Artikel

mobil ngelitik di rpm rendah

4 Alasan Mesin Mobil Ngelitik di RPM Rendah & Solusinya

4 Alasan Mesin Mobil Ngelitik di RPM Rendah & Solusinya – Apakah anda pernah mengalami mesin mobil ngelitik di rpm rendah. Jika ya, saya punya beberapa alasan dan solusi cara mengatasinya. Ngelitik atau bahasa trend nya engine knocking adalah pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar sehingga menyebabkan sisa uap bensin terbakar sendiri dari panas mesin bukan dari percikan busi. Jika mesin mobil ngelitik di rpm rendah pasti ada sebabnya. Berikut 5 alasan mesin mobil ngelitik di rpm rendah dan solusinya. Selamat menyimak ya.

4 Penyebab Mesin Mobil Ngelitik di RPM Rendah

  1. Air Flow Kotor

Penyebab mobil ngelitik di rpm rendah yang pertama adalah,
Air Flow berfungsi menghitung debit udara yang masuk ke mesin, kemudian air flow akan mengirim sinyal ke ECU agar komputer tahu berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan saat pembakaran. Jadi jika air flow kotor, sensor air flow tidak akan akurat mengirim data ke ECU.

Solusinya adalah dengan membersihkan air flow caranya adalah lepas air flowdari mesin. Posisi air flow berada diantara air cleaner dan throttle body, lepas kedua baut yang berada di atas dan di bawah. Kemudian untuk membersihkan air flow hanya disemprot menggunakan brake cleaner di bagian dalam dan luar. Hal ini dilakukan agar kotoran yang menempel pada air flow luntur. Jika sudah disemprot, lap dengan lap kering setelah itu pasang kembali.

  1. Deposit Karbon di Intake Manifold

Karbon yang bersarang di intake manifold pasti akan menghambat aliran udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar. Sehingga komposisi campuran udara dan bahan bakar tidak ideal.

Solusinya anda bisa mencuci intake manifold. Untuk mencuci, intake manifold harus dilepas. Hal ini dikarenakan jika mencuci tanpa dilepas malah akan membuat kotoran atau debu yang menempel di badan intake malah nanti masuk ke dalam ruang silinder, ini juga bisa membuat ruang bakar kotor dan silinder menjadi baret. Untuk merontokan kotoran yang menempel pada intake manifold bisa dengan menyemprotkan cairan carbon cleaner secara merata. Jika sudah bersih, untuk mengelapnya bisa menggunakan kain lap untuk membersihkan kotoran yang masih tersisa.

  1. Masalah pada Pengapian

Pengapian di dalam mesin mobil akan mempengaruhi proses pembakaran secara menyeluruh. Jika proses pengapian bermasalah maka kinerja mesin akan menurun. Kerusakan yang sering terjadi pada proses pembakaran biasanya terdapat pada koil busi atau busi itu sendiri. Jika koil busi rusak maka busi tidak dapat memercikkan api di dalam silinder mesin sehingga membuat mesin ngelitik.

Solusinya, anda harus cek koil businya. Caranya pertama siapkan satu buah busi berkondisi bagus (yang berfungsi normal) satu tipe dengan yang dipunyai Avanza anda. Jika tidak ada anda perlu melepas salah satu busi yang terpasang di mobil. Setelah itu melepaskan seluruh soket injector dari injectornya atau kalau anda mengerti, lepaskan relay khusus untuk injector.

Hal itu bertujuan pada saat melakukan cek koil tidak terjadi semburan bahan bakar. Ketiga, gunakan rem tangan dan jangan lupa gigi harus dalam posisi netral, kalau perlu ban di ganjal dengan benda seperti batu bata. Keempat ajak satu orang sebagai helper untuk membantu starter mesin. Lalu setelah anda melepas semua soket injector, gunakan kunci 10 untuk membuka seluruh koil mobil.

Hanya koil saja jangan semua kabel koilnya ya. Pasang busi yang sudah anda siapkan tadi ke koil yang sudah terlepas dari mesin, kemudian pegang bagian belakang koil yang terletak di dekat soket. Setelah itu untuk mendapatkan grounding anda harus menempelkan bodi busi ke bagian bodi mesin. Setelah itu, minta helper starter mesin mobil saat anda memegang koil dengan busi menempel pada bodi mesin. Anda harus perhatikan nyala percikan api yang nyala kuat atau tidak. Jika tidak ada percikan api yang terjadi maka besar kemungkinan koil sudah rusak dan perlu diganti.

Biasanya koil yang bagus akan menghasilkan percikan api yang kuat dan besar pada busi, namun sebaliknya koil yang lemah atau rusak akan muncul percikan api lemah atau malah tidak sama sekali.

  1. Bahan Bakar Tidak Sesuai

Bahan bakar yang tidak sesuai dengan standarisasi pabrikan atau penggunaan bahan bakar beroktan rendah seringkali membuat mobil ngelitik di rpm rendah. Biasanya pada mobil berumur 5 tahun terakhir efek ngelitik bisa diakali dengan menajukan waktu pengapian. Namun, jika hal ini tidak dilakukan oleh professional malah mengakibatkan bahan bakar boros.

Baca Juga : AC Mobil Bau Asem

Jadi solusi pastinya adalah gunakan bahan bakar diatas RON 91 terutama untuk mobil berumur 5 tahun terakhir. Hal ini karena mobil dengan umur 5 tahun terakhir sudah memiliki teknologi mumpuni untuk menghasilkan performa maksimal dan hemat bbm.

Itulah tadi 4 alasan mengapa mobil ngelitik di rpm rendah. Anda perlu tahu hal seperti ini, karena sebagai pengguna mobil anda harus merawat bagian dalam mobil dan luar mobil. Selain itu, saya sudah memberikan solusi jika gejala yang terjadi pada mobil ngelitik ada di salah satu artikel yang saya sebutkan tadi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4789

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :