Artikel

cara memperbaiki transmisi mobil matic

6 Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic dan Perawatannya

Jika Kamu sedang mencari informasi tentang cara memperbaiki transmisi mobil matic serta perawatannya, Kamu berada di tempat yang tepat. Tulisan ini akan membahas tuntas kendala tersebut. Simak penjelasannya hingga selesai agar Kamu tidak salah mengambil tindakan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mobil matic menjadi pilihan banyak orang karena penggunaannya yang lebih praktis dan mudah. Sayangnya, terlepas dari kemudahan penggunaan tersebut mobil matic bisa dibilang lebih rentan mengalami kerusakan terutama bagian transmisi. Hal ini tentu cukup menjengkelkan apalagi jika Kamu sedang tergesa-gesa.

Biasanya, masalah pada sistem transmisi ini timbul karena kurangnya perhatian dari pemilik mobil. Kebanyakan kasus kerusakan memang disebabkan oleh oli transmisi yang tidak diganti dalam waktu cukup lama. Selain itu, usia penggunaan dan kekeliruan dalam pengoperasian bisa menjadi pemicu lain yang mengakibatkan transmisi tidak berjalan normal.

Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

  1. Langkah pertama untuk memperbaiki kendala ini yaitu cukup dengan melakukan reset ECU.
  2. Bila kendala tidak hilang setelah reset ECU, selanjutnya Kamu harus membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di bagian body valve. Kamu juga dapat mengganti oli jika memang diperlukan.
  3. Jika memang harus mengganti oli, maka gunakanlah produk dengan kualitas dan jenis yang direkomendasikan pabrikan.
  4. Masalah belum terpecahkan setelah melakukan 3 langkah di atas? Jika iya, maka Kamu harus menguras oli transmisi.
  5. Selanjutnya, bersihkan bagian-bagian pada sistem transmisi karena bisa saja terdapat kotoran yang mengendap. Jika Kamu tidak paham tentang ini, sebaiknya percayakan proses pengurasan oli ke orang yang lebih ahli.
  6. Pada proses pengurasan setidaknya Kamu harus menggunakan 8 liter oli. Biasanya mobil matic membutuhkan 4-5 liter oli jika yang dilakukan hanya mengubahnya saja. Bersihkan juga bagian komponen-komponen yang langsung dengan sistem transmisi.

Dengan melakukan keenam cara diatas seharusnya mobil Kamu sudah dapat digunakan kembali. Akan tetapi, jika kondisi mobil masih tidak berubah sama sekali maka langkah yang harus diambil adalah melakukan pembongkaran. Dengan overhaul kerusakan yang ada pada sistem transmisi dapat dideteksi secara akurat sehingga proses perbaikan bisa dilakukan lebih tepat.

Tips Perawatan Transmisi Mobil Matic

Selaku pemilik mobil, Kamu juga harus tahu tentang cara merawat mobil khususnya bagian sistem transmisi. Dengan perawatan yang benar, komponen-komponen yang ada pada mobil akan terhindar dari berbagai macam kerusakan. Lalu bagaimana cara merawat sistem transmisi mobil? Simak ulasan berikut ini.

  1. Selalu periksa secara teliti bila Kamu mendengar bunyi atau suara aneh yang keluar. Bunyi aneh tersebut bisa saja menandakan bahwa terjadi masalah pada mobil kesayanganmu.
  2. Jika memungkinkan, lakukanlah servis secara rutin agar kondisi mobil bisa diketahui secara keseluruhan. Disarankan untuk memilih bengkel mobil profesional dan terpercaya. Dengan servis berkala, mobil akan terhindar dari kemungkinan terjadinya kerusakan-kerusakan.
  3. Kamu tentu tahu betul bahwa oli transmisi adalah penyebab yang paling sering ditemui pada kasus ini. Mengganti oli secara rutin adalah perawatan terbaik untuk menghindari kendala tersebut. Waktu terbaik untuk melakukan penggantian adalah ketika warna oli sudah agak kecoklatan.

Baca Juga : Semprotan Antiseptik Ruangan

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki transmisi mobil matic sekaligus tips perawatannya. Dengan menambah wawasan setidaknya Kamu mengetahui tindakan apa yang harus diambil bila terjadi kerusakan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan mobil terutama ketika digunakan. Semoga tulisan ini memberikan informasi bermanfaat khususnya bagi Kamu yang sedang mengalami kendala serupa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :