📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

10 Tips Perawatan Mobil Pasca Banjir

perawatan mobil pasca banjir
perawatan mobil pasca banjir

Memasuki musim hujan Anda harus siap untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan dan mengantisipasi adanya kerusakan-kerusakan tertentu agar performa mobil yang digunakan lebih optimal, apalagi musim hujan rawan sekali terjadi banjir. Bencana terburuknya adalah mobil yang digunakan menjadi rusak setelah terendam banjir. Sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan mobil pasca banjir, ada baiknya untuk mengetahui sejauh mana kondisi mobil dapat diperbaiki. Hal tersebut merupakan langkah awal yang bagus sebab akan berpengaruh pada tingkat kerusakan yang akan diperbaiki dan berapa banyak uang yang akan digunakan untuk melakukan perawatan mobil pasca banjir milik Anda.

Sebenarnya, apakah mobil yang terkena banjir harus diperbaiki atau hanya perlu dilakukan perawatan kecil tergantung dari beberapa faktor diantaranya: tingkat korosi pada kendaraan, jenis air yang mempengaruhi kendaraan, jumlah komponen yang perlu diganti, dan terakhir adalah penggunaan mesin hydrolock atau bukan. Jadi, kondisi mobil yang terendam banjir pada umumnya dapat diperbaiki dan dilakukan perawatan sesuai dengan komponen yang terendam banjir.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana melakukan perawatan mobil pasca banjir dan bagaimana cara membersihkan kendaraan yang sudah terendam banjir. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini tentang 10 tips merawat mobil pasca banjir.

Tips Perawatan Mobil Pasca Banjir

perawatan mobil pasca banjir (2)

  • Jangan Menyalakan atau Restart Mobil

Setelah mobil terendam air dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya untuk tidak membuat kesalahan dengan menyalakan mesin mobil Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari korsleting listrik, oleh karena itu sebaiknya untuk memastikan bahwa semua bagian dalam mobil telah benar-benar kering. Mencegah mobil dinyalakan merupakan langkah dasar dalam perawatan mobil pasca banjir.

  • Memutuskan Semua Sambungan Listrik

Perawatan mobil pasca banjir selanjutnya dapat dilakukan dengan mencabut dan lepaskan baterai atau aki dari mobil serta lepaskan sekering serta sambungan listrik lainnya jika komponen ini terendam air. Melepas sambungan listrik merupakan langkah yang harus dilakukan pertama kali, hal ini tentu saja untuk mencegah terjadinya korsleting listrik agar sistem elektronik pada mobil tidak mati total.

  • Keringkan Semua Bagian Mobil

Setelah mobil terendam banjir baik dalam waktu yang lama atau singkat ada baiknya sebelum melakukan perawatan mobil pasca banjir dilakukan pengeringan pada semua bagian mobil, khususnya pada bagian dalam sistem pengapian yang yang terdiri dari busi, alternator, karburator, koil, filter udara, hingga kabel. Perawatan mobil pasca banjir pada beberapa bagian yang telah disebutkan dapat Anda lakukan sendiri dengan menggunakan pengering rambut. Setelah dilakukan pengeringan, kemudian periksa kembali apakah sistem tersebut berfungsi dengan baik untuk menghindari mobil mogok ditengah jalan.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas, Hindari Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir

Bagian kolong mobil yang seringkali disepelekan pun perlu Anda perhatikan, karena seringkali beberapa komponen di bagian kolong mobil tak seluruhnya terlapisi oleh anti karat sehingga muncul karat di beberapa bagian tersebut karena terkena banjir. Penggunaan anti karat RUSTPRO perlu Anda pertimbangkan dengan baik guna menghindari karat pada bagian-bagian mobil akibat dari paparan air banjir.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  • Kosongkan Tangki BBM Mobil

Tangki bahan bakar dapat menjadi sumber masalah bagi kesehatan dan performa mobil Anda, karena air dapat merembes sehingga pembakaran bahan bakar tidak akan berjalan dengan baik sebab bensin bercampur dengan air. Masalah lain yang dapat ditimbulkan dalam jangka waktu yang lama tidak melakukan perawatan mobil pasca banjir setelah mobil terkena air dalam waktu yang lama yaitu seperti karat mulai muncul dan menyebabkan korosi pada interior tangki, serta menyebabkan kebocoran tangki dalam jangka waktu yang lama. Untuk pencegahan dari karat, Anda bisa menggunakan lapisan anti karat berkualitas seperti RUSTPRO dari Dokter Mobil.

  • Ganti Oli

Mesin mobil dirancang agar kedap air dan dilindungi oleh sealant yang tahan panas. Saat mobil terendam banjir, hanya kemungkinan kecil untuk air merembes ke bagian mesin. Namun, jika mobil pernah mengalami panas yang tinggi selama pemakaian, kemungkinan akan terjadi kebocoran air karena overheating. Tidak hanya itu saja, air juga bisa masuk melalui udara dan merupakan faktor yang paling sering menyebabkan mobil mogok. Lalu, bagaimana untuk memeriksa kondisi oli mobil Anda? Perawatan mobil setelah banjir dengan metode percobaan dapat Anda lakukan dengan mengambil tongkat mobil kemudian lakukan pengetesan, setelah itu akan tahu jika air telah tercampur dengan oli jika warna oli berubah menjadi kecoklatan.

  • Mengeluarkan dan Membersihkan Interior Mobil

Disamping tidak menyalakan mesin untuk melakukan perawatan mobil pasca banjir, Anda perlu membersihkan bagian dalam mobil dengan mengeluarkan barang yang terdapat di dalam mobil. Periksa secara menyeluruh bagian kursi, pintu, karpet, dashboard dan bagian lainnya.

  • Bersihkan Karpet Mobil Secara Terpisah

Kemungkinan karpet mobil yang terkena banjir akan rusak dan sulit untuk dibersihkan karena terdapat lumut dan jamur. Tidak hanya itu saja, tetapi karpet juga menyimpan bau. Oleh karena itu, lepaskan karpet untuk membersihkan secara menyeluruh. Setelah itu karpet baiknya dikeringkan dan dijemur dibawah sinar matahari. Langkah ini merupakan hal yang sangat mudah dalam perawatan mobil pasca banjir.

  • Periksa Panel dan Lampu Mobil

Selain mengecek komponen mesin, kabel, dan komponen pengapian, perawatan mobil pasca banjir selanjutnya jangan lupa untuk mengecek kondisi lampu mobil. Pastikan lampu mobil tidak terdapat air yang merembes atau mengembun. Jika ditemukan air di dalam lampu mobil maka segera lakukan pembersihan dan pengeringan untuk mencegah korsleting listrik.

  • Ganti Cairan di dalam Kendaraan dan Gunakan Silica Gel Untuk Pengeringan di Dalam Kabin Mobil

Jika banyak komponen kendaraan yang terkena air, maka hal yang sebaiknya dilakukan yaitu melepas dan mengganti cairan di dalam kendaraan seperti cairan pendingin, oli, reservoir cairan washer kaca depan, dan cairan transmisi. Setelah itu untuk perawatan mobil pasca banjir yang lebih optimal, Anda dapat menggunakan silica gel yang bagus untuk menyerap kelembaban berlebih dari udara.

  • Rutin Melakukan Pengecekan ke Bengkel Mobil

Setelah menerapkan langkah-langkah yang sudah disebutkan tetapi merasa mobil Anda belum aman, Anda bisa memeriksa kondisi mobil Anda di bengkel resmi atau bengkel terdekat di kota Anda. Anda dapat mengecek mobil di Bengkel Mobil yang tersedia. Memang, dengan memeriksa dan membersihkan mobil di tempat profesional akan menghemat waktu dan lebih terpercaya.

Pentingnya Melakukan Perawatan Mobil Pasca Mobil

perawatan mobil pasca banjir (3)

Dengan melakukan perawatan mobil pasca banjir dapat diperoleh beberapa manfaat untuk mobil Anda diantaranya dapat memperpanjang umur kendaraaan, mobil tetap nyaman, dan manfaat lainnya untuk disimak.

Beberapa kecelakaan kendaraan terkait dengan perawatan kendaraan yang tidak tepat. Misalnya, lalai untuk melakukan perawatan pada bagian rem sehingga rem tidak dapat berfungsi dengan baik saat Anda berkendara. Rem yang bermasalah memungkinkan untuk terjadinya kecelakaan, sebenarnya tidak hanya lem saja melainkan kondisi ban dan tingkat keausan ban. Ban yang tidak terawat dapat mengalami ledakan saat mengemudi, jika mengemudi dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, perawatan rutin pada mobil dapat membantu untuk menghindari rem dan mobil yang aus sehingga dapat berpotensi untuk menyelamatkan hidup pengendara.

Selain melakukan perawatan mobil pada banjir, perawatan mobil secara rutin juga meningkatkan Performa mesin secara langsung berkaitan dengan perawatan yang tepat dan rutin. Kendaraan yang secara teratur melakukan penggantian oli, dan melakukan tune-up secara teratur akan mempertahankan performa mobil Anda.

Bagian kolong mobil biasanya menjadi spot yang banyak terpapar saat mobil melintasi daerah yang banjir. Air dari banjir akan menyebabkan karat pada bagian kolong mobil, seperti sasis, apalagi jika bagian-bagian tersebut tak menggunakan lapisan anti karat. Karat ini akan merusak komponen-komponen tersebut dan justru akan menurunkan harga jual mobil.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by RUSTPRO (@rustpro_indonesia)

Walaupun tak begitu terlihat dari luar, penting untuk melindungi bagian-bagian tersebut menggunakan lapisan anti karat dengan kualitas yang baik. RUSTPRO dapat jadi opsi pilihan terbaik untuk melindungi komponen-komponen mobil agar terhindar dari karat. Karena berbahan dasar karet, yang mana berbeda dari kebanyakan anti karat lain yang berbahan dasar aspal, RUSTPRO lebih tahan dari panas dan dapat ditimpa oleh warna lain jika penggunanya ingin menggunakan pilihan warna lain demi estetika mobil. Selain itu bahan dasar karet ini juga mampu membuat RUSTPRO dapat menjadi pelapis anti karat serta peredam suara yang baik hingga 20 dB.

Memperhatikan hal-hal detail pada mobil kemungkinan besar dapat terhindar tagihan perbaikan yang mahal. Sebaliknya, jika Anda mengabaikan perawatan kendaraan, maka suatu saat akan tiba Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaiki mobil Anda daripada biaya yang dikeluarkan untuk menggantinya.

Dengan memasang anti karat seperti RUSTPRO pada bagian-bagian mobil yang dikhawatirkan timbul karat, untuk perawatan mobil pasca banjir yang dilakukan pun tak akan khawatir akan air banjir yang merusak komponen mobil menjadi karat yang selanjutnya menyebabkan harga mobil jadi turun drastis. Hal ini juga menghindari adanya kemungkinan biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk memperbaiki bagian mobil yang karat dan keropos, sehingga budget Anda pun juga tak akan membengkak.

Penutup

Selain mengecek secara mandiri kondisi mobil pasca banjir, Anda juga membutuhkan tenaga profesional untuk kesehatan mobil Anda. Artinya, mobil juga harus diservis secara menyeluruh. Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan melakukan perawatan mobil pasca terendam banjir di Bengkel Mobil terpercaya dan berkualitas.

Dokter Mobil dapat Anda percayakan sepenuhnya untuk melakukan perawatan hingga tindakan preventif untuk mencegah mobil kesayangan Anda dari kerusakan akibat terkena banjir. Di Dokter Mobil, mobil akan diinspeksi secara menyeluruh dari bumper ke bumper untuk mendeteksi karat dan kerusakan akibat air banjir sehingga perbaikan dan pemulihan mobil pasca-banjir dilakukan secara optimal. Selain itu di Dokter Mobil juga dapat dilakukan tindakan preventif untuk mencegah karat akibat banjir di bagian-bagian bodi mobil menggunakan anti karat RUSTPRO.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/