New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
kompresor ac grand livina

Masalah Kompresor AC Grand Livina dan Cara Menanganinya

Kompresor ac grand livina sobat bermasalah? Memang ada kalanya kompresor akan rusak atau sudah waktunya untuk diganti atau diperbaiki. Seperti pada komponen mobil yang lain, kompresor ac grand livina juga memiliki masa pakai. Apalagi jika sobat sering menggunakan Grand Livina tanpa sering memperhatikan komponen seperti kompresor, freon dan kondensor,

Penyebab kompresor ac Grand Livina rusak

kompresor ac grand livinaAda berbagai macam jenis dan penyebab kompresor ac Grand Livina bisa rusak. Selain karena umur pemakaian atau masa pakai, bisa karena kurang perhatian dari pemilik mobil atau justru ketidaktahuan pemilik mobil bahwa bukan hanya mesin mobil saja yang butuh dirawat. Kompresor ac mobil juga perlu perawatan, terutama menjaga agar oli atau pelumas kompresor tidak habis serta mengecek bagaimana kondisi freon dan selang kompresor tentu saja.

  1. Sekring Putus

Sekring yang putus merupakan sekring dari magnetic clutch. Jika sekring magnetic clutch ini putus maka bisa saja disebabkan karena arus listriknya terlalu besar. Sekring magnetic clutch ini terdapat di fuse box di dalam ruang mesin. Jika bukan dari sekring mungkin relay magnetic clutch nya yang rusak. Relay ini bekerja secara elektromagnetik ketika ac di nyalakan maka arus listrik dengan beban besar akan mengalir ke kumparan magnetic ini.

Nah, jika relaynya rusak maka arus listrik untuk menarik magnetic clutch menjadi terputus sehingga kompresor bisa saja mati . Untuk mengetahui rusak atau tidaknya bisa sobat tukar dengan relay model yang sama. Namun jika sekring benar terputus maka tidak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru.

  1. Oli Kompresor habis

Penyebab kompresor AC mobil bisa karena oli kompresor yang habis. Sama seperti mesin mobil, kompresor juga butuh oli untuk mengurangi gesekan antar bantalan komponen. Beberapa ciri oli kompresor ac mobil habis adalah tenaga berkurang saat ac menyala, adanya suara kasar atau berisik atau bisa disebut juga ngorok dan ac mobil kurang dingin. Jika salah satu ciri ini terjadi pada mobil Grand Livina  anda ada baiknya anda mengecek oli kompresor.

Untuk mengecek oli kompresor anda bisa mendatangi bengkel Dokter Mobil karena hanya di Dokter Mobil yang memiliki alat canggih untuk mengecek oli kompresor. Selain itu, anda juga bisa langsung konsultasi dengan teknisi Dokter Mobil langsung mengenai masalah pada kompresor ac Grand Livina sobat otomotif.

  1. Fan mati

Fan belt ini juga bisa menyebabkan kompresor ac Grand Livina menjadi mati. Pasalnya fan belt ini sendiri berfungsi untuk menghubungkan pulley ac dengan pulley crankshaft di mesin. Jadi jika mesin hidup maka putarannya bisa digunakan oleh pullye kompresor ac untuk memutar pompa dalam kompresor. Jika justru fan belt ini putus, maka tidak ada pilihan lain selain sobat otomotif menggantinya dengan yang baru. Harga fan belt baru sendiri tidak mahal kok sobat otomotif. Kisaran harganya di 150 ribu sampai 175 ribu rupiah.

  1. Kebanyakan Freon atau kekurangan freon

Kapasitas freon yang ada pada kompresor ac Grand Livina bisa saja kebanyakan atau terlalu sedikit. Kalau jumlah volumenya sedikit bisa saja terjadi kebocoran pada selang. Jika freon kurang maka kinerja kompresor menjadi lebih berat. Karena kompresor harus memompa freon ke seluruh sistem ac. Jika dibiarkan kompresor bisa rusak dan mati.

Kelebihan gas freon juga bisa menyebabkan kompresor ac mobil rusak. Jika freon yang diisi terlalu banyak maka pipa ac akan mengalami tekanan yang terlalu tinggi, sehingga arus listrik yang dialirkan langsung ke magnetic clutch akan putus. Jika tekanan ini terlalu berlebihan juga bisa membuat ac tidak dingin. Hal ini dikarenakan freon yang keluar masih berbentuk gas bukan kabut. Padahal normalnya saat freon keluar dari kondensor harusnya sudah berwujud kabut.

Baca Juga : Estimasi Biaya Service AC Mobil Kijang di Bengkel Mobil

Masalah yang sering terjadi pada kompresor ac Grand Livina memang cukup beragam sobat otomotif. Ini saja hanya kompresor belum lagi kondensor dan evaporator. Nah, karena masalahnya berada pada kompresor ac Grand Livina, ada baiknya sobat otomotif membiarkan penanganannya pada yang profesional terhadap masalah ac ini. Seperti bengkel Dokter Mobil yang memang spesialis ac spesialis flushing ac. Jangan khawatir sobat, semua perbaikan yang dilakukan oleh Dokter Mobil dilakukan oleh teknisi profesional dan tentunya perbaikan ini memiliki jaminan tersendiri. Jadi, aman kan ?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 44693

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya