New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
ciri ciri mesin mobil ngelitik

Ciri-ciri Mesin Mobil Ngelitik, Masalah, Hingga Solusinya

Mengetahui berbagai ciri-ciri mesin mobil ngelitik adalah pengetahuan dasar yang sudah semestinya diketahui oleh para pemilik mobil. Bila Anda baru saja memiliki mobil, informasi ini cocok untuk Anda. Terutama karena masalah mobil ngelitik adalah masalah yang umum dialami pengguna mobil. Walaupun masalah umum, masalah mesin ngelitik adalah masalah yang cukup sulit diprediksi.

Engine knocking atau yang umum dikenal sebagai mesin ngelitik bisa terjadi kapan saja. Saat Anda mendengar suara ketukan dari mesin mobil, Anda patut curiga bahwa kendaraan sedang mengalami masalah. Sayangnya, Anda belum bisa memastikan permasalahannya.

Untuk bisa memastikan permasalahan di mobil, Anda perlu mengetahui ciri-ciri mesin mobil ngelitik terlebih dahulu. Setelah itu, Anda wajib mengetahui penyebab mesin mobil ngelitik. Setelah itu, Anda haru mengetahui solusi mengatasi mesin mobil ngelitik.

Ciri-ciri Mesin Mobil Ngelitik yang Umum dan Sering Terjadi

ciri-ciri mesin mobil ngelitik

  • Bunyi keras

Ciri-ciri mesin mobil ngelitik pertama dan utama mesin mobil ngelitik adalah terdengar bunyi ketukan yang keras dari area mesin. Bunyi ini tidak terjadi saat mesin normal. Jadi, saat Anda merasa suara dari mesin berbeda, perhatikan pola bunyinya.

Bila bunyi itu seperti ketukan, keras, dan polanya teratur, itulah tanda mobil Anda mengalami engine knocking.

Sebagai informasi tambahan, kata ngelitik diambil dari pola bunyi saat mobil mengalami engine knocking.

  • Akselerasi bermasalah

Ciri kedua adalah mobil terasa berat saat dibawa. Hal ini disebabkan karena akselerasi mobil mengalami masalah. Sehingga, mobil terasa brebet. Efeknya, laju mobil jadi susah bergerak.

  • Getaran mesin berbeda

Ciri ketiga adalah getaran mesin yang terasa lebih keras dari biasanya. Getaran ini sangat terasa saat mobil berada di posisi idle.

Jika ketiga ciri tersebut terjadi di mobil Anda, sudah pasti mobil Anda mengalami engine knocking atau mesin ngelitik. Untuk itu, Anda perlu mengenali sumber-sumber masalahnya. Dengan mengenali sumber masalahnya, Anda bisa mendapatkan solusi tepat.

Berikut ini masalah umum penyebab engine knocking

  • Kualitas bahan bakar mobil

Masalah kualitas bahan bakar adalah penyebab yang sering dijumpai. Banyak orang memilih menggunakan bahan bakar berkualitas rendah dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobilnya.

Bahan bakar berkualitas baik adalah bahan bakar yang memiliki oktan rendah. Padahal mobil Anda adalah mesin dengan kompresi tinggi yang membutuhkan oktan tinggi.

  • Spesifikasi busi

Masalah umum kedua yang sering dijumpai saat berhadapan dengan engine knocking adalah kesalahan spesifikasi busi. Pemilik mobil biasanya menggunakan busi yang tidak sesuai dengan kebutuhan spesifikasi mobil.

Alasan kesalahan busi ini biasanya disebabkan oleh kesalahan membaca kebutuhan spesifikasi busi yang dibutuhkan mobil. Alasan kedua adalah karena ingin menghemat biaya sehingga memilih busi yang murah dan tidak sesuai spesifikasi.

  • Kotoran di dinding silinder

Masalah ini juga umum dihadapi oleh para pemilik kendaraan. Kotoran yang ada di dinding silinder adalah hasil dari kualitas bahan bakar dan sistem pengapian yang jelek.

Baca Juga : Penyebab Mesin Diesel Pincang

Kedua masalah itu menghasilkan tumpukan kotoran di dinding silinder. Saat kotoran sudah tebal, ruang silinder jadi lebih sempit. Efeknya, proses bergabungnya bahan bakar dengan udara jadi terganggu. Kalau sudah begitu, engine knocking pasti terjadi.

Solusi dari ketiga masalah umum tersebut

  • Perbaiki kualitas bahan bakar

ciri-ciri mesin mobil ngelitik Dapatkan bahan bakar yang berkualitas baik. Pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Jangan sampai memilih bahan bakar berkualitas rendah karena alasan budget. Sebab, Anda bisa saja mengurangi biaya pembelian bahan bakar. Tapi saat terjadi engine knocking, biaya servisnya yang harus Anda keluarkan tidaklah sedikit.

  • Pilih busi yang sesuai

Gunakan busi yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Sama seperti pemilihan bahan bakar, jangan sampai Anda pertimbangan budget menjadi alasan memilih busi berkualitas rendah. Sebab pada saatnya nanti, akan ada budget ekstra untuk melakukan perawatan saat terjadi engine knocking.

  • Bersihkan dan rawat mesin secara rutin

ciri-ciri mesin mobil ngelitik Saat kotoran sudah menumpuk di dinding silinder, satu-satunya solusi adalah membersihkan area silinder. Bila kotoran sudah terlalu menumpuk dan silinder mobil Anda bermasalah, bisa saja Anda akan diminta mengganti dengan komponen silinder yang baru.

Begitulah ciri-ciri mesin mobil ngelitik, masalah mobil ngelitik, dan solusinya. Saat mobil Anda mengalami mobil ngelitik, segera bawa ke bengkel kepercayaan Anda. Konsultasikan kondisi mobil dengan mekanik kepercayaan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1236

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!