📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

9 Cara Memperbaiki Kabel Busi Mobil yang Putus, Simak Penjelasannya!

cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus

Berikut cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus. Apakah Anda pernah mengalami masalah kabel busi mobil yang putus? Jika iya, jangan khawatir! Kabel busi yang rusak atau putus memang menjadi masalah umum yang bisa dihadapi oleh pemilik mobil.

Langkah Mudah Perbaiki Kabel Busi

Namun, Anda tidak perlu panik bagaimana cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap, mudah dan efektif. Mari kita mulai!

1. Mengidentifikasi Kabel Busi yang Putus

Langkah pertama cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus, adalah perlunya tindakan dalam memperbaiki kabel busi mobil yang putus dengan mengidentifikasi kabel yang mengalami masalah. Cermati kabel-kabel busi secara visual dan periksa adanya retakan, sobekan, atau tanda-tanda kerusakan lainnya. Jika Anda menemukan kabel yang rusak, tandai kabel tersebut untuk memudahkan proses perbaikan selanjutnya.

2. Persiapan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus, pastikan Anda telah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Berikut beberapa item yang biasanya diperlukan:

  • Kabel busi pengganti
  • Tang
  • Isolasi listrik (isolasi termal dan elektrik)
  • Gunting kawat
  • Kunci busi

Pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan ini sebelum melanjutkan ke langkah cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus berikutnya.

3. Matikan Mesin Mobil dan Lepaskan Kabel Busi yang Rusak

Sebelum memulai cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus, pastikan mesin mobil dalam keadaan mati. Setelah itu, lepaskan kabel busi yang rusak dari busi dengan hati-hati. Anda mungkin perlu menggunakan kunci busi untuk membantu melepaskan kabel dengan mudah. Pastikan Anda mencatat urutan kabel busi yang Anda lepaskan untuk memudahkan pemasangan kembali nanti.

4. Potong Bagian yang Rusak dari Kabel Busi

Kemudian cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus adalah, Setelah kabel busi rusak dilepas, periksa lagi bagian yang mengalami kerusakan. Jika kerusakan hanya terjadi pada sebagian kecil dari kabel, Anda dapat memotong bagian tersebut menggunakan gunting kawat. Pastikan Anda memotong dengan hati-hati dan hanya membuang bagian yang benar-benar rusak.

5. Pasang Isolasi Termal pada Ujung Kabel Busi

Lalu cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus adalah, Setelah bagian yang rusak dipotong, pasang isolasi termal pada ujung kabel busi yang tersisa. Isolasi termal berfungsi untuk melindungi kabel dari panas yang dihasilkan oleh mesin mobil. Pastikan isolasi termal terpasang dengan rapat dan aman.

6. Sambungkan Kabel Busi Pengganti

Ambil kabel busi pengganti yang telah Anda siapkan sebelumnya. Sambungkan ujung kabel busi pengganti ke busi dengan urutan yang sesuai dengan catatan yang Anda buat sebelumnya. Pastikan koneksi antara kabel busi dan busi kokoh dan aman.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

7. Pasang Isolasi Elektrik pada Koneksi Kabel Busi

Setelah kabel busi pengganti terpasang dengan benar, pasang isolasi elektrik pada koneksi kabel busi. Isolasi elektrik berfungsi untuk melindungi koneksi dari kelembaban dan kerusakan lainnya. Pastikan isolasi elektrik terpasang dengan rapat dan melindungi seluruh koneksi dengan baik.

8. Uji Kabel Busi yang Telah Diperbaiki

Setelah semua kabel busi terpasang dengan benar, hidupkan mesin mobil dan uji apakah kabel busi yang telah diperbaiki berfungsi dengan baik. Perhatikan apakah mesin berjalan dengan lancar dan tidak ada tanda-tanda masalah pada kabel busi yang baru dipasang.

9. Periksa Kabel Busi Lainnya

Setelah selesai melakukan cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus di atas, sebaiknya periksa juga kondisi kabel busi lainnya. Periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan atau keausan pada kabel busi lainnya. Jika Anda melihat tanda-tanda masalah, pertimbangkan untuk mengganti kabel busi tersebut juga untuk mencegah masalah di masa mendatang.

Baca Juga: 3 Cara Menyalakan Mobil Matic Aki Soak, Simak Penjelasannya!

Penutup

Memperbaiki kabel busi mobil yang putus bukanlah hal yang sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat.

Mengidentifikasi kabel busi yang rusak, mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan, serta mengikuti prosedur perbaikan dengan hati-hati akan membantu Anda mengatasi masalah ini.

Ingat, selalu berhati-hati saat bekerja dengan mesin mobil dan jika Anda merasa tidak yakin, lebih baik serahkan perbaikan kepada mekanik yang berpengalaman.

FAQ

1. Apakah saya bisa memperbaiki kabel busi mobil yang putus sendiri?

Ya cara memperbaiki kabel busi mobil yang putus, Anda bisa memperbaiki kabel busi mobil yang putus sendiri asalkan Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat dan memiliki pengetahuan dasar tentang mesin mobil. Namun, jika Anda merasa tidak yakin atau tidak berpengalaman, disarankan untuk meminta bantuan dari mekanik yang terlatih.

2. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki kabel busi mobil yang putus?

Biaya untuk memperbaiki kabel busi mobil yang putus dapat bervariasi tergantung pada merek dan model mobil, serta tingkat kerusakan yang terjadi pada kabel busi. Jika Anda memilih untuk memperbaikinya sendiri, biaya akan lebih terjangkau dibandingkan jika Anda membawanya ke bengkel.

3. Apakah saya perlu mengganti semua kabel busi jika salah satunya putus?

Tidak, Anda tidak perlu mengganti semua kabel busi jika hanya salah satunya yang mengalami kerusakan. Anda dapat mengganti kabel busi yang rusak secara terpisah. Namun, disarankan juga untuk memeriksa kondisi kabel busi lainnya agar terhindar dari masalah di masa mendatang.

4. Apa yang menyebabkan kabel busi mobil putus?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kabel busi mobil putus, seperti penuaan, kerusakan akibat panas mesin yang berlebihan, atau paparan kelembaban yang tinggi. Penting untuk melakukan perawatan rutin dan penggantian kabel busi secara berkala untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.

5. Berapa sering saya perlu memeriksa kondisi kabel busi mobil?

Disarankan untuk memeriksa kondisi kabel busi mobil setiap 12.000 hingga 15.000 kilometer atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil Anda. Perhatikan juga tanda-tanda masalah seperti getaran mesin yang tidak normal atau mesin yang tidak berjalan dengan lancar, karena bisa menjadi indikasi adanya masalah pada kabel busi.

 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/