New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Tips Bengkel Untuk Mengatasi Mesin Mobil Overheat

mesin-mobil-overheat

Tips bengkel mobil untuk mengatasi mesin mobil overheat dengan beberapa langkah yang harus dilakukan pengemudi saat mengalami overheat. Dalam kondisi jalanan macet, mobil yang sudah berumur lebih dari lima tahun sangat rawan mengalami overheat. Ciri-ciri mesin yang mengalami overheat yaitu indikator temperatur mesin di meter cluster naik, karena suhu di atas normal.

Jika berada dalam kondisi seperti ini, hal pertama yang harus dipastikan adalah, jangan panik. Hal ini disebabkan Anda masih bisa melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu sebelum mobil dibawa ke bengkel untuk pemeriksaan lebih mendalam. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan pengemudi saat mengalami overheat antara lain

1. Pertama, menepikan kendaraan ke tempat yang benar-benar aman dan tidak mengganggu aktivitas mobil lainnya baru kemudian matikan mesinnya.

2. Kedua, diamkan mobil selama 15 hingga 30 menit untuk mendinginkan suhu mesin.

Jika langsung membuka air radiator akan berbahaya, sebab airnya masih panas dan akan membahayakan diri sendiri.

3. Ketiga, setelah 30 menit periksa air radiator, dan motor dinamo untuk memastikan kondisinya.

Jika air radiator berkurang, maka isi kembali sesuai dengan batas maksimalnya baru kemudian kembali menghidupkan mesin

4. Terakhir, jika kondisi temperatur suhu mesin masih tetap tinggi saat mobil mulai berjalan, maka harus segera dibawa ke bengkel.

Karena ada beberapa hal yang tidak bisa dibetulkan sendiri.

Penyebab Lain Overheat

Termostat merupakan komponen yang bertugas mengatur aliran radiator yang keluar dari mesin. Dengan menggunakan klep dari termostat, aliran cairan radiator bisa diatur. Bisa jadi tampilan suhu yang panas ini disebabkan karena kerusakan pada termostat. Thermostat memiliki katup yang bisa menghalangi aliran air. Jadi jika katup rusak, aliran air akan terhenti, akibatnya suhu mesin meninggi.

Kadang Anda perlu melepas selang besar dari mesin ke radiator untuk melepas thermostat. Ambil rumah thermostat dan keluarkan thermostat dari rumahnya. Cara mengecek thermostat adalah dengan cara melepas thermostat dari rumahnya, kemudian letakkan di air yang sedang dimasak, jika temperatur air 60 derajat celcius, lihat apakah katup thermostat membuka, dan saat 80 derajat celcius cek kembali katup tersebut terbuka sepenuhnya. Jika ya, berarti thermostat masih bagus, jika tidak maka thermostat rusak dan harus diganti. Mobil yang panas juga bisa disebabkan karena kipas tidak berputar, penyebabnya bisa sabuk tali kipas rusak.

Sebaiknya segera hubungi bengkel mobil kepercayaan Anda untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada mesin mobil dan menghindarinya menjalar kemana-mana.

Nah, itulah ulasan terkait Tips Bengkel untuk mengatasi Mesin Mobil Overheat. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

6 Cara Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal
Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil
Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya
Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda
Bengkel Para Artis Dokter Mobil dan 8 Alasan Mengapa Wajib Mengunjunginya