📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Inilah Mengapa Tune Up untuk Mobil Bekas Begitu Penting

pentingnya tune up untuk mobil bekas

Membeli mobil bekas pada saat ini memang diiming-imingi dengan berbagai penawaran harga yang sangat menarik. Meskipun begitu, ada hal lain yang wajib untuk Anda perhatikan setelah memiliki mobil bekas. Hal penting tersebut adalah pilihan servis mobil bekas dan juga tune up untuk mobil bekas yang akan Anda lakukan baik saat akan membeli atau setelah pembelian mobil bekas itu sendiri.

Riwayat servis berkala yang dilakukan oleh pemilik kendaraan sebelumnya tentu bisa menjadi pertimbangan. Namun, tak salah untuk melakukan pengecekan kembali hingga pergantian komponen jika dirasa hal tersebut sangat dibutuhkan oleh kendaraan.

Nah, buat Anda yang sedang mencari mobil bekas, berikut ini adalah beberapa tips pengecekan hingga pergantian komponen yang sebaiknya dipertimbangkan untuk dilakukan.

Pemeriksaan Komponen saat Membeli Mobil Bekas

inilah pentingnya tune up untuk mobil bekas

  • Periksa dan bersihkan aki

Periksa kondisi aki dan menanyakan berapa usia dari aki adalah hal yang penting untuk Anda lakukan saat akan membeli mobil bekas. Jika ada tanda-tanda kerusakan pada aki, maka segera lakukan perbaikan. Jika aki terlihat kotor dan bahkan terlihat berjamur, maka bersihkan aki tersebut dengan cairan pembersih khusus untuk aki mobil.

  • Periksa Brake Pad

Brake pad adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam perawatan mobil bekas. Bagian rem yang tentunya sudah sering digunakan dan termakan usia, pastinya akan memberikan pengaruh berupa penurunan pada kinerja pengereman. Oleh karena itu, selalu periksa pada berbagai komponen yang terkait, terutama bagian brake pad.

  • Periksa filter AC

Pemeriksaan paling penting adalah pengecekan pada bagian filter AC. Cek bagian yang satu ini, dan jika sudah harus diganti, maka segera lakukan pergantian komponen yang satu ini.

Baca Juga: Seringkali Diabaikan, Inilah Akibat Filter AC Mobil Kotor!

  • Periksa kondisi ban mobil

Lakukan servis mobil bekas yang tepat dengan mengecek pada kondisi ban mobil. Jika sudah saatnya diganti, maka lakukanlah pergantian sesegera mungkin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  • Periksa ruang bakar

Tumpukan kotoran tidak jarang akan melekat pada bagian ruang pembakaran pada mesin. Jika sudah menumpuk terlalu banyak, aliran serta udara pada ruang pembakaran pun akan berjalan tidak lancar. Hal ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah terlalu lama digunakan, namun tidak pernah dirawat oleh pemiliknya. Buat Anda yang berencana membeli mobil bekas, pastikan untuk melakukan pemeriksaan pada bagian ruang pembakaran mesin ini.

Pergantian Komponen saat Setelah Membeli Mobil Bekas

  • Ganti komponen oli

Servis mobil bekas pertama yang melibatkan pergantian adalah pada komponen oli. Biasanya sebelum dilakukan pergantian akan diukur terlebih dahulu untuk melihat apakah oli masih cukup atau tidak. Selain itu, pengecekan warna oli pun juga sangat penting. Jika sudah menunjukkan kualitas warna yang tidak baik, maka disarankan untuk melakukan pergantian oli segera.

  • Ganti busi

Komponen kecil, namun sangat penting bagi keberlangsungan hidup mesin. Busi yang tidak pernah diganti akan memberikan dampak yang luar biasa. Di sinilah pentingnya pergantian komponen busi dilakukan, agar kondisi mobil kembali berada dalam tenaga yang prima.

  • Ganti filter

Selain filter AC, hal penting lain yang harus dilakukan adalah pergantian filter udara. Fungsinya untuk menyaring udara ke dalam ruang pembakaran mesin, berpotensi sebagai tempat bertumpuknya debu hingga kotoran.

  • Ganti timing belt

Timing belt adalah salah satu komponen yang penting, namun sering dilupakan. Secara umum, komponen timing belt ini sudah harus diganti jika mobil sudah menempuh jarak dari 60.000 hingga 100.000 Km. Oleh karena itu, baik sebelum membeli maupun sesudah membeli mobil bekas, jadikan komponen timing belt sebagai salah satu pilihan servis mobil bekas yang wajib Anda lakukan.

  • Ganti filter bensin dan bersihkan kalibrasi

Bagian penting yang harus mendapatkan perawatan, khususnya pada mobil bekas. Pergantian filter bensin sebaiknya dilakukan seirama saat membersihkan kalibrasi injektor. Jika bagian kalibrasi injektor sudah bersih, maka ruang udara untuk bahan bakar juga akan tersaring dengan baik.

  • Pergantian coolant

Perawatan mobil bekas yang baik bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti bagian coolant. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian radiator. Jika sudah bersih, maka barulah bisa mengisi dengan coolant yang baru.

  • Tune up

Tune up untuk mobil bekas yang juga bisa disebut untuk memberikan energi baru kepada mobil. Beberapa bengkel akan selalu memberikan layanan tune up untuk mobil bekas mau pun mobil baru.

  • Spooring dan balancing

Perawatan mobil tidak akan sempurna jika Anda tidak melakukan spooring dan balancing. Melakukan pengaturan kembali roda dan kaki-kaki mobil supaya kembali seimbang dan lurus adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan. Apalagi, ketika Anda membeli mobil bekas.

Perbedaan Service Berkala Dan Tune Up yang Harus Anda Ketahui

Tune up untuk mobil bekas adalah kegiatan perawatan kendaraan yang dilakukan tidak sesering dibandingkan dengan servis mobil. Oleh karena itulah tune up untuk mobil bekas menjadi perawatan yang sering terlupakan.

Supaya Anda mengetahui dengan benar mengenai kedua jenis perawatan ini dan tidak melewatkannya, kenali pengertian dan perbedaan antara tune up untuk mobil bekas dan servis berkala pada artikel berikut ini.

  • Pengertian Service Berkala Dan Tune Up Untuk Mobil

Servis berkala adalah salah satu kegiatan service yang dilakukan secara terus menerus untuk kendaraan dengan jadwal tertentu. Penjadwalan servis biasanya dilakukan dalam waktu yang tidak tergolong lama beberapa bahkan ada yang melakukannya sebulan sekali sesuai dengan sering tidaknya kendaraan tersebut digunakan. Alasan mengapa servis itu penting karena Anda tentu tidak ingin kendaraan Anda mengalami kerusakan. Komponen pada kendaraan khususnya mobil harus dicek dengan rutin serta melakukan penggantian oli secara rutin juga. Tujuannya agar kinerja mobil tetap prima, khususnya jika Anda sering mengendarainya untuk perjalanan jauh termasuk perjalanan ke luar kota.

Sedangkan pengertian tune up mobil adalah penyetelan ulang untuk semua komponen mobil. Istilah tune up berasal dari kata tune dan up yang artinya adalah mengatur kembali. Sebuah mobil perlu penyentingan semua komponennya setelah sekian lama sudah digunakan. Manfaat dari tune up mobil ini sendiri juga tidak jauh berbeda dengan servis yaitu agar membuat kinerja mesin mobil bisa lebih maksimal kembali. Dengan melakukan kedua jenis perawatan mobil ini, maka kendaraan kesayangan akan memiliki masa pakai yang akan lebih lama.

  • Perbedaan Waktu Servis Berkala dan Tune Up

Jika Anda ingin mencari tahu perbedaan waktu yang terlihat jelas untuk kapan harus melakukan servis dan kapan mobil perlu di tune up. Kegiatan servis biasa dilakukan pertama kali ketika mobil telah mencapai 1.000 Km, biasanya masih gratis karena masih termasuk garansi untuk mobil baru.

Mobil tersebut perlu diservis kembali pada 30.000 Km, 50.000 Km dan 70.000 ribu untuk pengecekan kondisi oli mesin, ban, dan juga mesin. Pengecekan juga dilakukan di 20.000 Km, 60.000 Km dan 100.000 Km untuk pemeriksaan pada sistem bahan bakar, suspensi serta juga sistem kemudi.

Mobil yang telah melalui jarak 40.000 Km, 80.000 Km dan 120.000 Km biasanya akan dicek pada bagian busi, kompresor, oli mesin, minyak rem dan juga filter udara. Apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut, maka akan segera dilakukan penggantian komponen agar kinerja tetap maksimal tanpa adanya kendala.

Nah apabila mobil sudah mencapai batas Km servis seperti di atas 120.000 Km, maka itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan tune up. Biasanya kegiatan tune up untuk mobil bekas akan dilakukan satu tahun sekali yang dilihat berdasarkan jarak Km pada mobil.

Tune up untuk mobil bekas juga harus sesegera mungkin dilakukan ketika mobil sudah tidak nyaman lagi untuk dikendarai. Misalnya muncul bunyi dari kolong mobil atau mobil sudah tidak bisa dikendarai dengan mulus seperti biasanya.

  • Perbedaan Biaya yang Dikeluarkan

Perbedaan pada layanan yang diberikan maka juga akan menjadi pembeda dari biaya yang harus Anda keluarkan. Tune up mobil adalah pengecekan bagian mobil secara keseluruhan, otomatis biaya yang dibutuhkan akan lebih besar daripada servis mobil secara berkala.

Biaya servis mobil berkala biasanya disesuaikan dengan Km karena pengecekan yang dilakukan akan berbeda. Pada Km 10 ribu estimasi service bisa mencapai ratusan ribu Rupiah. Sedangkan untuk mobil yang sudah mencapai 80 Km lebih biasanya biaya yang dikeluarkan bisa sampai jutaan Rupiah.

Perbedaan biaya yang dikeluarkan ini juga dipengaruhi dengan jenis mobil, semakin baru mobil tersebut tentu harga servis maupun tune up akan jauh lebih mahal. Karena pemeriksaan komponennya juga akan menggunakan alat terbaru dan juga canggih.

Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan tune up untuk mobil bekas akan lebih tinggi yaitu mulai dari ratusan ribu Rupiah hingga jutaan Rupiah.

  • Jenis Pemeriksaan yang Akan Dilakukan

Perbedaan selanjutnya adalah pada jenis pemeriksaan yang dilakukan antara servis dan tune up yang berbeda. Ada beberapa bagian dari tune up untuk mobil bekas yang tidak dicek saat melakukan servis.

Bagian-bagian yang harus Anda ketahui agar tahu benar bahwa komponen yang perlu dicek sudah dilakukan pengecekan saat service.

    1. Mengecek sistem pada aki apakah berjalan dengan baik atau tidak.
    2. Mengecek sistem kemudi.
    3. Mengecek baut pada setiap roda.
    4. Mengecek idle pada mesin.
    5. Mengecek tekanan angin pada roda.
    6. Membersihkan filter udara yang kotor.
    7. Mengecek jika terdapat rembesan oli.

Selain servis, berikut ini adalah komponen lain yang akan mengalami pengecekan ketika Anda melakukan tune up untuk mobil bekas secara berkala.

    1. Accu

Accu atau aki adalah komponen listrik dalam mobil yang harus dicek apakah masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Karena tanpa ada aki yang bekerja dengan normal mobil juga akan sulit untuk dinyalakan.

    1. Filter Udara

Supaya sistem pembakaran mesin berjalan dengan baik, filter udara harus dicek. Saat melakukan tune up, filter udara ini akan dibersihkan.

    1. Throttle Body dan Karburator

Bagian ini juga perlu diperiksa untuk mengecek RPM pada mobil sekaligus.

    1. Celah pada Busi

Bagian celah busi sudah disetel dari pabrik tapi karena penggunaan, interaksi busi dan tekanan kompresi terjadi terus menerus, oleh karena itu celah busi akan berubah dan perlu dicek ulang.

    1. Celah pada Katup

Pengecekan celah katup dibutuhkan untuk mengetahui apakah posisinya masih benar atau tidak. Jika terjadi perubahan posisi katup akan menimbulkan suara berisik dan terjadinya kebocoran pada kompresor.

    1. Penggantian fluida

Saat tune up ada beberapa jenis fluida pada mesin yang wajib diganti seperti oli transmisi, minyak rem, oli power steering, oli gardan, dan oli mesin.

Tak hanya dicek layaknya saat servis, proses tune up untuk mobil bekas akan ditindak lanjuti dengan mengganti komponen yang sudah tidak layak untuk digunakan. Jika teknisi menemukan komponen yang perlu diganti, maka akan langsung menjelaskannya kepada Anda sekaligus rincian biaya tambahan yang perlu Anda siapkan.

Kesimpulan

Itulah berbagai penjelasan mengenai pentingnya tune up untuk mobil bekas dan juga tips untuk melakukan service pada mobil bekas yang bisa kami rangkum. Penting untuk memilih layanan tune up yang tepat, seperti Jet Clean di Dokter Mobil, yang memang sudah terjamin dari kredibilitas hingga kualitasnya. Dengan Jet Clean, dilakukan pembersihan komponen mesin yang terhubung dengan proses pembakaran agar terbebas dari kerak karbon, pergantian komponen oli-oli, hingga penyetelan ulang ECU pada mobil. Sehingga mobil bisa kembali prima layaknya mobil baru kembali.

Lakukan reservasi sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar Jet Clean di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan berbagai layanan yang ada di Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Poin Perbedaan Mobil SUV dan MPV

7 Poin Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Masih bingung apa perbedaan mobil SUV dan MPV saat akan beli mobil baru? Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah dua

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/