tanda ini dan Anda telah mengetahui perbedaan servis biasa dan tune up, maka Anda dapat memutuskan perawatan mobil dengan segera.

Mengapa Perlu Melakukan Servis Tune Up?

Servis tune up perlu dilakukan untuk kendaraan Anda mengingat terdapat berbagai manfaat yang akan diperoleh oleh pengguna kendaraan roda empat. Melakukan servis tune up tentu saja akan meningkatkan performa mesin yang lebih maksimal, menghindari kerusakan mobil dan menghindari biaya yang lebih tinggi jika terjadi kerusakan mobil. Tidak hanya itu, melakukan servis tune up juga dapat membantu membuat komponen kendaraan Anda lebih maksimal.

Pentingnya Melakukan Servis Tune Up di Bengkel Terpercaya

Servis tune up perlu mendapatkan perhatian lebih, karena layanan ini akan sangat berpengaruh pada performa mobil Anda. Salah penanganan sedikit saja, bisa sangat berdampak hingga menyebabkan kerusakan pada mobil. Oleh karena itu, penting untuk memilih bengkel yang tepat dan terpercaya dalam melakukan servis tune up.

Berbeda dari penggunaan nama tune up layaknya bengkel mobil biasa, layanan Jet Clean di Dokter Mobil bisa menjadi opsi servis tune up untuk mobil kesayangan Anda dengan jaminan bengkel yang kredibel dan berkualitas.

Layanan Jet Clean di Dokter Mobil dilakukan dengan sangat menyeluruh, mulai dari pembersihan di komponen mesin terkait dengan proses pembakaran, pergantian oli-oli, hingga pengaturan ECU.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Dengan layanan Jet Clean, performa mobil bisa kembali optimal layaknya mobil baru lagi. Tertarik coba layanan Jet Clean? Lakukan reservasi Jet Clean sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar Jet Clean di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan sensasi Jet Clean pada mobil Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Itulah beberapa perbedaan servis biasa dan tune up mobil yang sudah dirangkum untuk Anda. Jika Anda ingin melakukan servis tune up, ada baiknya untuk percayakan Jet Clean di Dokter Mobil. Dokter Mobil merupakan bengkel terpercaya dan menyediakan berbagai jasa perbaikan untuk mobil Anda agar tetap awet dan minim masalah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4567

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Proses Service AC untuk masalah AC Mobil panas dan bau asem

AC Mobil Bau Kentut

Ingin ReservasiSekarang ? Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️ Hubungi CS

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *