New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Fungsi Tune Up Secara Berkala Pada Mobil

Manfaat dan Fungsi Tune Up Secara Berkala Pada Mobil

Fungsi Tune Up Secara Berkala Pada Mobil – Banyak manfaat fungsi tune up secara berkala pada mobil karena mempunyai mobil memang harus mau meluangkan waktu untuk merawatnya. Jika selama ini Anda hanya tahu bahwa servis kendaraan hanya mengganti oli, ternyata tidak sesederhana itu. Salah satu perawatan berkala yang perlu dilakukan adalah tune up mobil.

Fungsi Tune Up Secara Berkala Pada Mobil

Secara sederhananya, Tune Up Secara Berkala Pada Mobil merupakan servis ringan pada mesin kendaraan bermotor dengan tujuan agar performanya tetap bagus dan tidak menurun. Hal ini perlu dilakukan karena semakin lama kendaraan dipakai dan usianya bertambah tentu kondisinya akan menjadi berbeda dengan yang masih baru. Melakukan tune up membantu menjaga stabilitas performa mobil agar tetap maksimal.

Tune up mobil sendiri harus dilakukan secara rutin agar kendaraan bermotor tetap terjaga stabilitas dan performanya. Tidak heran jika setiap hari bengkel kendaraan pasti penuh, karena banyak yang tidak ingin melewatkan jadwal tune up.

Jika mobil dibiarkan tanpa pemeliharaan rutin, bisa dipastikan kondisi mobil tidak akan prima dan bertahan lama. Pemeliharaan rutin yang umum dilakukan adalah tune up, biasanya enam bulan sampai setahun sekali.

Tujuan Dari Fungsi Tune Up Secara Berkala Pada Mobil

Tune Up Secara Berkala Pada Mobil adalah proses membersihkan saluran pembakaran pada mobil. Karena kerak karbon di saluran pembakaran adalah sumber masalah mobil seperti:

  • Mobil ngelitik
  • Mobil brebet/nyendat
  • Mobil kurang atau sering kehilangan tenaga
  • Keluar asap hitam dari saluran pembakaran
  • Dan berbagai masalah lainnya

Jika anda tidak ingin masalah-masalah tersebut terjadi pada mobil anda,Tune Up Secara Berkala Pada Mobil adalah solusinya. Dengan demikian, tujuan tune UP adalah untuk memastikan bahwa:

  1. Saluran pembakaran mobil kembali bersih seperti baru
  2. Mengembalikan performa mobil seperti semula
  3. Mengatasi masalah-masalah mobil karena kotornya saluran pembakaran
  4. Memastikan performa mobil jadi jauh lebih optimal
  5. Merawat dan memastikan usia mobil jadi lebih panjang

Lantas bagaimana melakukan proses tune up? Apakah bisa dilakukan sendiri? Atau hanya bisa dilakukan di bengkel mobil?

Langkah Tune Up Mobil

Dimulai dari pemeriksaan mendalam ke busi, celah katup, karburator, kabel tegangan tinggi, baterai, distributor hingga ke tali kipas, sistem pendingin, saringan udara dan penyetelan campuran dan putaran idle. Perlakuan tersebut dilakukan dengan urutan pengerjaan dan penyetelan yang aturannya telah dikeluarkan oleh pabrik keluaran mobil kesayangan Anda.

Umumnya, sebelum tune up mobil milik Anda, mekanik akan memanaskan mesin untuk mencari tahu apakah ada permasalahan penting di kendaraan seperti mesin pincang, suara tidak normal dan masih banyak lagi.

Bengkel Tune Up Mobil

Meskipun selama ini banyak yang mencoba untuk tune up sendiri di rumah, dan tampaknya mudah, namun tidak seperti yang dibayangkan. Dalam melakukan pemeriksaan, pengukuran dan pencocokan dengan standar pabrik diperlukan pengetahuan dan ilmu khusus. Belum lagi perbaikan dan penggantian komponen yang jika tidak pas, kendaraan kesayangan malah bisa jadi rusak.

Baca Juga : Cara Atasi 6 Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Fungsi Tune Up Secara Berkala Pada Mobil

Dokter Mobil adalah spesialis tune up mobil dengan pengalaman lebih dari 8 tahun. Dengan mekanik berpengalaman, mesin-mesin berteknologi canggih, dan pengerjaan bergaransi. Selain itu, Dokter Mobil memberikan garansi service di mana masalah seperti brebet, ngelitik, dan asap hitam dapat diselesaikan dengan tune up.

Jika anda membutuhkan bengkel Tune Up Secara Berkala Pada Mobil yang memang berkompeten, silahkan menghubungi Dokter Mobil. Dengan demikian, performa mobil dapat benar-benar naik. Itulah beberapa hal seputar manfaat, fungsi, dan tujuan tune UP mobil dilakukan secara berkala. Semoga membantu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 47962

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya