📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Seringkali Diabaikan, Inilah Akibat Filter AC Mobil Kotor!

akibat filter ac mobil kotor

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai akibat filter AC mobil kotor. Untuk Anda yang penasaran dengan cara mengatasi dan penyebabnya bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. Filter AC mobil yang tersumbat oleh kotoran menjadi salah satu masalah yang cukup serius dan harus segera dilakukan perbaikan. Selain itu, AC mobil juga menjadi salah satu komponen yang sangat dibutuhkan oleh para pengendara di saat kondisi udara lagi panas.

Setiap pengendara mobil pastinya ingin berkendara secara nyaman dan aman. Apalagi, di saat menempuh jarak jauh rasa kenyamanan inilah menjadi salah satu faktor utama yang harus benar-benar diperhatikan.

Sayangnya, sampai dengan saat ini masih banyak kondisi dalam kabin terasa panas dan pengap. Untuk salah satu penyebabnya adalah filter AC mobil sedang tersumbat dengan kotoran debu dan sebagainya.

Akibat Filter AC Mobil Kotor Bikin Berkendara Jadi Tak Nyaman, Apa Penyebabnya?

akibat filter ac mobil kotor (2)

Akibat filter AC mobil kotor bisa saja terjadi, karena beberapa hal. Maka dari itu, sebelum melakukan perbaikan akan lebih baik Anda pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Untuk beberapa penyebab dari filter AC mobil yang kotor adalah:

  1. Tempat Lahan Parkir

Penyebab filter AC mobil yang kotor adalah tempat lahan parkir. Untuk masalah tempat parkir kali ini belum banyak dari kalangan pemilik mobil yang mengerti. Bahkan, masih banyak juga dari kalangan masyarakat mobil yang masih menaruh kendaraannya pada sembarangan tempat.

Tanpa disadari, di saat  ingin memarkirkan kendaraan atau mobil bisa melihat kondisi tempat terlebih dahulu. Apalagi, di saat lingkungan parkir yang penuh sampah dan kotor bisa saja menimbulkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu, untuk sirkulasi AC mobil dengan kondisi tersebut bisa ikutan kotor. Bahkan, mau tidak sedap tersebut bisa saja masuk sampai dengan ke dalam kabin mobil.

  1. Bagian Kabin Mobil

Kabin mobil kini juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para pemilik kendaraan. Untuk kabin mobil yang kotor ini bisa menyebabkan berbagai bakteri atau virus masuk ke dalam kabin.

Selain itu, untuk virus atau bakteri tersebut juga bisa saja masuk pada bagian komponen AC. Pada penyebab akibat filter AC mobil kotor kali ini memang harus benar-benar diperhatikan karena dapat menjadikan sarang penyakit.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Kurang Memperhatikan pada Beberapa Komponen AC Mobil

Masih banyak juga para pemilik mobil yang kurang memperhatikan kebersihan dari beberapa komponen AC. Untuk beberapa komponen mobil yang harus benar-benar diperhatikan adalah kondensor, evaporator, blower dan masih banyak lainnya lagi.

Pada akibat filter AC mobil kotor kali ini dapat membuat sirkulasi udara di dalam kabin menjadi kotor. Maka dari itu, sangat disarankan untuk para pemilik mobil selalu memperhatikan kondisi beberapa komponen tersebut. Pastikan juga semua komponen tersebut berada di posisi bersih dan layak pakai.

Baca Juga: Memahami Pengertian AC Mobil dan Fungsi Berbagai Komponen untuk Memudahkan Perawatan

Akibat Filter AC Mobil Kotor, Bikin AC Jadi Bermasalah? Ini Cara Mengatasinya!

Setelah mengetahui akibat filter AC mobil kotor, maka untuk hal lain yang harus dipahami adalah cara mengatasinya. Untuk Anda yang ingin mempunyai kondisi mobil yang bersih, maka langkah yang dapat diambil adalah selalu memperhatikan dan membersihkan AC mobil.

Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk sirkulasi udaranya tetap bersih. Tanpa disadari, untuk bagian interior mobil juga menjadi salah satu tempat sarang penyakit. Untuk mengatasi akibat filter AC mobil kotor tidak perlu harus berkunjung ke suatu bengkel.

Apalagi, untuk Anda yang mempunyai banyak waktu luang bisa langsung saja mengatasi permasalahan tersebut secara sendiri. Beberapa cara untuk mengatasi permasalahan yang satu ini adalah:

  1. Membongkar Bagian Evaporator AC Mobil

Cara untuk mengatasi permasalahan akibat filter AC mobil kotor adalah dengan melakukan pembongkaran pada bagian evaporator. Akan tetapi, sebelum melakukan pembongkaran evaporator AC mobil sebaiknya Anda memastikan sudah parkir di lokasi yang tidak banyak debu.

Tujuan dari pemilihan tempat parkia ini adalah supaya sirkulasi udara dari luar ke dalam mobil tetap bersih. Selain itu, pastikan juga kondisi mesin mobil sudah berada di dalam keadaan mati.

Siapkan semua peralatan yang digunakan untuk mengatasi permasalahan dari akibat filter AC mobil kotor. Paling terpentingnya lagi siapkan juga alat sikat gigi dan cairan pembersih evaporator AC mobil.

Pastikan terlebih dahulu Anda sudah mengetahui letak dari saluran masuk udara blower terlebih dahulu. Biasanya, di dalam mobil terdapat dua bagian glove box yang memudahkan untuk mengakses bagian evaporator.

Setelah itu, anda juga bisa langsung meraba pada bagian kotak filter AC dan melepaskan komponen tersebut. Tujuan dari pelepasan kotak filter AC kali ini adalah untuk mengetahui apakah lokasi blower berada di bagian atas maupun bawah.

Sehingga, dengan hal tersebut bisa membuat Anda yang ingin membersihkan filter tidak salah lobang dalam proses penyemprotan cairan. Disisi lain, periksa juga kondisi filter AC bagian mobi.

Ketika tidak terlalu kotor, Anda bisa langsung membersihkan dengan menggunakan sikar bagian permukaan filter nya. Akan tetapi, di saat kondisi filter mobil benar-benar kotor lebih baik diganti dengan yang baru.

  1. Menggunakan Cairan Pembersih AC Mobil

Proses kedua yang dapat dilakukan dengan mempersiapkan cairan pembersih AC mobil. Biasanya, untuk cairan pembersih AC mobil ini bisa dibeli di salah satu bengkel atau marketplace.

Sebaiknya, cairan yang digunakan berbentuk spray dan mempunyai sedikit kandungan foam. Setelah itu, arahkan juga selang cairan pembersih AC ke bagian blower dengan melalui kotak filter AC mobil.

Terkadang untuk pemula merasa bingung disaat harus melakukan hal tersebut. Akan tetapi, untuk Anda yang bingung bisa langsung saja mempercayakan kepada pihak bengkel yang benar-benar terpercaya.

Sebelum memilih bengkel mobil, akan lebih baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Tujuan melakukan riset ini adalah supaya memastikan lagi bengkel yang dipilih benar-benar aman.

Jangan sampai salah dalam pemilihan bengkel, karena bisa memberikan dampak buruk pada beberapa komponen lainnya. Untuk salah satu bengkel mobil yang dapat Anda pilih adalah Dokter Mobil.

Sebagai spesialis service AC terkemuka, Dokter Mobil juga bisa membantu Anda yang ingin melakukan perbaikan beberapa komponen mobil terkait sistem pendinginan di dalam kabin mobil Anda.

Kualitas mutu dari pelayanan Dokter Mobil sangatlah terjamin karena selain telah berstandar standar ISO 9001:2015 quality management system, permasalahan mobil kesayangan Anda akan ditangani oleh para teknisi yang ahli dan berpengalaman serta dibekali peralatan berteknologi canggih. Keunggulan ini membuat Dokter Mobil telah dipercaya oleh berbagai jenis mobil untuk diperiksa dan diperbaiki terkait permasalahan pada mobilnya.

Lakukan reservasi service AC di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp agar berbagai pertanyaan Anda seputar AC mobil kesayangan Anda dapat segera terjawab dengan tuntas. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Percayakan sepenuhnya kepada pihak Dokter Mobil. Semua proses pengerjaan atau perbaikan mengenai akibat filter AC mobil kotor bisa diatasi dengan baik oleh Dokter Mobil.

Akhir Kata

Nah, demikian penjelasan secara lengkap mengenai akibat filter AC mobil kotor. Diharapkan dengan adanya informasi diatas bisa membantu Anda yang mempunyai kendaraan roda 4 atau mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6785

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️