New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
akibat kabel busi mobil jelek

Penyebab dan Akibat Kabel Busi Mobil Jelek

Munculnya percikan api adalah salah satu akibat kabel busi mobil jelek. Maka, kabel busi perlu diganti agar tak menimbulkan kerusakan lain. Apabila Anda tetap kekeuh menggunakan kabel busi yang tidak sesuai dengan Standart Nasional Indonesia (SNI), bisa jadi menambah masalah yang lebih fatal akibatnya.

Untuk itu, gunakan kabel busi mobil berkualitas agar tidak menimbulkan berbagai dampak buruk yang bisa menyebabkan mesin mobil mengalami kerusakan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang ciri ciri dan akibat menggunakan kabel busi mobil yang tak layak digunakan.

Penyebab Kabel Busi Mobil Jelek

  1. Bahan Material Kabel Busi

Ciri ciri kabel busi mobil jelek ini tidak mengguanakan bahan material berkualitas. Sesuai dengan harganya, kabel busi mobil jelek ini hanya menggunakan bahan material dibawah standart. Sehingga tak heran bilausia penggunaannya pun juga terbilang singkat. Paling lama masa penggunaannya adalah sekitar 1 hingga 2 bulan saja.

Sebab, kabel busi mobil jelek ini mudah sobek dan tidak mampu menghantarkan listrik dari koil busi mobil. Untuk itu, Anda disarankan untuk menggunakan kabel busi mobil berkualitas. Meskipun dari segi harga sedikit lebih mahal. Namun, masa penggunaannya pun lebih lama, yakni berkisar antara 6 hingga 12 bulan waktu pemakaian.

  1. Ukuran Atau Diameter Kabel

Dan ciri kabel busi mobil jelek selanjutnya ini dilihat dari ukuran atau diameter kabel tersebut. Kabel busi mobil jelek ini memiliki ukuran dan diameter kabel yang lebih kecil dibandingkan dengan kabel busi mobil berkualitas.

 Sebab, kabel dengan ukuran dan diameter lebih besar ini mampu menghantarkan listrik dari koil busi ke mesin dalam jumlah besar. Sedangkan, kabel busi mobil jelek ini tidak mampu menghantarkan listrik dengan jumlah besar. Alhasil, mobil Anda kerap mengalami masalah seperti mogok akibat kabel busi mobil jelek.

Akibat Kabel Busi Mobil Jelek Namun Tetap Anda Gunakan

Akan ada beberapa resiko yang bisa saja Anda alami akibat dari penggunaan kabel busi yang tidak sesuai dengan SNI. Untuk itu, ini dia beberapa akibat dari menggunakan kabel busi mobil jelek. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Munculnya Percikan Api Di Bagian Mesin Mobil

Munculnya percikan api di bagian mesin ini merupakan salah satu penyebab penggunaan kabel busi mobil yang tidak berkualitas. Ya, munculnya percikan api ini diakibatkan oleh kebocoran kabel busi.

Bocornya aliran listrik dari koil busi ke mesin mobil ini disebabkan oleh adanya sobekan atau putusnya kabel serabut. Guna mencegah hal tersebut, segera ganti kabel busi mobil jelek dengan kabel busi mobil berkualitas.

  1. Tidak Bisa Menghidupkan Mobil

Kabel busi ini berfungsi sebagai penghantar listrik yang dihasilkan oleh koil busi ke mesin mobil. Apabila kabel busi ini bermasalah, maka Anda tidak dapat menghidupkan mobil. Sebab, tidak adanya aliran listrik dari koil busi ke bagian mesin karena akibat kabel busi mobil jelek.

Baca Juga : ciri kompresor AC mobil rusak

Jadi, moil Anda tidak bisa dihidupkan ini menjadi salah satu akibat kabel busi jelek namun tetap saja Anda gunakan dan tidak menggantinya dengan kabel busi yang berkualitas.

  1. Kabel Busi Meleleh

Kabel busi yang tidak berkualitas ini memang mudah meleleh. Sebab, pembungkus serabut kabel ini terbuat dari bahan yang tidak sesuai dengan standart. Alhasil, kabel busi ini mudah meleleh ketika mesin mobil dalam keadaan panas. Apabila Anda membiarkan kabel busi meleleh. Maka, akan menyebabkan munculnya percikan api di bagian mesin hingga menyebabkan mobil Anda mogok atau tidak mau dinyalakan.

Jadi, Anda wajib selektif dalam memilih kabel busi untuk mobil jangan sampai terjadi kesalahan dan ber akibat kabel busi mobil jelek. Jangan sampai Anda tergiur harga murah namun justru kabel busi yang Anda gunakan adalah kabel busi kurang berkualitas. Akibat kabel busi mobil jelek ini bisa berbahaya.

akibat kabel busi mobil jelek Salah satunya adalah munculnya percikan api di bagian mesin hingga menyebabkan mobil Anda mogok dan tidak dapat dihidupkan kembali. Selain itu, kabel busi tersebut hanya bertahan sekitar 1 ataupun 2 bulan saja. Berbeda halnya jika Anda menggunakan kabel busi berkualitas yang tahan hingga 6 hingga 12 bulan masa pemakaiannya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4232

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya