📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Kapan Ganti Filter Oli Mobil yang Tepat?

Kapan Ganti Filter Oli Mobil yang Tepat

Ganti filter oli mobil secara berkala dapat memastikan mobil Anda berjalan dengan baik dan aman serta menjaga kualitas mesin mobil.

Anda dapat memastikan kinerja mesin tetap maksimal dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan dengan melakukan perawatan berkala.

Ini akan menjadi investasi yang berharga bagi Anda dan akan meningkatkan kenyamanan berkendara secara keseluruhan.

Mari lihat cara mengetahui kapan Anda harus mengganti filter oli mobil Anda!

Lakukan Pergantian Filter Oli Mobil Setiap 4.800 km atau Tiga Bulan Sekali

Waktu yang tepat untuk mengganti filter oli mobil adalah sekitar setiap 3.000 mil (4.800 km) atau setiap tiga bulan, tergantung mana yang tercapai lebih awal.

Ini berdasarkan pada rekomendasi pabrikan dan penelitian yang menguatkan gagasan ini.

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa mengganti filter oli setiap 3.000 mil (4.800 km) dapat membantu memastikan bahwa mesin mobil Anda bekerja dengan efisien dan mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh oli yang sudah usang.

Dalam penelitian terbaru yang dipublikasikan di Jurnal Teknik Mesin, para peneliti menemukan bahwa mengganti filter oli setiap 3.000 mil (4.800 km) dapat membantu meningkatkan keandalan mesin dan mengurangi potensi risiko kerusakan yang dapat terjadi akibat oli yang sudah usang.

Dengan mengganti filter oli mesin mobil Anda setiap 3.000 mil (4.800 km), Anda akan memastikan bahwa mesin Anda bekerja dengan baik dan akan mempertahankan fungsi yang optimal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hal ini penting untuk memastikan bahwa mesin Anda berfungsi dengan benar dan dapat mengurangi risiko kerusakan yang dapat disebabkan oleh oli yang sudah usang.

Jadi, jika Anda ingin memastikan bahwa mesin mobil Anda berfungsi dengan optimal, waktu yang tepat untuk mengganti filter oli adalah sekitar setiap 3.000 mil (4.800 km) atau setiap tiga bulan, tergantung mana yang tercapai lebih awal.

Tanda-tanda Filter Oli Mobil Harus Diganti

Adanya tanda-tanda bahwa filter oli mobil perlu diganti merupakan hal yang umum terjadi pada mobil.

Ini terkait dengan kondisi oli yang sudah lama tidak diganti dan membutuhkan perawatan.

Berikut beberapa tanda-tanda yang muncul saat filter oli mobil perlu diganti:

  1. Kebisingan Mesin

Filter oli yang sudah lama tidak diganti dapat menyebabkan kebisingan yang berlebihan saat mesin dinyalakan.

Hal ini karena oli kotor yang melewati filter oli yang tersumbat.

  1. Konsumsi Bensin yang Tinggi

Konsumsi bensin yang tinggi dapat disebabkan oleh oli yang kotor yang melewati filter oli yang tersumbat. Akibatnya, mesin terpaksa bekerja lebih keras untuk menggerakkan komponen-komponen mesin.

  1. Lebih Banyak Asap

Filter oli yang tersumbat dapat menyebabkan bahan bakar yang melewati filter oli terbakar dengan tidak sempurna, menyebabkan asap yang lebih banyak.

Baca Juga: Jangan Panik, Kenali Penyebab Asap Hitam Pada Kendaraan

Dengan mengetahui tanda-tanda ini, pemilik mobil dapat mengambil tindakan untuk segera mengganti filter oli yang usang. Hal ini dapat mencegah kerusakan mesin lebih lanjut dan memperpanjang umur mesin mobil.

Mengapa Filter Oli Mobil Lama Tidak Boleh Dibersihkan dan Digunakan Lagi?

Filter oli mobil yang lama hanya dapat diganti secara berkala dan tidak bisa dibersihkan serta digunakan kembali.

Hal ini karena filter oli mobil memiliki fungsi penting dalam mesin mobil. Filter oli berfungsi untuk menyaring partikel debu, kotoran, dan minyak yang berlebih.

Dengan demikian, kebersihan oli mesin akan terjaga dan kinerja mesin akan terjaga.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Automobile Engineering menemukan bahwa filter oli telah terkontaminasi setelah 50 jam mesin beroperasi.

Ini berarti bahwa, dengan mengganti filter oli secara berkala, kualitas oli mesin akan tetap terjaga dan, oleh karena itu, kinerja mesin akan tetap baik.

Karena itu, ketika filter oli sudah terkontaminasi, proses penyaringan partikel kotoran yang berlebih tidak dapat dilakukan. Ini berarti bahwa mesin mobil dapat mengalami kerusakan yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang besar.

Oleh karena itu, penting untuk mengganti filter oli secara berkala dan tidak bisa dibersihkan dan digunakan kembali.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form