New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
ciri kompresor ac mobil rusak

4 Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak Dan Cara Memperbaikinya

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin ini karena kompresor AC mobil mengalami kerusakan. Anda perlu tahu ciri kompresor AC mobil rusak. Sebab, kompresor merupakan komponen paling penting untuk mengubah gas freon menjadi uap dingin. Uap dingin inilah yang dialirkan ke kabin mobil melalui blower AC. Apabila kompresor bermasalah.

Maka, gas freon tidak dapat terserap secara sempurna. Sehingga, blower AC mobil hanya mengalirkan udara panas dan mengeluarkan bunyi seperti orang “ngorok”. Maka dari itu, sebagai pemilik mobil wajib tahu apa saja ciri dari masalah kompresor AC mobil yang rusak beserta tata cara memperbaikinya secara mandiri dirumah

Ini Dia 4 Ciri Kompresor AC Mobil Rusak

Kerusakan pada komponen kompresor AC mobil ini bisa saja membuat komponen mobil lainnya mengalami masalah. Sebab, kompresor ini adalah inti dari pengatur suhu mobil. Sehingga harus segera diperbaiki apabila mengalami kerusakan. Nah, ada 4 ciri dari kompresor yang mengalami kerusakan, yakni :

  1. Muncul Suara Bising Seperti Orang “Ngorok

Munculnya suara bising seperti orang “ngorok” menjadi salah satu ciri adanya kerusakan pada komponen kompresor AC mobil. Suara tersebut muncul akibat adanya gesekan-gesekan dari dalam kompresor, seperti piston kompresor yang tidak terlumasi secara sempurna.

Alhasil, kompresor mobil pun mengalami aus ataupun berkarat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda wajib mengecek oli kompresor mobil. Pastikan kadar oli kompresor tidak kering. Apabila oli kompresor kurang. Maka, isi kembali agar piston kompresor tidak aus atau berkarat.

  1. Berkurangnya Tingkat Kompresi Pada Kompresor AC Mobil

Kompresi ini berfungsi sebagai pemberi tekanan panas pada gas freon yang terhisap pada kompresor. Dengan adanya tekanan kompresi, maka gas freon ini akan berubah wujud menjadi cair. Cairan inilah yang kemudian dialirkan pada kondensor hingga berubah wujud menjadi uap dingin yang ditampung pada evaporator.

 Dari evaporator ini, uap dingin kemudian dialirkan ke kabin mobil melalui blower AC. Apabila tekanan kompresi pada kompresor berkurang. Maka, gas freon tidak sepenuhnya menjadi cair. Alhasil, udara yang disalurkan ke kabin mobil tidak terlalu dingin dan terkesan mengeluarkan uap panas.

  1. Adanya Kebocoran Pada Kompresor

Kebocoran pada kompresor merupakan salah satu ciri dari kompresor mobil yang mengalami kerusakan. Kebocoran pada kompresor ini menyebabkan tumpahnya gas freon ke komponen mesin lain. Tumpahan gas freon inilah yang menyebabkan masalah.

Sebab, mesin mobil dapat mengalami overheating atau kenaikan suhu tidak normal. Sehingga, menyebabkan mesin mobil keluar asap. Oleh sebab itu, segera bawa ke bengkel terdekat apabila mobil Anda mengalami kebocoran pada kompresor AC mobil.

  1. Ketidakstabilan Suhu AC Mobil

Dan ciri terakhir adanya kerusakan pada kompresor adalah ketidakstabilan suhu AC mobil. Masalah ini disebabkan oleh kerusakan pada komponen magnetic clutch. Komponen ini berfungsi untuk mengatur besaran suhu mobil yang dikehendaki oleh pengguna. Apabila Anda mengemudi dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga : Harga Scanner Mobil Injeksi

Maka, suhu mobil ini terlihat tidak ada masalah. Hanya saja, ketika Anda berada di RPM rendah. AC mobil mengeluarkan udara panas. Sehingga, hal ini mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Cara Mengatasi Kompresor AC Mobil Rusak

Apabila kompresor AC mobil Anda mengalami masalah. Maka, Anda dapat mencoba mencari solusi secara mandiri dirumah. Untuk itu, ini dia beberapa cara mengatasi AC mobil rusak. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membersihkan Kompresor AC Mobil

Apabila ciri kompresor AC mobil rusak telah Anda ketahui. Maka, langkah pertama untuk mengatasi masalah kompresor AC mobil ini adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu. Pertama, buka bagian kompresor AC mobil. Gunakan kunci sok atau kunci pas untuk melepaskan kompresor AC mobil. Periksa dan bersihkan kompresor dari debu dan kotoran.

  1. Mengecek Adanya Kebocoran atau Kerusakan Lainnya

Setelah Anda membersihkan kompresor dari debu dan kotoran. Cek kembali kompresor mobil Anda. Apakah ada kebocoran atau kerusakan lain, seperti bearing kompresor aus, piston berkarat, dan masalah lainnya. Apabila ada masalah tersebut. Maka, silahkan bawa ke bengkel guna diperbaiki oleh montir professional.

Kompresor merupakan salah satu komponen AC mobil yang berguna untuk menghisap gas freon dan mengubahnya menjadi zat cair. Ada beberapa ciri kompresor AC mobil rusak yang perlu Anda ketahui. Setelah Anda tahu ciri-ciri kerusakan. Maka, Anda dapat mencari solusi untuk mengatasi kerusakan tersebut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap