📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab dan Cara Mengatasi Gas Mobil Naik Sendiri

gas mobil naik sendiri

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai permasalahan dan cara mengatasi gas mobil naik sendiri. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan permasalahan tersebut bisa langsung saja Gas mobil adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan dan membutuhkan perawatan. Sayangnya, sampai dengan saat ini ada satu permasalahan dari gas mobil yaitu tiba-tiba naik sendiri.

Kemungkinan besar, di saat sudah terjadi hal tersebut bisa membuat RPM mengalami penurunan lagi. Akibatnya, untuk mobil yang mempunyai transmisi manual bisa menyeruduk di saat proses pelepasan kopling.

Sedangkan, untuk mobil dengan transmisi otomatis dan mengalami gas mobil naik sendiri sangat berbahaya sekali. Apabila, sudah terjadi hal tersebut Anda harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Gas Mobil Naik Sendiri

Penyebab Gas Mobil Naik Sendiri

Pada saat gas mobil naik sendiri harus mengerti permasalahannya terlebih dahulu. Setelah paham mengenai penyebabnya, Anda harus bisa memikirkan mengenai solusi atau langkah yang dapat diambil. Beberapa penyebab dari permasalahan gas mobil naik sendiri adalah:

  • Terdapat permasalahan pada ISC

Penyebab pertama dari permasalahan dari gas mobil yang naik sendiri adalah ada permasalahan pada komponen idle speed control atau ISC. Pada saat terjadi gas mobil naik sendiri ada kemungkinan besar terjadi kebocoran udara di bagian ISC atau terdapat kotoran atau kerak pada uap oli. Maka dari itu, dengan hal tersebut membuat bagian katup servo tidak bisa menutup dan memicu terjadinya RPM tidak stabil.

  • Terdapat masalah pada TPS

Tidak hanya ISC saja penyebab dari gas mobil naik sendiri. Akan tetapi, permasalahan tersebut bisa terjadi, karena terdapat gangguan pada bagian throttle position sensor (TPS). TPS merupakan salah satu komponen mobil dengan fungsi untuk membaca bukaan besaran gas pada throttle gas. Alhasil, dengan hal tersebut membuat komponen stasioner bisa naik secara sendiri meski pedal gas tidak diinjak.

  • Kurang menjaga kebersihan komponen

Penyebab yang paling akhir di saat gas mobil naik sendiri adalah kurang menjaga kebersihan pada beberapa bagian komponen. Gas mobil yang naik sendiri terjadi, karena terdapat beberapa komponen yang tidak bekerja sesuai dengan fungsinya.

Supaya semua komponen mobil bisa bekerja secara optimal, maka Anda harus melakukan perawatan secara maksimal pula. Kurangnya perawatan pada beberapa komponen mobil juga menjadi salah satu penyebab gas pedal mobil bisa naik tersendiri.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Pada permasalahan yang satu ini terdapat beberapa komponen krusial, seperti throttle body, selang selang vakum, saringan udara dan masih banyak lainnya. Sehingga, untuk para pemilik mobil harus benar-benar memastikan semua komponen tersebut tetap terjaga aman.

Baca Juga: Efek Kerak Karbon di Ruang Pembakaran Mobil Anda

Cara Mengatasi Gas Mobil Naik Sendiri

Ketika rpm mobil naik secara sendiri tanpa digas, Anda bisa langsung saja membawa kepada salah satu bengkel mobil supaya mengerti cara mengatasi dan penyebabnya. . Masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu:

  • Mengganti bagian komponen ISC

Cara utama yang dapat dilakukan pada saat gas mobil naik sendiri adalah mengganti pada bagian komponen ISC. Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya, untuk tanda-tanda dari permasalahan yang satu ini adalah terdapat kotoran atau kerak di bagian upa oli mobil.

Sehingga, semua kotoran tersebut akan langsung terisi secara otomatis pada bagian ruang bakar. Langkah yang dapat Anda ambil adalah membersihkan semua komponen tersebut dengan menggunakan lap dan cairan khusus.

Setelah semuanya sudah kembali bersih, Anda bisa menutup lagi katup servo seperti kondisi semula. Apabila kondisi tersebut sudah sangat parah, Anda sangat disarankan untuk segera melakukan pergantian pada komponen ISC dengan yang baru.

  • Mengganti pada bagian komponen TPS

Pedal gas mobil yang naik sendiri dan dibarengi indikator check engine menyala, kemungkinan besar terdapat gangguan pada komponen TPS. Biasanya, untuk permasalahan yang satu ini bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros lagi.

Selain itu, untuk kinerja dari mesin mobil tersebut juga kurang responsif. Supaya tidak semakin parah, Anda bisa langsung saja melakukan pergantian pada komponen TPS dengan yang baru.

Apabila, tidak segera melakukan pergantian bisa merambat pada komponen mobil yang lainnya. Satu hal pentingnya lagi adalah di saat menggunakan cara mengatasi gas mobil naik sendiri yang satu ini harus memilih komponen throttle gas yang akurat.

  • Rutin membersihkan dan merawat semua komponen mobil

Mobil yang dipergunakan setiap hari, tentu saja merasa capek dan ada beberapa komponen harus melakukan perbaikan. Apalagi, untuk masalah komponen gas pada mobil juga harus benar-benar diperhatikan dan tidak boleh dilewatkan atau dilupakan begitu saja.

Jangan sampai menunggu pedal gas mobil bisa naik secara sendiri, karena sangat membahayakan. Supaya tetap aman untuk dipergunakan, pastikan mobil mempunyai perawatan secara rutin.

Bersihkan juga beberapa komponen mobil dengan menggunakan cairan khusus. Selain itu, lakukan juga pembersihan pada bagian selang-selang dan lakukan vakum secara rutin. Pastikan semua komponen tersebut bersih dan tidak mengganggu komponen lainnya.

Terdapat beberapa komponen penting yang harus diperhatikan dan dirawat yaitu air flow sensor unit, saringan udara, injektor bahan bakar dan masih banyak lainnya. Jadwalkan service mobil secara rutin untuk mengecek semua seluruh komponen mobil.

Gas mobil naik sendiri tentunya membuat para pengendaranya merasa panik seketika. Apalagi, di saat jalanan sedang macet pasti membuat pengendara dan penumpangnya merasa takut.

Salah satu perawatan untuk membersihkan komponen-komponen mesin yang terhubung di ruang pembakaran adalah dengan melakukan Jet Clean di Dokter Mobil. Melalui layanan Jet Clean, komponen mesin di sekitar ruang pembakaran akan dibersihkan hingga maksimal dari kerak karbon yang menumpuk dan menghambat aktivitas pembakaran, sehingga mengakibatkan gas mobil naik sendiri. Saat dilakukan Jet Clean, mobil juga akan dilakukan General Check-up hingga di 32 titik secara GRATIS sehingga Anda bisa mengantisipasi jika terdapat komponen yang bermasalah untuk segera diperbaiki.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Penutup

Pada saat sudah mengalami permasalahan tersebut, Anda bisa langsung saja mencari bengkel mobil terdekat. Sebelum memilih bengkel mobil, akan lebih baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu.

Sehingga, dengan riset kecil-kecilan inilah dapat membantu Anda untuk menentukan mana bengkel yang terbaik. Memang, saat ini banyak sekali banyak layanan bengkel yang bermunculan dan bisa dipilih oleh kalangan masyarakat.

Akan tetapi, perlu diingat tidak semua bengkel mobil bisa mengatasi permasalahan gas mobil naik sendiri. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu bengkel tersebut bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Ada salah satu bengkel mobil yang dapat membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu Dokter Mobil. Dokter Mobil adalah salah satu bengkel mobil dengan pelayanan perbaikan mobil secara lengkap. Hampir semua perbaikan mobil bisa dilakukan pada Bengkel Dokter Mobil, contohnya adalah pada gas mobil naik sendiri.

Gas mobil naik sendiri yang diakibatkan oleh komponen pembakaran yang kotor dapat dilakukan layanan Jet Clean di Dokter Mobil. Jet Clean di Dokter Mobil akan melakukan pembersihan komponen-komponen yang berkaitan dengan ruang pembakaran secara menyuluruh dari kotoran kerak karbon yang menumpuk. Kerak karbon yang menumpuk ini seringkali menjadi pemicu aktivitas pembakaran jadi kurang optimal hingga mengakibatkan macetnya berbagai komponen.

Teknisi di Dokter Mobil akan memastikan bahwa proses Jet Clean akan dilakukan dengan maksimal hingga kerak karbon yang menumpuk tak tersisa. Selain itu, layanan Jet Clean juga menyediakan pemeriksaan mobil hingga di 32 titik secara GRATIS sehingga Anda bisa lebih memahami jika terdapat komponen yang bermasalah dan dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.

Maka dari itu, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi dengan kualitas layanan di Dokter Mobil. Lakukan reservasi Jet Clean Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp. Anda juga bisa berkunjung langsung ke cabang Bengkel Dokter Mobil terdekat. Percayakan sepenuhnya masalah perbaikan gas mobil naik sendiri pada mobil kesayangan Anda di Bengkel Dokter Mobil.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇