New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

AC Mobil CRV Panas serta Membuat Gerah dan Pengap

Ada banyak penyebab Ac Mobil CRV Panas menganggu kenyamanan berkendara. Perbaikannya harus dilakukan segera untuk mencegah kerusakan lebih parah. Selain itu perbaikan segera perlu dilakukan karena hal ini menandakan ada kerusakan serius pada mobil. Membiarkannya berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Penyebab AC Mobil CRV Panas

“Padahal setelan AC dalam posisi yang hampir maksimal. Tapi tiba-tiba switch AC yang dalam keadaan ON dengan lampu indikator menyala warna hijau, berubah menjadi OFF dan suhu menjadi panas,” kenang pria berkacamata ini (Gbr.1).

Kondisi yang diistilahkan dengan climate control problem ini, terindikasi seperti hanya fan yang menyala. Meskipun tingkat blower fan-nya sudah dinaikkan ke level 2 atau 3, tetap saja tak ada perubahan (Gbr.2). “Terkadang menaikkan level blower ini bisa berhasil, tapi hanya sementara,” pungkas Prasetya.

Jika mendapatkan kondisi AC seperti dialami Prasetya tadi, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel khusus AC. Sebab tindakan ini harus cepat dilakukan dan tidak bisa ditunda lagi. Sebab bisa menyebabkan kerusakan lebih fatal dan harus mengganti 1 set kontrol AC yang harganya terbilang mahal.

Untuk antisipasi kerusakan fatal, biasanya di bengkel AC hanya dilakukan proses pembersihan. “Utamanya di bagian kontrol AC yang bermasalah tadi,” kata Dimas, spesialis AC mobil di Jl. Kesehatan Raya, Bintaro, Jaksel.

Proses pembersihannya memang harus mencopot panel kontrol AC, lantaran yang dibersihkan adalah bagian dalamnya atau di balik panel kontrol AC tadi (Gbr.3). Menurut Dimas, membersihkannya juga mesti hati-hati, karena jika tak teliti malah bisa membuat masalah baru.

“Biasanya disemprot dulu pakai angin kompresor sebentar, dilanjutkan dengan menyemprotkan cairan pembersih. Kemudian dibersihkan lagi pakai kuas kecil, supaya kotoran yang sudah lama menempel mudah rontok,” beber Dimas (Gbr.4).

Kalau sudah bersih, kabin pun enggak panas dingin lagi.

Solusi Mengatasi AC Mobil CRV Panas

Tentu solusi yang tepat adalah meminta bantuan dari ahlinya yang memberikan jasa perawatan dan perbaikan AC mobil. Akan tetapi sebagai pemilik mobil yang selalu mengendarai kendaraan yang Anda miliki mungkin pernah mengetahui gejala magnetic clutch bermasalah. Juga ketika bagian kompresor tersebut mengalami kerusakan.

 

  1. Pressure Plate / center piece

    Pemeriksaan pada permukaan pressure platenya terdapat minyak atau benda asing yang menempel pada permukaan atau tidak. Walaupun mungkin terlihat bersih, tetap saja harus dibersihkan permukaan tersebut untuk menghindari kerusakan kembali. Jadi jika sudah tidak ada yang menempel di bagian preassure plate kemungkinan rusaknya magnetic clutch pun akan dapat diminimalisir atau dihindari.

  2. Saluran Listrik

    Lakukan juga pemeriksaan pada kabel-kabel serta saluran listrik menuju magnetic clutch dari baterai apakah terdapat kabel yang putus atau tidaknya. Periksa juga kondisi baterai yang harus dalam kondisi terisi atau lebih meyakinkan lagi jika system kelistrikannya dibenahi untuk antisipasi.

  3. Stator Coil / Spul Magnet

    Penyebab lainnya dapat timbul dari bagian stator coilnya yang terputus atau terbakar, sehingga Anda dapat mengganti dengan yang baru.

    Memperbaikinya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Jika mengalami kesulitan mintalah bantuan teman yang memiliki keahlian dalam mekanik atau bila tidak memiliki dapat dengan datang ke Bengkel AC Mobil Rekomendasi Komunitas Mobil yang memberikan pelayanan terbaik dengan adanya layanan purnajual.

    Dengan begitu Anda akan terhindar dari bengkel nakal yang melebih-lebihkan masalah pada mobil anda dimana ujungnya menyarankan pengguna untuk mengganti  kompresor. Bengkel yang rekomendasi teman atau orang-orang komunitas mobil umumnya memberikan harga yang terjangkau serta pelayanan after service yang baik. Montirnya pun memiliki keahlian dalam segi pemasangan magnetic clutch agar tidak selip sehingga tidak akan bermasalah kembali.

Dokter Mobil

Bagi anda yang membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah Kenapa AC Mobil Avanza Panas

Silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING
Jln. Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading 15810
Phone/WA: 0877-8713-3366

GADING SERPONG
RUKO Paramount Dotcom Blok Orange no.5 Gading Serpong
, Pakulonan Baru., Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810
Phone/WA: 0813-1991-2289

CIBUBUR
Kawasan Ruko Niaga Citra Gran Blok R6 No 6, KM 4,
Jl. Alternatif Cibubur, Jatisampurna, Kota Bks, Jawa Barat 17435
Phone:0858-1765-3292

Bali
Cargo Permai 84xxx Denpasar – Bali
Telp : (0361) 428557
WA : 081999953488

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda