📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Inilah Mengapa Intake Manifold Kotor Harus Segera Dibersihkan

intake manifold kotor

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Intake manifold kotor pada mobil Anda harus senantiasa diperhatikan agar tidak menyebabkan performa mesin Anda berkurang. Penumpukan karbon merupakan masalah umum di mesin mobil, mengingat bagian-bagian penting dalam intake manifold dapat dilapisi dengan jelaga atau kerak karbon sehingga akan mempengaruhi dan memberikan dampak negatif pada kinerja kendaraan secara menyeluruh.

Penting untuk membersihkan intake manifold kotor Anda dengan benar, sebab membersihkan intake manifold udara yang disalurkan ke mesin dapat mempengaruhi kinerja dan efisiensi mesin. Manifold yang kotor dapat memungkinkan partikel berbahaya yang tidak diperlukan masuk ke dalam mesin mobil Anda sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan yang berlebih jika tidak dapat diperbaiki. Meskipun pembersih intake manifold tersedia secara luas dan mudah digunakan di rumah tetapi pembersih tersebut tidak efektif terhadap jumlah kotoran, debu, dan jelaga yang menumpuk pada mesin.

Oleh karena itu, inilah hal-hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan intake manifold yang kotor.

Membersihkan Intake Manifold Kotor

pembersihan intake manifold kotor

Udara yang masuk akan disalurkan melalui saluran penghubung ke mesin mobil Anda. Udara yang masuk akan disaring dan didistribusikan ke bagian-bagian penting mesin agar tetap dingin dan bekerja dengan lancar. Jika saluran udara tersumbat oleh kerak karbon, jelaga dan endapan lainnya kemungkinan hal ini akan dengan cepat menghambat kinerja dan kesehatan mesin Anda. Perlu diingat terlepas dari sistem kontrol emisi yang digunakan, adanya penumpukan karbon tidak dapat hilang begitu saja dengan menggunakan cairan pembersih biasa, seperti semprotan aerosol DIY yang mudah untuk anda dapatkan. Namun tentu saja produk tersebut tidak cukup efektif untuk membersihkan karbon dengan benar.

Membersihkan manifold secara menyeluruh merupakan salah satu cara yang sangat tepat untuk memastikan Anda telah menghilangkan semua kerak karbon dan kontaminan yang berbahaya yang dapat merusak mesin Anda karena semprotan aerosol membatasi area pembersihan.

Manfaat Membersihkan Intake Manifold Kotor

Membersihkan intake manifold kotor secara teratur dan profesional tidak hanya dapat menyehatkan mesin Anda, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat, seperti peningkatan kinerja, menghemat pengeluaran servis, dan performa berkendara yang lebih baik. Oleh karena itu, proses pembersihan penting ini dapat menghilangkan kotoran dari intake manifold, throttle valve, dan karburator.

  • Membersihkan Intake Manifold Kotor Dapat Menghemat Bahan Bakar

Penumpukan karbon dapat terjadi di katup, port, di dinding silinder, atau di dalam ruang pembakaran, dan pada akhirnya akan menghambat kinerja mobil kesayangan Anda. Menghapus karbon ini akan menghasilkan peningkatan akselerasi dan kinerja. Dengan meningkatkan kinerja mobil, maka Anda secara langsung meningkatkan penghematan bahan bakar dan dapat memangkas pengeluaran servis mobil Anda.

  • Hentikan Mesin Knok dengan Membersihkan Intake Manifold

Ketukan mesin atau mesin knok dapat dengan cepat berkembang menjadi kerusakan serius pada dinding silinder dan piston mobil. Tentu saja jika terjadi kerusakan pada dinding silinder dan piston mobil maka biaya yang Anda keluarkan untuk perbaikan. Membersihkan intake manifold Anda dengan benar akan memastikan bahwa semua bagian bekerja secara optimal dan sama sekali menghentikan ketukan mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Baca Juga: Ciri-ciri Mesin Mobil Ngelitik, Masalah, Hingga Solusinya

  • Mencegah Kerusakan Mesin

Alasan terpenting untuk membersihkan intake manifold Anda secara rutin adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin mobil. Bahkan partikel yang sangat kecil dapat merusak komponen yang ada di dalamnya. Oleh karena itu cara paling sederhana untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan memastikan intake manifold dan filter Anda selalu dalam keadaan bersih.

Bahan Pembersih Intake Manifold

Jika Anda ingin membersihkan intake manifold Anda secara mandiri di rumah, dapat menggunakan berbagai pembersih untuk membersihkan intake manifold. Bahan yang dapat digunakan termasuk pembersih karburator, pembersih rem, atau pembersih throttle body. Pastikan untuk membaca instruksi pabrik dengan cermat sebelum menggunakan salah satu produk dan sudah teruji terlebih dahulu di area kecil yang tidak mencolok. Ada beberapa cara untuk menghilangkan penumpukan karbon dari intake manifold. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pembersih kimia. Cara lainnya adalah dengan menggunakan sikat kawat.

Gejala Intake Manifold Kotor

Asupan manifold yang kotor dapat menyebabkan mesin Anda bekerja dengan buruk dan bahkan dapat menyebabkan hilangnya tenaga. Gejala intake manifold kotor termasuk penurunan bahan bakar, penurunan kinerja, dan idle mesin yang terasa kasar.

Bagaimana Cara Membersihkan Intake Manifold Tanpa Melepasnya?

Ada beberapa cara untuk membersihkan intake manifold tanpa melepasnya dari mobil Anda. Cara yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan mempercayakan layanan Jet Clean di Dokter Mobil.

Layanan Jet Clean di Dokter Mobil dapat membersihkan berbagai komponen mesin yang terhubung dalam proses pembakaran, seperti intake manifold, agar luruh dari tumpukan kotoran dan kerak karbon yang dapat menganggu proses pembakaran tanpa harus melakukan pembongkaran mesin.

Tersedia dalam dua varian, yakni Jet Clean Performance dan Jet Clean Ultimate. Kedua varian Jet Clean ini sama-sama membersihkan komponen mesin dari kotoran dan kerak karbon, namun pada Jet Clean Ultimate dilengkapi pula layanan setting ECU. Pengaturan ECU ini dilakukan agar settingan-nya sesuai dengan pengaturan standar sehingga performa mobil yang diatur dalam sensor ECU dapat kembali optimal seperti sedia kala.

Ingin rasakan layanan Jet Clean untuk bersihkan intake manifold mobil Anda dari kerak karbon yang menumpuk? Lakukan reservasi Jet Clean sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi mengenai Jet Clean hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan layanan Jet Clean ini.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu membersihkan intake manifold kotor di mobil Anda, ada baiknya untuk membersihkan intake manifold kotor di bengkel yang memang ahli dalam melakukan layanan tersebut, seperti Dokter Mobil dengan layanan Jet Clean-nya. Jaga selalu berbagai komponen mobil Anda agar tetap prima, sehingga selalu senantiasa optimal dalam penuhi kebutuhan mobilitas Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6675

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *