New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
scanner mobil injeksi

Harga Scanner Mobil Injeksi Beserta Cara Menggunakannya

Harga Scanner Mobil Injeksi Beserta Cara Menggunakannya – Scanner mobil injeksi merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengetahui data dari ECU, terutama mobil terbaru yang dilengkapi sistem EFI. Data dari ECU (Electronic Control Unit) ini terdapat pada jenis mobil yang dilengkapi dengan sensor EFI (Elektronik Fuel Injection). Sehingga, mobil yang dilengkapi sensor tersebut dapat memudahkan Anda untuk mendiagnosis masalah pada mobil.

Sehingga, Anda dapat dengan mudah mengetahui masalah pada mobil Jadi, untuk mengetahui masalah pada mobil dengan sistem EFI ini dapat Anda lakukan secara mandiri dirumah dengan bantual alat scanner injeksi mobil.

Cara Menggunakan Scanner Mobil Injeksi Secara Mandiri

scanner mobil injeksi

Apabila Anda memutuskan untuk memeriksa kondisi mobil secara mandiri dirumah. Maka, pastikan terlebih dahulu apakah mobil milik Anda menggunakan sistem EFI atau tidak. Setelah itu, pahami terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan scanner injeksi mobil.

Sebab, banyak orang yang tidak mengerti cara penggunaan serta pembacaan data hasil pengecekan menggunakan scanner tersebut. Oleh sebab itu, inilah cara menggunakan scanner mobil injeksi yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pahami Terlebih Dahulu Istilah-Istilah Pada Scanner

Sebelum menggunakan alat tersebut. Maka, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu istilah-istilah pada scanner injeksi mobil ini. Istilah-istilah tersebut seperti :

    • DTC (Diagnostic Trouble Code)

Data hasil output scanner yang menunjukkan gejala atau tanda kerusakan pada sistem EFI yang terdeteksi oleh ECU mobil.

    • Clear DTC

Clear DTC ini berguna untuk menghapus hasil output pemeriksaan EFI oleh sistem ECU mobil.

    • Data Stream

Data stream ini berisikan tentang data pengecekan pada seluruh sistem EFI, mulai dari sistem pengereman, mesin, hingga transmisi mobil)

    • Function Test

Berguna untuk melakukan pengetesan pada komponen mobil, semisal mengukur komponen mesin mobil, mengukur komponen persneling transmisi, hingga mengetes kipas radiator.

Dari sistem Function Test ini, Anda dapat mengetahui apakah komponen-komponen mobil ini dapat bekerja secara normal atau ada kerusakan yang harus diperbaiki. Jadi, dengan menjalankan perintah Function Test. Maka, Anda dapat mengetahui komponen mobil yang rusak hingga menentukan langkah perbaikan lebih lanjut.

  1. Menghubungkan Scanner Ke Soket Diagnosis

Apabila Anda telah memahami istilah-istilah pada alat scanner injeksi mobil. Maka, Anda dapat menghubungkan alat tersebut ke socket adaptor. Socket adaptor ini telah disediakan dalam paket pembelian alat scanner. Jadi, Anda hanya menghubungkannya melalui kabel DLC.

  1. Hidupkan Mesin Mobil Anda

Setelah alat scanner ini terhubung dengan mobil yang akan dites. Kemudian, nyalakan mesin mobil.  Lalu, hidupkan alat tersebut dengan memencet tombol berwarna merah. Tunggu beberapa saat hingga alat ini dalam mode ON.

  1. Pilih Jenis Kendaraan yang Akan Diuji

Apabila alat scanner ini dalam kondisi mode ON. Kemudian pilih jenis kendaraan yang akan diuji. Terdapat beberapa pilihan jenis kendaraan, mulai dari kendaraan dari Benua Asia (Jepang, Korea, Malaysia, dan China), kemudian dari Benua Eropa (Italia, Jerman, dan Inggris), maupun dari Benua Amerika.

 Silahkan Anda pilih terlebih dahulu dengan menggunakan tombol arah yang tersedia pada alat scanner ini.

  1. Mulai Mengetes Sistem Mobil

Setelah menentukan jenis kendaraan yang akan dites. Lalu, Anda dapat menekan pilihan “auto diagnostic”. Kemudian tekan sistem elektronik yang akan dites terlebih dahulu. Anda dapat mengetes bagian mesin, transmisi, maupun rem mobil dengan menggunakan scanner mobil injeksi ini.

  1. Hasil Scanner

Setelah menunggu beberapa saat. Alat ini akan menyajikan data-data hasil scanner mobil. Lalu, Anda dapat membaca informasi yang disajikan dari alat ini. Apabila terdapat kerusakan. Maka, Anda dapat langsung mengunjungi bengkel terdekat guna melakukan perbaikan atas kerusakan mobil Anda.

Berapa Harga Beli Alat Scanner Mobil Ini ?

scanner mobil injeksi

Harga alat scanner mobil injeksi ini memang beragam. Mulai dari harga Rp. 200.000 hingga Rp. 1.500.000 per unit. Untuk harga Rp. 200.000, alat scanner ini tidak tersedia dalam Bahasa Indonesia. Sehingga lebih sulit untuk mengetahui titik-titik kerusakan pada mobil. Sedangkan, untuk unit diatas Rp. 700.000 hingga Rp. 1.500.000 ini telah dilengkapi dengan pilihan Bahasa Indonesia.

Baca Juga : berapa km ganti oli mobil matic

Scanner mobil injeksi merupakan salah satu alat untuk mendeteksi adanya kerusakan pada mobil. Alat ini memudahkan Anda untuk proses pengecekan kondisi mobil secara mandiri dirumah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 98561

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!