📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ban Depan Mobil Goyang Saat Jalan? Ini 5 Penyebabnya

Ban Depan Mobil Goyang Saat Jalan, Ini 5 Penyebabnya
Ban Depan Mobil Goyang Saat Jalan, Ini 5 Penyebabnya

Jika Anda sering mengalami gejala ban depan mobil goyang saat jalan, pastinya merasa sangat tidak nyaman. Selain mengurangi kenyamanan, kondisi ini juga dapat mengurangi performa mobil dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Poin Penting:

  • Ban goyang bikin tidak nyaman & berbahaya.
  • 5 penyebab: ban aus/tidak seimbang, suspensi rusak, roda tidak sejajar, kaki-kaki mobil bermasalah, & ban kurang tekanan.
  • Periksa & rawat ban & kaki-kaki mobil secara rutin.

Apa penyebab ban depan mobil goyang saat jalan?

Jawaban: 5 penyebab seperti di atas.

DETAIL ARTIKEL

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab ban depan mobil yang goyang, mulai dari faktor internal hingga eksternal. Beberapa faktor tersebut mungkin dapat diatasi dengan perawatan yang tepat, namun beberapa faktor lainnya memerlukan perbaikan atau penggantian komponen kendaraan.

5 Penyebab Ban Depan Mobil Goyang Saat Jalan

Ban depan mobil yang goyang saat jalan adalah masalah yang cukup sering terjadi dan dapat memengaruhi kinerja mobil serta kenyamanan pengendara. Berikut adalah 5 penyebab ban depan mobil goyang saat jalan dan penjelasan mengenai masing-masing penyebab.

1. Ban yang aus atau tidak seimbang

Ban yang aus atau tidak seimbang bisa menjadi penyebab utama goyangnya ban depan mobil. Jika ban depan sudah terlalu aus atau tidak seimbang, maka mobil akan sulit untuk dikendalikan. Biasanya ban aus atau tidak seimbang disebabkan oleh roda yang tidak seimbang atau jarang melakukan rotasi ban. Sehingga, ban depan tidak memiliki tekanan atau gesekan yang sama, dan dapat menyebabkan ban depan menjadi tidak seimbang dan mengalami goyangan saat jalan.

2. Suspensi yang rusak

Suspensi yang rusak juga dapat menyebabkan ban depan mobil goyang saat jalan. Suspensi merupakan komponen penting dalam mobil karena berfungsi untuk menyerap guncangan saat berkendara. Jika suspensi rusak atau aus, maka mobil tidak akan dapat menyerap guncangan dengan baik. Hal ini dapat membuat mobil menjadi tidak stabil dan menyebabkan ban depan menjadi goyang saat jalan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

3. Roda yang tidak sejajar

Roda yang tidak sejajar atau tidak seimbang dapat membuat ban depan mobil goyang saat jalan. Hal ini terjadi ketika roda yang satu lebih tinggi atau lebih rendah dari roda yang lain. Penyebab roda yang tidak sejajar ini bisa disebabkan oleh perubahan posisi suspensi atau kerusakan pada komponen mobil lainnya.

4. Masalah pada kaki-kaki mobil

Masalah pada kaki-kaki mobil seperti baut yang kendur, bushing yang aus, atau ball joint yang rusak juga bisa menjadi penyebab ban depan mobil yang goyang. Hal ini terjadi karena kaki-kaki mobil adalah bagian yang mendukung berat mobil dan berfungsi sebagai poros roda. Jika ada kerusakan pada kaki-kaki mobil, maka akan mengakibatkan goyangan pada ban depan.

5. Ban depan yang kurang tekanan

Jika ban depan kurang tekanan, maka bisa menjadi penyebab ban depan mobil yang goyang saat jalan. Ban depan yang kurang tekanan dapat membuat mobil menjadi tidak stabil dan memicu goyangan pada ban depan.

Ban depan mobil goyang saat jalan bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu diatasi dengan tepat. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan yang rutin pada mobil, seperti melakukan rotasi ban, mengecek tekanan ban, dan memperhatikan kaki-kaki mobil.

BACA JUGA: 5 Penyebab Mobil Jalan Terasa Goyang yang Jarang Diketahui

Jika Anda mengalami masalah yang serupa, segeralah periksakan kendaraan ke bengkel atau mekanik terpercaya untuk mendapatkan solusi yang tepat dan menghindari risiko kecelakaan di jalan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/