📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

6 Gejala Transmisi Mobil Matic Bermasalah

6 Gejala Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Apa satu komponen yang punya peran penting dalam membuat mobil matic bisa melaju dengan prima? Yup, transmisi mobil. Tanpa sistem transmisi, mobil matic tidak akan mendapat asupan tenaga agar bisa melaju. Sehingga saat transmisi mobil matic bermasalah, tentu perlu segera diberikan penanganan agar laju mobil bisa tetap optimal. 

Seringkali gejala transmisi mobil matic bermasalah tak begitu dihiraukan oleh para pengguna mobil. Hal ini karena banyak pengguna mobil memiliki mindset bahwa kondisi mobil masih sangat bagus apabila mobil masih bisa melaju. Padahal saat muncul gejala transmisi mobil matic bermasalah – meski dalam bentuk yang kecil – hal ini sudah menjadi ‘sinyal’ bahwa mobil harus segera dilakukan penanganan. 

Agar hal ini tak terjadi pada mobil matic Anda dan Anda pun bisa lebih aware pada kondisi transmisi mobil matic yang digunakan, berikut ini adalah gejala-gejala transmisi mobil matic bermasalah yang biasa bermunculan. 

Gejala Transmisi Mobil Bermasalah

Posisi Transmisi Matic saat Macet, Idealnya Di Mana

Kemajuan teknologi telah membuat transmisi mobil matic menjadi salah satu fitur yang paling populer di pasar mobil saat ini. Transmisi ini menawarkan kemudahan berkendara dengan menghilangkan perlu untuk mengganti pengiriman. Namun, seperti jenis transmisi lainnya, transmisi matic juga bisa mengalami masalah. 

Umumnya gejala transmisi mobil matic bermasalah ini bisa berbeda-beda, tergantung dari sumber permasalahannya. Agar Anda tak kebingungan saat muncul gejala transmisi mobil matic bermasalah ini, berikut ini adalah tanda-tandanya. 

  1. Muncul Getaran saat Mobil Melaju

Jika Anda merasakan getaran di saat mobil dijalankan, itu bisa menjadi tanda bahwa transmisi mobil matic Anda bermasalah. Getaran tersebut bisa berasal dari kopling yang memburuk atau mesin yang over-revved – atau kondisi di mana RPM pada mobil terlalu tinggi. Jika Anda menemukan getaran tersebut, Anda harus segera membawa mobil ke bengkel spesialis transmisi mobil untuk dilakukan pemeriksaan.

  1. Muncul Suara Berisik

Suara berisik saat mengendarai mobil dapat menandakan bahwa ada sesuatu yang salah dengan transmisi mobil matic Anda. Suara berisik bisa berasal dari komponen transmisi yang rusak, seperti kopling yang meleleh atau filter yang tersumbat. Jika Anda menemukan suara berisik saat mengendarai mobil, pemeriksaan di bengkel spesialis transmisi mobil adalah pilihan yang tepat.

  1. Pergantian Gigi atau Gear Terasa Lambat

Jika Anda mengalami kesulitan saat mengganti gigi, itu bisa menjadi tanda bahwa transmisi Anda bermasalah. Lambatnya perubahan gigi bisa disebabkan oleh kopling yang meleleh, filter yang tersumbat, atau komponen lainnya yang rusak. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda harus segera mengambil mobil ke bengkel untuk memeriksanya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Konsumsi Bahan Bakar Jadi Lebih Boros

Jika Anda mendapati bahwa mobil matic Anda konsumsi bahan bakarnya jadi sangat boros, itu bisa menandakan bahwa transmisi mobil matic Anda bermasalah. Biasanya, hal ini disebabkan oleh mesin yang over-revved karena tidak ada perubahan gigi yang tepat. Jika Anda mendapati salah satu gejala transmisi mobil matic bermasalah ini ini, Anda harus segera membawa mobil ke bengkel transmisi mobil untuk memeriksanya.

  1. Transmisi Mobil ‘Berkerut’

Jika Anda menemukan bahwa transmisi mobil matic Anda berkerut, itu bisa menandakan bahwa ada masalah dengan transmisi mobil matic Anda. Kondisi ini disebabkan oleh komponen transmisi yang rusak atau bocor. Jika Anda menemukan gejala ini, Anda harus segera mengambil mobil ke bengkel untuk memeriksanya.

  1. Tercium Bau Asam atau Bahan Kimia

Gejala transmisi mobil matic bermasalah selanjutnya adalah munculnya bau asam atau bahan kimia. Aroma tak sedap ini biasanya tercium saat mobil sedang dikendarai atau melaju. Bau ini disebabkan oleh minyak transmisi yang bocor atau komponen lain yang mengalami kerusakan. Jika Anda menemukan gejala ini, Anda harus segera mengambil mobil ke bengkel untuk memeriksanya.

Penyebab Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Penyebab Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Setelah mengetahui seperti apa gejala transmisi mobil matic bermasalah, Anda pun perlu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan transmisi mobil bermasalah. Berikut ini adalah faktor yang menjadi penyebab transmisi mobil matic bermasalah. 

  1. Kopling yang Meleleh

Kopling adalah komponen utama dari transmisi mobil matic. Jika kopling meleleh, itu bisa menyebabkan masalah transmisi. Hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan berlebihan, kurangnya perawatan, atau komponen kopling yang tidak lagi dalam kondisi yang baik. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda harus mengganti kopling dengan yang baru.

  1. Filter yang Tersumbat

Filter transmisi juga penting untuk diperiksa. Filter yang tersumbat atau rusak dapat menyebabkan masalah dengan transmisi, sehingga Anda harus memastikan bahwa filter Anda dalam kondisi yang baik. Jika filter Anda sudah tersumbat atau rusak, Anda harus mengganti atau membersihkannya sesuai kebutuhan.

  1. Beban Mesin yang Berlebihan

Mesin juga harus diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa mesin berjalan dengan baik. Jika mesin over-revved atau terlalu cepat, itu bisa menyebabkan masalah dengan transmisi. Anda harus memeriksa mesin untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan perlu diganti jika tidak.

  1. Komponen Transmisi Mobil Alami Kerusakan

Selain kopling, filter, dan mesin, Anda juga harus memeriksa komponen lainnya untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi yang baik. Komponen seperti seal, katup, dan roda gigi harus diperiksa untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan baik dan perlu diganti jika tidak.

Baca Juga: 6 Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic dan Perawatannya

  1. Minyak atau Oli Transmisi Bocor

Minyak atau oli transmisi juga harus diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa minyak tidak boco. Jika Anda menemukan masalah dengan minyak, Anda harus mengganti minyak atau oli sesuai kebutuhan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya