New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Tips Simpel Mengatasi Mobil Diesel Berasap Asap Hitam Pekat

Jangan heran bila sesekali mobil diesel anda mengeluarkan asap hitam. Pernahkah anda bertanya kenapa mobil diesel mengeluarkan asap hitam ? Biasanya, mobil mengeluarkan asap hitam jika tidak dirawat dengan baik

Penyebab Utama Kenapa Mobil Diesel Mengeluarkan Asap Hitam

Nah, perlu anda ketahui bahwa asap hitam yang muncul dari knalpot mobil merupakan bahan bakar diesel yang tidak terbakar secara sempurna. Mesin diesel bekerja dengan prinsip kompresi pengapian. Bahan bakar diesel yang masuk ke dalam silinder itu berperan dalam pembakaran bahan bakar.

Saat bahan bakar diesel masuk ke dalam silinder dan masih bersisa sehingga tidak terbakar, ia keluar melalui knalpot dengan warna hitamnya. Namun itu semua bisa dicegah asalkan kita rajin merawat kendaraan.

Ada juga beberapa faktor yang menyebabkan mesin mobil diesel mengeluarkan asap berwarna hitam. Bisa dari rasio udara yang tidak seimbang antara bahan bakar dan bahan bakar, injektor mesin diesel tersumbat, sistem intake udara terhambat, pipa tersumbat, bahan bakar yang terkontaminasi, hingga melakukan beberapa modifikasi pada mesin mobil diesel. Banyak juga kan?

Mengapa modifikasi termasuk? Sebab modifikasi baisanya dilakukan untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar.  Tenaga besar hasil pengaturan tangan manusia ini juga memicu timbulnya asap hitam karena mendorong lebih banyak bahan bakar masuk ke silinder sehingga asap yang keluar juga berlebihan.

Tips Simpel Mengatasi Mobil Diesel Berasap Asap Hitam Pekat

Untuk mengatasi asap hitam yang keluar dari knalpot, anda dapat mengganti filter udara dan filter BBM. Selain itu, jangan lupakan untuk rutin mengganti oli tepat waktu serta menjaga kebersihan kualitas filter-filter  Sama halnya dengan motor, jika filter udaranya kotor, pasti kalau digeber knalpot akan mengeluarkan asap hitam.

Mengapa hal ini terjadi? Sebab pasokan udara sedikit hingga membuat mesin menyedot solar lebih ekstra. Dampaknya? konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Tidak hanya itu, tenaga mesin mobil juga menurun.

Terakhir, gunakan oli berkualiatas dan berekomendasi. Hindari oli abal-abal, sebab akan memperburuk performa mobil anda.

Itulah ulasan terkait kenapa mobil diesel mengeluarkan asap hitam. Sudah tahu apa yang harus dilakukan? Selamat mencoba? Jika masalah mobil memang belum terselesaikan, silahkan mencari bengkel mobil terdekat yang mampu memberikan hasil service terbaik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!