📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Sering Kecele, Ini Cara Cek Mobil Diesel Bekas

Cara Cek Mobil Diesel Bekas
Cara Cek Mobil Diesel Bekas

Membeli mobil diesel bekas memang bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau untuk memiliki kendaraan pribadi.

Namun, di balik kenyamanan yang ditawarkan, Anda juga harus siap menghadapi risiko kecolongan dengan membeli mobil bekas yang zonk.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan yang cermat sebelum memutuskan untuk membeli mobil diesel bekas.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang cara cek mobil diesel agar tak kecolongan dan memperoleh kondisi mobil yang baik dan layak pakai.

Cara Cek Mobil Diesel Bekas secara Komprehensif

Jika Anda sedang mencari mobil diesel bekas untuk dibeli, maka pastikan untuk memeriksa beberapa hal sebelum Anda membuat keputusan pembelian.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda cek mobil diesel bekas agar tidak kecolongan saat membeli mobil bekas:

  1. Cek Kondisi Mesin dan Suara Mesin

Pemeriksaan mesin pada cek mobil diesel bekas merupakan hal yang sangat penting karena mesin adalah jantung dari mobil.

Coba hidupkan mesin mobil dan perhatikan suara mesin. Jika suara mesin tidak normal, seperti berisik atau ada suara gemeretak, itu mungkin menandakan adanya masalah pada mesin.

Selain itu, periksa juga oli mesin dan pastikan bahwa tidak ada tanda-tanda kebocoran atau kerusakan pada mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Pastikan juga untuk memeriksa transmisi dan sistem pendingin mesin. Jika terdapat tanda-tanda kerusakan atau kebocoran pada mesin, maka sebaiknya Anda berpikir ulang untuk membeli mobil tersebut.

  1. Periksa Kondisi Baterai

Baterai mobil juga merupakan bagian penting dalam yang perlu diperhatikan saat cek mobil diesel bekas. Pastikan baterai mobil berfungsi dengan baik dan tidak bocor.

Anda dapat melakukan tes dengan memeriksa tegangan baterai atau meminta bantuan teknisi untuk memeriksanya. Jika baterai mobil rusak atau melemah, Anda mungkin perlu menggantinya.

  1. Cek Kondisi Suspensi

Suspensi mobil diesel bekas juga perlu diawasi dengan teliti saat cek mobil diesel bekas. Periksa apakah ada tanda-tanda aus atau kerusakan pada suspensi, seperti suara aneh saat melewati jalan bergelombang atau mobil terasa goyah ketika dikendarai.

Pastikan juga bahwa semua perangkat suspensi bekerja dengan baik dan tidak ada tanda-tanda kebocoran pada sistem hidrolik suspensi.

Jika ada masalah pada suspensi, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut.

  1. Periksa Kondisi Ban

Kondisi ban mobil diesel bekas juga harus diperiksa dengan teliti saat cek mobil diesel bekas. Periksa keausan ban, tekanan udara, dan umur ban.

Pastikan bahwa ban memiliki keausan yang seimbang dan tidak ada kerusakan yang terlihat, seperti kembung atau robek.

Pastikan juga bahwa semua ban memiliki tekanan udara yang tepat. Jika ban terlihat rusak atau sudah habis umurnya, maka sebaiknya diganti sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut.

  1. Periksa Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar juga perlu diperiksa dengan teliti saat cek mobil diesel bekas. Periksa apakah ada kebocoran pada selang bahan bakar atau filter bahan bakar.

Selain itu, pastikan juga saat cek mobil diesel bekas bahwa filter bahan bakar tidak pernah terlalu lama tidak diganti.

Filter yang kotor dapat menyebabkan masalah pada mesin, seperti mesin sulit dihidupkan atau bahan bakar tidak terdistribusi dengan baik.

Pastikan juga bahwa pompa bahan bakar dan sistem injeksi bahan bakar bekerja dengan baik.

Jika terdapat masalah pada sistem bahan bakar, sebaiknya segera diperbaiki sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut.

  1. Periksa Transmisi

Transmisi mobil diesel bekas juga perlu diperiksa dengan teliti. Pastikan bahwa transmisi berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah pada transmisi. Anda bisa melakukan tes jalan untuk memastikan transmisi bekerja dengan baik.

Pastikan ketika cek mobil diesel bekas bahwa gigi transmisi dapat beralih dengan mulus dan tidak ada suara aneh ketika mengganti gigi.

Pastikan juga bahwa transmisi tidak terlalu panas saat digunakan. Jika terdapat masalah pada transmisi, sebaiknya segera diperbaiki sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut.

Baca Juga: 6 Gejala Transmisi Mobil Matic Bermasalah

  1. Periksa Cat Mobil

Cat mobil diesel bekas juga perlu diperiksa dengan teliti. Pastikan cat mobil tidak terlalu berkarat atau mengelupas. Kondisi cat mobil yang baik dapat menandakan bahwa mobil pernah dirawat dengan baik.

Selain itu saat cek mobil diesel bekas, periksa juga apakah ada bekas tabrakan atau pengecatan ulang pada mobil.

Jika ada bekas tabrakan atau pengecatan ulang, hal ini dapat menandakan adanya masalah pada mobil.

  1. Lakukan Tes Jalan

Lakukan tes jalan saat cek mobil diesel bekas untuk memastikan mobil diesel bekas berjalan dengan baik dan tidak ada masalah pada mesin, transmisi, atau sistem lainnya.

Coba rasakan bagaimana mobil berakselerasi dan bagaimana responsnya ketika melakukan pengereman.

Perhatikan juga apakah terdapat suara aneh saat berkendara. Jika terdapat masalah pada mobil, tes jalan dapat membantu Anda mengetahuinya.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/