New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Ketahui Dengan Mudah Penyebab Oli Mesin Mobil Bocor

Bukan tanpa sebab, oli yang merembes pada mesin bisa saja salah satu gejala penyebab oli mesin mobil bocor. Namun masih banyak pengguna mobil yang mengidahkan kasus ini hingga dijadikan sesuatu hal sepele selagi tidak menunjukkan gejala kerusakan lainnya.

Waspadai, ada baiknya anda harus mentilik lebih lanjut penyebab oli mesin mobil bocor. Meskipun dirasa sangat lazim dialami oleh semua pengguna kedaraan, namun gejala dan penyebab bisa terjadi oleh beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Bak Oli Sudah Bocor

Penyebab pertama ialah bak penampung oli bocor akibat kerusakan yang terjadi. Pada mobil keluaran lama, anda dapat mengecek gasket yang berbahan dari karet. Jika sudah mengeras maka sudah dipastikan sudah rusak sebab rentan retak hingga mengakibatkan oli merembes. Sanga disarankan perlu dilakukan penggantian gasket baru.

Sedangkan pada mobil keluaran terbaru, gasket kini berubah menjadi sealer yang  bukan lagi berbahan karet. Kualitasnya jauh lebih kuat dan maksimal. Cara pengecekannya pun cukup mudah, perhatikan gumpalan cairan kental hitam pada sekitar bak oli. Jika terdapat diagnosa diatas, maka dapat dipastikan bak sudah mengalami kerusakan.

Untuk mengganti komponen ini, sebaiknya datangi bengkel langganan anda. Hindari mengganti secara individu terlebih jika anda termasuk awam dunia otomotif.

2. Baut penutup oli rusak

Penyebab selanjutnya ialah baut penutup sudah rusak. Indikasi ini dapat disebabkan oleh kesalahan mekanik dalam sekrup baut. Akibat terlalu kencang, maka merusak drat didalamnya sehingga saat dilepas sebagian ulir akan terkelupas dan ikut keluar. Alhasil oli ikut menetes melalui celah tersebut.

Solusinya ganti dengan baut penutup yang baru.

3. Seal filter oli rusak 

Untuk bagian pemasangan seal filter, alangkah baiknya jika menggunakan tangan saja. Sebab jika dengan bantuan alat, dikhawatirkan kencang hingga karet menajdi rusak. Alhasil bocor.

4. Seal Penutup Katup Bocor

Sebab terbuat dari karet, maka memang rentan mengalami kebocoran jika komponen sudah mengeras. Oleh karena itu memang dianjurkan menggunakan mekanik profesional dalam mengganti komponen ini. Hal ini bertujuan menghindari resiko kerusakan yang semakin parah karena dibutuhkan tehnik serta pengetahuan lebih dalam dalam menutup seal katup yang tepat.

Baca Juga : Sebaiknya Ganti Oli Mobil Tiap Berapa KM? Ini Jawabannya

5. Bocornya Seal Crankshaft

Cara mendeteksinya sangat mudah, cukup perhatikan tetesan diantara sambungan mesin dan transmisi. Jik iya, maka seal crankshaft mengalami kerusakan. Posisinya terdapat di bagian belakang dan depan poros engkol.

Solusi Terbaik Mengatasi Oli Bocor

Solusi terbaik yakni dengan membawa ke bengkel terdekat keterpecayaan anda. Pastikan bengkel yang dipilih memang profesional dalam menangani komponen oli mesin mobil anda. Jangan sampai komponen semakin rusak akibat salam pemasangan part.

Selesai sudah pembahasan mengenai penyebab oli mesin mobil bocor. Semoga dapat dijadikan rujukan permasalahan mobil anda saat ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

6 Cara Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal
Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil
Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya
Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda
Bengkel Para Artis Dokter Mobil dan 8 Alasan Mengapa Wajib Mengunjunginya