💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Muncul Kerak Karbon Hingga Cara Mengatasinya

penyebab muncul kerak karbon pada komponen mesin

Apakah Anda sudah mengetahui tentang alasan performa mesin semakin menurun? Salah satu penyebabnya yang seringkali dijumpai adalah banyaknya kerak karbon yang sudah menumpuk pada ruang bakar. Jika Anda memiliki kendaraan, risiko penumpukan kerak mesin sangat umum terjadi.

Berikut ini akan diulas informasi seputar kerak karbon, mulai dari dampak yang ditimbulkan hingga penyebab muncul kerak karbon pada mesin.

Resiko yang Dapat Terjadi Akibat Penumpukan Kerak Karbon

Dalam hal ini, penggunaan bahan bakar menjadi faktor krusial dalam pembentukan ruang bakar ini, namun semakin lama, ruang bakar tersebut pun akan menumpuk kemudian akan memunculkan kerak mesin. Selain performa mesin yang akan semakin menurun, dampaknya bisa membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros dan sering terjadi ngelitik atau knocking pada mesin kendaraan.

Jika penumpukan kerak ini dibiarkan terus menerus, maka akan bisa saja merusak komponen mesin yang lainnya. Tentunya sebelum dampak buruk ini semakin parah, maka Anda perlu mengatasi penumpukan keraknya. Agar penumpukan kerak ini tidak terjadi, sudah seharusnya Anda mengetahui apa saja penyebab muncul kerak karbon ini.

Agar tidak merugikan dan mengurangi performa kendaraan, mari kenali beberapa penyebab muncul kerak karbon dan ragam cara pencegahannya berikut ini.

Efek Samping dari Kerak Karbon yang Menumpuk

Efek samping yang mungkin Anda temui dari kerak mesin yang menumpuk ini adalah performa mesin yang semakin menurun juga borosnya penggunaan BBM pada kendaraan bermotor seiring berjalannya waktu. Pada kesempatan lain, selain kerusakan pada ring piston kemunculan asap putih dari knalpot pun bisa menjadi salah satu penanda dari penumpukan kerak karbon yang ada pada ruang bakar mesin.

Resiko penumpukan kerak karbon ini memang bukanlah hal yang baru. Bahkan hal ini sudah sangat umum terjadi. Penggunaan bahan bakar menjadi hal utama penyebab muncul kerak karbon dapat terjadi. Munculnya kerak ini bisa terjadi karena kurangnya pasokan udara yang masuk pada ruang bakar.

3 Penyebab Muncul Kerak Karbon pada Mesin Mobil

inilah faktor penyebab muncul kerak karbon pada komponen mesin

Selain itu juga penyebab muncul kerak karbon ini bisa terjadi karena penggunaan bahan bakar yang kurang sesuai, atau penggunaan bahan bakar dengan kualitas yang buruk. Penyebab muncul kerak karbon ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Beberapa penyebab muncul kerak karbon pada ruang bakar adalah

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Akibat Sisa Proses Pembakaran

Sisa proses pembakaran dari bahan bakar yang tidak sempurna (biasanya terjadi karena penggunaan bahan bakar dengan kualitas buruk) ternyata juga bisa menjadi faktor penyebab muncul kerak karbon pada ruang bakar.

Penyebab yang satu ini umumnya terjadi karena kualitas bahan bakar yang Anda gunakan tidak terlalu baik. Sehingga proses pembakaran pada ruang bakar mesin kurang berjalan dengan sempurna dan menjadi penyebab muncul kerak karbon dan kalau dibiarkan terus menerus akan menyebabkan penumpukan kerak di ruang bakar.

Sisa pada proses pembakaran yang tidak sempurna atau kurang sempurna juga bisa terjadi setelah mesin bekerja dan kemudian secara tiba-tiba berhenti. Kemungkinan besar terdapat sebagian bahan bakar yang sudah terlanjur masuk pada ruang bakar. Sedangkan di ruang bakar mesin tidak terjadi pengapian dan proses pembakaran. Akibatnya bahan bakar yang tidak terbakar dengan baik tersebut akan berubah menjadi karbon dan jika dibiarkan akan terus menerus menumpuk dan akan menyebabkan penumpukan kerak yang bisa berakibat fatal terhadap kinerja pada ruang bakar mesin kendaraan Anda.

  1. Endapan Debu dan Uap Oli Mesin

Endapan debu dan uap dari oli mesin yang menjadi faktor pendukung penyebab muncul kerak karbon. Endapan debu dan juga uap oli mesin kendaraan tersebut juga memiliki peran dalam faktor penyebab muncul kerak karbon. Penumpukan kerak karbon ini bisa datang dari hasil isapan intake valve.

Debu dan oli mesin ini bisa masuk dan mengendap, sehingga akan membuat ruang bakar mesin akan menjadi kotor. Banyaknya unsur parafin dan sulfur yang masuk ruang bakar mesin juga menjadi faktor lain untuk penumpukan kerak karbon pada ruang bakar mesin kendaraan.

Selain uap oli, ternyata oli mesin juga bisa saja lolos dan masuk pada ruang bakar. Masuknya oli ini bisa saja melalui celah pada ring piston yang longgar dan sudah aus atau hasil blow dan menjadi penyebab muncul kerak karbon pada ruang bakar mesin kendaraan. Pada oli mesin, terdapat molekul yang besar dan titik didih yang lebih tinggi dibandingkan bahan bakar kendaraan. Jika terdapat banyak porsi yang tidak terbakar, akan menjadi penyebab penumpukan kerak karbon pada ruang bakar mesin kendaraan.

  1. Mesin Bekerja pada Kecepatan Rendah dengan Beban Rendah

Mesin kendaraan yang banyak bekerja pada kecepatan yang rendah dan beban yang kendaraan yang juga rendah dapat membuat mesin kendaraan bekerja di bawah suhu optimal. Hal ini menyebabkan kegagalan pembakaran pada bahan bakar kendaraan atau BBM yang sudah melekat di kepala piston dan juga sudah ada dalam ruang pembakaran dan bisa menjadi faktor penyebab muncul kerak karbon. Daerah tersebut memiliki suhu rendah karena terdapat pendinginan dari sistem pendingin pada kendaraan.

Cara Mengatasi Penumpukan Kerak Karbon Pada Ruang Bakar Mesin Kendaraan

Untuk menanggulangi penumpukan kerak karbon pada ruang bakar mesin kendaraan, sebenarnya Anda bisa saja melakukan pembersihan secara mandiri tanpa melakukan pembongkaran. Namun, jika kondisi tersebut sudah terlalu parah, pembongkaran pada mesin pun harus tetap dilakukan. Demi mengurangi risiko ini, selanjutnya adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga performa mesin kendaraan dan menghindari penumpukan kerak pada mesin kendaraan.

  • Gunakan Bahan Bakar Lebih dari Oktan 92

Penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih rendah dari pada seharusnya, merupakan penyebab dari penimbunan kerak karbon pada ruang bakar. Hal ini sering membuat mesin mengelitik atau biasa disebut knocking ketika dinyalakan. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi mesin akan semakin parah karena pembakaran yang tidak sempurna.

Lebih dari itu, penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan lebih dari 92 membuat akselerasi kendaraan Anda pun dapat meningkat dan mesin kendaraan Anda pun bisa menjadi lebih reponsif dengan proses pembakaran yang dilakukan lebih efisien. Sulfur yang rendah juga membuat pembuangan gas emisi lebih sedikit, sehingga membuatnya lebih ramah lingkungan.

  • Pilih Oli yang Tepat

Terdapat beberapa alasan untuk oli bisa menyebabkan timbulnya kerak mesin, yaitu ketidakstabilan oli mesin (oksidasi cepat yang akan dialami jika lama tidak diganti). Jika oli mengalami oksidasi, molekul pecahan dari oli akan bergabung dengan kotoran sisa karbon serta partikel lain yang ada dalam ruang pembakaran, maka terjadilah lumpur yang kemudian bisa berubah menjadi kerak.

Alasan lain yang cukup berkontribusi dalam timbulnya kerak juga intensitas kendaraan Anda berada di situasi lalu lintas yang macet. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, Anda perlu memilih oli yang tepat berdasarkan:

    1. jenis mesin kendaraan Anda (injeksi/non injeksi)
    2. karakter berkendara Anda (sering berkendara jauh atau dengan kecepatan berapa)
    3. situasi yang sering dihadapi saat berkendara (daerah yang macet).

Setelah menemukan oli kendaraan yang pas dengan kriteria di atas, Anda pun juga perlu melakukan upaya-upaya lanjutan, seperti mengganti oli secara teratur, mematuhi jarak berkendara pada penggunaan oli dan juga mengganti oli filter secara berkala.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Negara Tropis, Pemilik Mobil Wajib Tahu!

  • Pembersihan Kerak Karbon dengan Jet Clean di Dokter Mobil

Kerak karbon yang telah menumpuk di ruang mesin harus segera dibersihkan. Hal ini karena dapat menghambat proses pembakaran pada mesin jadi kurang maksimal, sehingga performa mobil pun jadi tak optimal.

Dengan layanan Jet Clean di Dokter Mobil yang tersedia dalam dua varian, yakni Jet Clean Performance dan Jet Clean Ultimate, komponen mesin yang terhambat kinerjanya akibat kerak karbon yang menumpuk akan dibersihkan hingga menyeluruh tanpa melakukan pembongkaran mesin. Sehingga proses pembakaran pada mesin bisa lebih lancar, performa mobil pun akan lancar pula serta bebas dari hambatan.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai faktor penyebab muncul kerak karbon dan cara mencegah keberadaan kerak karbon pada kendaraan serta tips untuk membersihkan kerak karbon yang terlanjur ada dalam jumlah sedikit sebelum Anda melakukan pembongkaran mesin secara total.

Percayakan permasalahan mesin mobil akibat kerak karbon yang menumpuk dengan Jet Clean dari Dokter Mobil, yang telah teruji kualitas serta kredibilitasnya. Lakukan reservasi sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar Jet Clean di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan langsung layanan Jet Clean pada mobil kesayangan Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya