New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Gejala Asap Mobil Ngebul Menandakan Ada Kerusakan pada Satu atau Lebih Komponen Mobil

4 Penyebab Asap Knalpot Mobil Ngebul dan Cara Mengatasinya

Saat anda mengetahui kondisi asap mobil ngebul maka pengecheckan secara menyeluruh perlu segera dilakukan. Agar service lebih akurat. Dan dengan demikian, masalah bisa diselesaikan dengan lebih cepat serta dengan hasil terbaik.

Ya, gejala mobil yang mengeluarkan asap ngebul adalah awal dari adanya masalah-masalah lainnya. Oleh sebab itu, masalah ini perlu segera dilakukan.

Faktor Utama Penyebab Mobil Ngebul

Pada dasarnya knalpot akan mengelurkan gas buang hasil dari pembakaran mesin. Semakin bersih proses pembakaran, gas buangnya akan semakin jernih.

Ketika proses pembakaran tidak sempurna, maka kendaraan akan mengalami gejala ngebul. Ada yang ngebul dengan asap berwarna putih, ada yang berwaran hitam, ada juga dengan gejala warna atau bau tertentu.

Ada beberapa hal yang menyebabkan pembakaran mobil tidak sempurna sehingga mengeluarkan asap ngebul, di antaranya adalah:

  1. Kerusakan Valve

    Katup atau Valve Ketika Bermasalah Dapat Menyebabkan Ngebulnya Asap dari Knalpot
    Katup atau valve berfungsi membuka dan menutup saluran intake /exhaust. Adanya katup ini memastikan oli tidak masuk ke saluran intake/exhaust. Namun ketika katup ini rusak, maka oli bisa masuk ke ruang pembakaran.

    Ketika oli masuk ke ruang pembakaran, oli akan ikut terbakar bersama dengan udara dan bahan bakar. Hal ini akan ditandai dengan adanya asap putih keluar dari knalpot mobil.

  2. Silinder Bocor

    Kebocoran pada Silinder Mobil Berimbas pada Masuknya Oli Ke Bagian Pembakaran - ilinder bocor
    Selain karena kerusakan valve, oli juga bisa masuk ke ruang pembakaran karena piston bocor. Kebocoran ini biasa terjadi pada mobil berusia lebih dari 5 tahun.

    Kebocoran pada silinder harus segera diatasi karena dapat menyebabkan ring piston semakin mengembang. Lama-lama piston dapat mengalami jebol dan turun mesin.

  3. Injektor Rusak

    Kerusakan pada Injektor Otomatis Bisa Menyebabkan Asap dari Knalpot Mobil Ngebul - injector rusak
    Jika masuknya oli ke ruang pembakaran akan menyebabkan asap putih ngebul, nah kerusakan pada injektor akan menyebabkan gejala keluar asap putih. Asap putih ini merupakan hasil pembakaran tidak sempurna di mana jumlah udara dan jumlah bahan bakar di ruang bakar tidak sesuai.

    Kerusakan yang kerap terjadi pada injektor di antaranya adalah nozzle yang bocor sehingga bahan bakar masuk terlalu banyak, atau injektor yang mampet sehingga jumlah bahan bakar kalah banyak dibandingkan jumlah udara.

  4. Sistem EGR Bermasalah

    Kap Mesin Tempat EGR Berada
    Ada beberapa pemilik mobil yang sengaja melepas katalitik dan EGR dengan tujuan meningkatkan performa dan power mobil. Namun sayangnya, banyak yang tidak sadar bahwa tanpa adanya komponen tersebut maka emisi gas buang akan semakin tinggi. Karena EGR berfungsi memutar kembali gas buang yang masih mengandung solar ke intake manifold.

Selain keempat hal tersebut, masih ada beberapa hal lagi yang bisa menjadi penyebab masalah. Oleh sebab itu, pengecheckan menyeluruh perlu dilakukan. Dengan demikian, perbaikan bisa dilakukan dengan tepat sasaran sesuai sumber masalah.

Lihat Juga: Radiator Mobil Panas

Lantas perbaikan seperti apa yang perlu dilakukan ketika mobil ngebul seperti ini?

Solusi Mengatasi Asap Mobil yang Ngebul

Ngebulnya asap mobil tidak boleh dianggap sepele. Perbaikan perlu dilakukan sebelum masalah semakin membesar dan kerusakan semakin parah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ngebul, di antaranya adalah:

  1. Lakukan Pengecheckan Menyeluruh

    Seluruh Komponen Mobil Perlu Dicheck untuk Memastikan Apa Saja Penyebab Masalah
    Banyak komponen pada mobil yang ketika rusak akan menyebabkan munculnya gejala ngebul. Untuk mengetahui komponen apa saja yang menjadi penyebab masalah, pengecheckan menyeluruh perlu dilakukan.

  2. Ganti Part yang Rusak

    Jika Ditemukan Part Bermasalah Maka Perlu Segera Diperbaiki atau Diganti
    Ketika part rusak sudah ditemukan, anda bisa menentukan apakah part tersebut perlu diperbaiki, atau perlu diganti dengan baru. Namun anda juga perlu mencari tahu apa penyebab kerusakan. Dengan demikian, setelah penggantian part pun part tersebut tidak segera rusak.

  3. Perawatan Mobil

    Perbaikan Saja Belum Cukup Maka Dari Itu Mobil Perlu Dirawat Dengan Baik
    Setelah asap mobil ngebul ini telah teratasi, maka mobil perlu dirawat dengan baik. Dengan demikian, masalah ini tidak muncul kembali. Beberapa perawatan yang bisa dilakukan antara lain dengan rutin melakukan pengecheckan berkala, rutin melakukan ganti oli, dan melakukan tune UP secara berkala.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya masalah mobil ngebul.

Semoga informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi mobil ngebul ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Senang bisa berbagi solusi masalah mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2321

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!