New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Daftar Hal yang Menjadi Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Ini Faktor Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor dan Rusak

Beberapa orang bingung apa penyebab aki mobil cepat tekor padahal belum lama ini ganti baru. Ini penyebab dan cara mencegahnya. Semoga membantu kelistrikan mobil anda sehingga berkendara bisa kembali menyenangkan.

Agar tidak lama-lama kebingungan, yuk lihat beberapa penyebab aki mobil bisa cepat banget habis atau tekor. Dan cari tahu apa solusinya biar aki mobil tetap awet.

Ternyata Ini Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Infografis Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Ada banyak hal yang bisa membuat aki mobil lebih cepat melemah atau kerap disebut tekor. Adapun beberapa penyebab masalah ini di antaranya adalah:

  1. Sering Mainan Starter Mobil

    Memainkan starter mobil meskipun sebenarnya mesin sudah menyala dapat menyebabkan aki mobil lebih cepat tekor. Karena untuk menyalakan mesin dibutuhkan kelistrikan yang cukup besar. Bahkan ketika mesin menyala, menstarter mobil akan memakan kelistrikan mobil.
    Memainkan Starter Mobil Terlalu Sering Bisa Menghabiskan Aki Lebih Cepat

    Solusi
    Gunakan starter mobil seperlunya saja. Simple dan seharusnya bisa dilakukan mulai dari sekarang.

  2. Jarang Pakai Mobil

    Aki mobil memiliki usia masing-masing. Walaupun tidak digunakan, usia aki terus berjalan. Aki terus melakukan kerjanya mensuplai kelistrikan meskipun mobil tidak digunakan. Selain itu, mobil yang jarang digunakan akan mengalami kekurangan kapasitas listrik. Alhasil aki makin lama menjadi tidak optimal.
    Aki yang Terpasang Akan Cepat Tekor Jika Mobil Jarang Digunakan

    Solusi
    Ketika mobil memang hendak lama tidak digunakan, cabut aki dari mobil. Dengan demikian aki menjadi benar-benar dalam keadaan non aktif.

  3. Ampere Aki Terlalu Kecil

    Ketika ampere mobil terlalu kecil, maka usia akipun biasanya akan lebih pendek. Mengapa? Karena ketika mendapatkan daya besar, aki akan lebih mudah rusak. Selain itu, aki dengan ampere kecil lebih mudah mengalami over suplai.
    Ukuran Ampere Pada Aki Tidak Boleh Terlalu Kecil dan Tidak Boleh Terlalu Besar

    Solusi
    Untuk mengatasi hal ini, maka sebaiknya anda mulai menggunakan aki-aki dengan ampere lebih besar. Harganya memang lebih tinggi, tetapi jauh lebih aman untuk digunakan.

  4. Penggunaan Perangkat Elektronik di Mobil yang Terlalu Banyak

    Semakin banyak penggunaan perangkat elektronik di mobil maka daya yang dibutuhkan akan lebih banyak. Alhasil, kerja akipun menjadi lebih berat. Dan akan menyebabkan aki mobil lebih cepat tekor. Lantas apa solusinya?
    Penggunaan Kelistrikan Mobil untuk Menyalakan Banyak Peralatan Elektronik dapat Menyebabkan Aki Cepat Tekor

    Solusi
    Ada beberapa solusi yang bisa dicoba. Solusi pertama adalah dengan mengurangi jumlah perangkat elektronik di mobil. Solusi kedua adalah dengan memasang volt stabilizer seperti R Project untuk menstabilkan kelistrikan mobil sehingga aki mobil tidak terlalu terbebani.

Lihat Juga: Penyebab Innova Brebet

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi solusi mengatasi penyebab aki mobil cepat tekor sehingga menyebabkan aki mobil cepat rusak. Semoga membantu anda sehingga tidak perlu terlalu sering ganti aki. Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan, silahkan berkonsultasi langsung dengan Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? IniĀ  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu