New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Panduan dan Cara Menghilangkan Asap Hitam Pada Mesin Diesel

Cara Menghilangkan Asap Hitam Pada Mesin Diesel dalam 2 Jam

Untuk kamu yang memiliki mobil mesin diesel dan terganggu dengan asapnya ada beberapa cara menghilangkan asap hitam pada mesin diesel. Memiliki mobil dengan mesin diesel memang sesuatu yang bisa dibanggakan. Selain perawatannya yang lebih mudah, mesin ini juga dipercaya punya kekuatan yang baik dan tahan lama. 

Tapi satu hal yang cukup mengganggu. Mobil dengan bahan mesin diesel sering kali mengeluarkan asap berwarna hitam pekat, serta aroma yang tak sedap. Bukan hanya kamu, tapi pengendara lain yang ada di sekitar kamu akan terganggu. Apalagi yang tepat ada di belakang kamu.

Cara Menghilangkan Asap Hitam pada Mesin Diesel

Bayangkan kalau mereka adalah pengendara sepeda motor. Asap kendaraan kamu akan langsung mengenai mereka. Pasti sangat tidak nyaman, kan?

Nah, untuk itu, kami punya solusi mudah untuk menghilangkan asap hitam pada mesin diesel kendaraan kamu. Apa saja cara-caranya? Semua sudah kami rangkum dalam artikel singkat di bawah ini. Baca hingga selesai, ya!

  1. Ganti filter udara

    Pertama, kamu perlu mengganti filter udara. Kebersihan filter harus dijaga. Kalau filter mulai kotor, komponen ini tidak mampu menyaring udara secara maksimal. Hasilnya, mobil kamu akan mengeluarkan asap hitam yang cukup mengganggu.

  1. Perhatikan kondisi Throttle Body

    Kamu perlu mengecek kondisi Throttle Body pada mesin diesel. Kamu harus memastikan kalau kondisinya dalam keadaan bersih. Jangan sampai ada kotoran-kotoran memasuki bagian ini. Kotoran berupa debu atau pasir tidak boleh sampai masuk apalagi menyumbat. Kalau menyumbat, udara tidak bisa tersaring dengan baik dan asap malah menghitam.

  1. Bersihkan bagian nozzle

    Fungsi dari nozzle adalah untuk mengantar bahan bakar masuk ke dalam silinder mesin. Pastikan kamu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Jika tidak, bahan bakar akan menghasilkan endapan kotoran dan memenuhi bagian nozzle. Apabila kamu sudah sempat menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai, segera bawa mobil kamu ke bengkel, agar teknisi membersihkan nozzle tersebut.

  1. Cek kondisi silinder

    Apabila bahan bakar tidak terbakar secara sempurna, mesin diesel akan mengeluarkan asap berwarna hitam pekat. Pembakaran ini terjadi di dalam silinder. Jadi, apabila silinder tidak dalam kondisi yang baik, kemungkinan besar pembakaran tidak bisa dilakukan secara sempurna dan menghasilkan asap pekat tadi. Untuk itu, saat membawa kendaraan kamu ke bengkel, jangan lupa minta mekanik untuk mengecek kondisi silinder mobil kamu.

  1. Modifikasi yang tidak sesuai dengan standar

    Apakah kendaraan kamu sudah dimodifikasi? Biasanya modifikasi ini bertujuan untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar lagi. Apabila modifikasi yang kamu lakukan menyebabkan jumlah bahan bakar yang masuk ke silinder lebih banyak lagi, pastinya asap yang akan dikeluarkan oleh mesin mobil kamu juga semakin banyak, bahkan berlebihan. Hal ini juga menjadi alasan asap yang keluar malah semakin hitam dan pekat.

Lima poin di atas merupakan hal-hal yang perlu kamu cek sebagai cara menghilangkan asap hitam pada mesin diesel. Pastikan kamu mengecek lima hal-hal di atas untuk menangani masalah mobil kamu yang berbahan diesel, ya.

Lihat Juga: Mesin Mobil Susah Hidup Waktu Dingin

Pastinya, jangan lupa melakukan perawatan yang maksimal untuk mobil kamu. Jangan lupa jaga juga kebersihannya, baik kebersihan mesin mobil, interior, serta eksteriornya. Dengan begitu, kamu akan bisa berkendara lebih nyaman lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap