New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Jangan Panik, Kenali Penyebab Asap Hitam Pada Kendaraan

Jangan Panik, Kenali Penyebab Asap Hitam Pada Kendaraan

Bagaimana rasanya berkendara dengan asap hitam pada mobil? Kasus ini tidak jarang membuat pengguna merasa panik dan khawatir lantaran adanya permasalahan pada sistem pembakaran mesin mobil.

Penyebab Asap Hitam Pada Kendaraan

penyebab asap hitam pada kendaraan

Apa sih pemicu penyebab asap hitam pada kendaraan? Asap hitam pada knalpot umumnya disebabkan oleh mesin yang membakar terlalu banyak bensin. Tidak hanya membuat udara hitam menyambar pengguna jalan dibelakang mobil anda, namun gejala ini dapat membuat mesin menjadi boros bensin.

Mari simak uraian selengkapnya dibawah ini;

1. Setelan Bahan Bakar Terlalu Banyak

Penyebab yang pertama ialah setelan bahan bakar yang terlalu banyak masuk ke ruang mesin. Alhasil asap semakin ngebul pekat. Apa penyebabnya?

Penyebabnya ialah karburator mobil yang sudah bermasalah. Karburator pada mesin memiliki peranan menentukan perbandingan bensin dan udara. Berbeda kondisi beda pula sebabnya.

Jika kondisi asap semakin ngebul saat berada di RPM baik rendah maupun tinggi, maka letak kerusakan berada pada jet karburator. Lain itu, jika asap hitam muncul saat menanjak atau membawa beban, hal ini diakibtakan oleh sistem power supply bensin terlalu banyak sehingga campuran menjadi lebih banyak.

2. IAC Sudah Bermasalah

IAC yang bermasalah ditandai dengan gejala mobil sulit dinyalakan bahkan dapat mogok seketika saat kecepatan idle. Penyebabnya ialah pasokan udara tertahan tetapi supply bensin masih sama. Alhasil menyebabkan campuran lebih kaya yang berakibat emisi gas buang lebih pekat bahkan ngebul.

Solusinya yakni perlu membuka komponen sensor IAC yang terdapat di throtle body. Bersihkan dengan karbu cleaner. Pastikan bersih dan terbebas dari kotoran sebelum hendak dipasang kembali.

3. Filter Udara Kotor

Penyebab asap hitam pada kendaraan yang ketiga Filter udara yang sudah kotor tidaklah mengherankan bila asap berubah menjadi hitam pekat. Kerak kotoran menumpuk memenuhi saluran pembakaran, bahkan menempel pada sensor sehingga kinerja sensor mengalami gangguan.

Solusinya yakni lakukan tune up untuk membersihkan saluran pembakaran. Ada baiknya lakukan secara rutin agar performa tetap terjaa secara prima.

4. Kerusakan Sistem Injeksi

dokter mobil bengkel mobil terbaik

Bagi anda pemiliki mobil injeksi, bisa jadi penyebabnya datang dari sistem injeksi mesin anda. Cara mendeteksinya pun terbilang mudah. Jika kerusakan terjadi, maka lampu check engine akan menyala.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Mobil Mengeluarkan Asap Hitam

Segeralah membawa ke bengkel terdekat agar kerusakan penyebab asap hitam pada kendaraan tidak merembet. Di bengkel, mobil anda akan mendapatkan pengecekan menyeluruh terutama pada sistem EFI. Jika memang sudah rusak, maka mau tidak mau dilakukan pergantian komponen baru.

Itulah penyebab asap hitam pada kendaraan. Dengan membawa ke bengkel berkualitas tenaga profesional, maka solusi asap hitam pada kendaraan anda dapat teratasi dengan sempurna. Jangan lupa melakukan perawatan ringan pada mobil, salah satunya dengan rutin memanaskan mesin mobil dan pergantian oli berkala.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1235

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap