New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
biaya service ac mobil kijang

Estimasi Biaya Service AC Mobil Kijang di Bengkel Mobil

Mengetahui biaya service ac mobil kijang merupakan keuntungan bagi sobat otomotif, hal ini karena mobil kijang masih menjadi pilihan. Terutama bagi keluarga yang menyukai old style seperti saya, dimana bukan merupakan prioritas utama untuk membeli mobil baru. Ditambah mobil kijang sudah merupakan legenda yang patut diacungi jempol karena ketangguhan dan keawetannya selama ini. Jadi, menjadi pilihan tepat untuk mengetahui biaya service ac mobil kijang saat ini. Untuk itu coba anda perhatikan artikel ini.

Penyebab Kompresor AC Rusak

biaya service ac mobil kijang

Seperti yang sobat otomotif ketahui, peranan ac mobil menjadi sangat krusial terutama saat cuaca terlalu panas atau di saat hujan. Oleh karena itu, ac perlulah untuk dijaga kebersihannya. Tentunya agar penggunanya nyaman saat berkendara. Coba bayangkan seandainya ac mobil berbau asam atau tidak enak, seperti bau durian busuk atau baju basah. Apakah anda akan merasa nyaman mengendarai mobil tersebut?

Itu sebabnya AC membutuhkan perawatan layaknya mesin mobil. Perawatannya pun juga harus berkala sama seperti komponen mesin mobil yang lainnya. Nah, dari sekian banyak komponen ac mobil. Ada baiknya anda sering memperhatikan kompresor ac. Hal ini karena kompresor ac merupakan bagian yang paling sering terkena masalah. Pada komponen kompresor ini terdapat piston yang sangat membutuhkan pelumas. Jika kondisi kompresor jarang dicek maka anda tidak akan mengetahui pelumas akan habis. Jika pelumas ini habis maka bisa mengakibatkan kompresor ac menjadi rusak.

Selain itu penyebab lain kompresor ac bisa rusak, yang pertama bisa karena sekring putus. Sekring tersendiri berfungsi untuk meneruskan atau mengalirkan arus listrik ke kompresor. Jika sekring putus maka arus listrik otomatis terputus. Arus yang terputus ini akan mengakibatkan semburan freon ke ac terhenti. Sehingga ac tidak akan mengeluarkan hawa dingin.

Kedua, oli kompresor habis. Oli sebagaimana fungsinya untuk melumasi bagian bantalan pada komponen ac, jika oli atau pelumas ini habis maka komponen akan saling bergesekan menghasilkan panas. Sehingga kompresor tidak akan menghasilkan tekanan tinggi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil.

Ketiga, komponen seal ada yang bocor. Seal ini terbuat dari karet, jika karet retak atau sobek atau bocor maka efeknya ada kelemahan tekanan dari freon ke kompresor sehingga ac menjadi tidak dingin. Keempat, pulley dan pressure plate rusak. Jika komponen ini terjadi kerusakan maka akan mempengaruhi kinerja kompresor sehingga putaran kompresor menjadi tidak maksimal dan akan terdengar bunyi ngorok karena adanya gesekan saat ac dalam posisi on.

Kelima, kipas mati atau lemah. Kipas yang mati atau lemah dapat menyebabkan tekanan pada freon menjadi overheat. Jika terjadi maka dapat membuat kipas menjadi berbunyi atau istilahnya ngorok sampai bocor.

Waktu terbaik untuk Service AC mobil

Service ac yang sesuai ada dua jenis yaitu basic service dan advanced service. Basic service biasanya setiap kelipatan 10 ribu kilometer sampai 20 ribu kilometer. Pada basic service yang dilakukan adalah pemeriksaan dan perawatan kompresor, mengganti oli kompresor dan membersihkan kotoran. Biasanya komponen yang diganti adalah receiver dryer dan filter kabin.

Untuk tipe advanced service paling sering dilakukan tiap 2 tahun sekali. Komponen yang dicek dan diperbaiki juga lebih banyak. Seperti perawatan kompresor, evaporator dan kondensor. Ada juga komponen seperti expansion valve, receive dryer dan filter kabin.

Biaya Service ac mobil kijang

Soal biaya service ac mobil kijang biasanya bergantung pada kerusakan apa yang dialami dan tipe mobil yang akan diperbaiki seperti apa. Misalnya seperti di Jakarta sendiri biaya untuk melakukan service ac kijang berkisar pada rate 300 ribu sampai 400 ribu sedangkan untuk mobil keluaran Eropa seperti BMW dan Mercy dikenakan tarif sekitar 1,5 juta sampai 4 juta. Harga ini biasanya sudah termasuk isi ulang freon. Tapi ada juga yang terpisah, jika terpisah maka rate yang dikenakan berada pada kisaran 200 ribu sampai 250 ribu.

Baca Juga : Langkah Tepat Menghilangkan Bau AC Mobil Sesuai Standar

Selain itu, biaya service ac mobil kijang juga disesuaikan dengan tarif. Jika service ac mobil dikenakan rate sebesar 300 ribu sampai 500 ribu maka servis yang dilakukan hanya perawatan dan pembersihan tanpa penggantian spareparts. Namun jika biaya service ac kijang yang dipatok sebesar 1 juta sampai 1.5 juta maka baru ada penggantian spareparts yang rusak. Sedangkan jika biaya service ac  berada pada kisaran 2 juta sampai 2,2 juta maka sudah termasuk service besar termasuk biaya flushing system dan penggantian oli kompresor.

Jadi, kesimpulannya estimasi biaya service ac mobil kijang adalah 300 ribu sampai 2 jutaan. Oleh sebab itu sebaiknya sebelum melakukan service ada baiknya sobat otomotif, menyiapkan biaya service ac mobil kijang. Harga diatas memang tidak dapat dijadikan patokan ya sobat otomotif. Jadi ada baiknya konsultasi dulu. Nah, kalau sobat otomotif ngga ingin repot, langsung whatsapp Dokter Mobil aja. Apalagi Dokter Mobil lagi ada promo lho jadi biaya service ac mobil kijang lebih murah. Ada baiknya sih tanya-tanya Dokter Mobil. Soalnya Dokter Mobil itu sudah handal dalam dunia per AC an. Pokoknya mobil saya aja ngga rusak-rusak lagi setelah diperbaiki Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5233

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda