📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

12 Ciri Filter Udara Mobil Kotor dan Perlu Diganti

Ciri Filter Udara Mobil Kotor dan Perlu Diganti

Filter udara adalah salah satu komponen penting dalam mesin mobil yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke mesin.

Filter udara yang kotor dan tidak diganti secara teratur dapat menyebabkan masalah pada mesin mobil dan mempengaruhi kinerja kendaraan Anda secara keseluruhan.

Ciri Filter Udara Mobil Kotor

Filter udara yang bersih dan berfungsi dengan baik sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil dan memperpanjang umur mesin.

Saat filter udara kotor, jelas performa dan kondisi mobil akan terganggu. Sehingga penting untuk mengetahui ciri-ciri filter udara mobil kotor agar performa dan kondisi mobil senantiasa prima.

  1. Filter Udara Berwarna Abu-abu atau Hitam

Ciri pertama filter udara mobil yang kotor adalah warnanya yang berubah menjadi abu-abu atau hitam.

Warna abu-abu atau hitam pada filter udara mobil menunjukkan bahwa ada kotoran atau partikel yang menempel pada permukaannya.

Kotoran yang menempel pada filter udara berasal dari udara luar yang mengandung debu, serbuk, atau partikel-partikel kecil lainnya yang terhisap ke dalam filter saat kendaraan bergerak.

Kotoran yang menempel pada filter udara mobil dapat menyebabkan masalah pada mesin mobil. Jika filter udara tidak mampu menyaring kotoran dengan baik, maka aliran udara yang masuk ke mesin akan terganggu.

Hal ini akan mempengaruhi kinerja mesin, seperti penurunan tenaga dan efisiensi bahan bakar. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan warna filter udara mobil dan menggantinya secara teratur.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Kepadatan Filter Berkurang

Ciri kedua filter udara mobil yang kotor adalah kepadatannya yang berkurang. Kotoran yang menempel pada filter udara dapat membuatnya menjadi lebih padat dan menyebabkan aliran udara terhambat.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan performa mesin dan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Kepadatan filter yang berkurang dapat mengurangi jumlah udara yang masuk ke mesin mobil, yang dapat mempengaruhi akselerasi kendaraan dan kecepatan maksimumnya.

Selain itu, kepadatan filter yang berkurang juga dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan menghasilkan suara yang lebih keras.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kepadatan filter udara secara teratur dan menggantinya saat diperlukan.

  1. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Ciri ketiga filter udara mobil yang kotor adalah peningkatan konsumsi bahan bakar. Filter udara yang kotor dapat menyebabkan mesin mobil memerlukan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang sama.

Hal ini akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar kendaraan dan dapat meningkatkan biaya operasional kendaraan.

Selain itu, konsumsi bahan bakar yang meningkat juga dapat menyebabkan peningkatan emisi gas buang. Hal ini dapat berdampak pada lingkungan dan kesehatan manusia.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan filter udara mobil dalam kondisi yang baik dan menggantinya secara teratur untuk menjaga efisiensi bahan bakar dan lingkungan sekitar.

  1. Suara Mesin Lebih Keras

Ciri filter udara mobil yang kotor selanjutnya adalah suara mesin yang lebih keras. Kotoran yang menempel pada filter udara dapat menghambat aliran udara yang masuk ke mesin, sehingga mesin bekerja lebih keras dari biasanya. Hal ini dapat menyebabkan suara mesin menjadi lebih keras dan tidak halus.

Suara mesin yang lebih keras dapat menjadi tanda bahwa filter udara perlu diganti secepatnya. Jika filter udara tidak diganti dalam waktu yang cukup, suara mesin dapat semakin keras dan menyebabkan kerusakan pada mesin.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa keadaan filter udara secara teratur dan menggantinya saat diperlukan.

Selain itu, suara mesin yang lebih keras juga dapat menyebabkan gangguan bagi pengemudi dan penumpang.

Hal ini dapat mengurangi kenyamanan berkendara dan mengganggu konsentrasi pengemudi. Oleh karena itu, selalu pastikan filter udara mobil dalam kondisi yang baik untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Baca Juga: Mencari Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar dan Memperbaikinya

  1. Penurunan Performa Mesin

Ciri filter udara mobil yang kotor berikutnya adalah penurunan performa mesin. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara yang masuk ke mesin mobil, sehingga dapat mengurangi tenaga mesin dan efisiensi bahan bakar. Hal ini dapat mempengaruhi akselerasi kendaraan dan kecepatan maksimumnya.

Selain itu, penurunan performa mesin juga dapat menyebabkan kendaraan menjadi kurang responsif dan sulit untuk mencapai kecepatan maksimum.

Hal ini dapat menyebabkan pengemudi merasa tidak nyaman saat mengendarai kendaraan dan dapat berdampak pada keselamatan berkendara.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kondisi filter udara secara teratur dan menggantinya saat diperlukan untuk menjaga performa mesin mobil.

  1. Akselerasi yang Lambat

Ciri filter udara mobil yang kotor lainnya adalah akselerasi yang lambat. Kotoran yang menempel pada filter udara dapat menghambat aliran udara yang masuk ke mesin mobil, sehingga dapat mengurangi tenaga mesin dan efisiensi bahan bakar.

Hal ini dapat mempengaruhi akselerasi kendaraan dan membuatnya menjadi lebih lambat dari biasanya.

Akselerasi yang lambat dapat menyebabkan kendaraan menjadi tidak responsif dan sulit untuk mencapai kecepatan maksimum.

Hal ini dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kondisi filter udara secara teratur dan menggantinya saat diperlukan untuk menjaga akselerasi kendaraan tetap optimal.

  1. Bau Tidak Sedap

Ciri filter udara mobil yang kotor lainnya adalah bau yang tidak sedap. Filter udara yang kotor dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan partikel-partikel kecil yang menempel pada permukaannya.

Hal ini dapat menghasilkan bau yang tidak sedap ketika aliran udara melewati filter.

Bau yang tidak sedap dapat menjadi tanda bahwa filter udara perlu diganti secepatnya. Jika filter udara tidak diganti dalam waktu yang cukup, bau yang tidak sedap dapat semakin kuat dan menyebabkan masalah pada mesin.

Selain itu, bau yang tidak sedap juga dapat mengurangi kenyamanan berkendara dan mengganggu konsentrasi pengemudi.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa keadaan filter udara secara teratur dan menggantinya saat diperlukan untuk menjaga kualitas udara dalam kabin mobil dan kenyamanan berkendara.

  1. Lampu Indikator Menyala

Ciri filter udara mobil yang kotor lainnya adalah lampu indikator yang menyala. Beberapa mobil dilengkapi dengan lampu indikator yang menunjukkan kapan filter udara harus diganti.

Jika lampu indikator menyala, ini menunjukkan bahwa filter udara sudah kotor dan perlu diganti secepatnya.

Jangan abaikan lampu indikator ini karena dapat menyebabkan masalah pada mesin mobil di masa depan.

Jika filter udara tidak diganti dalam waktu yang cukup, hal ini dapat mempengaruhi kinerja mesin dan memperpendek umur mesin mobil Anda.

  1. Penumpukan Kotoran

Ciri filter udara mobil yang kotor selanjutnya adalah penumpukan kotoran pada filter udara. Kotoran yang menempel pada filter udara dapat menyebabkan penumpukan dan menghambat aliran udara yang masuk ke mesin mobil.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan performa mesin dan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Selain itu, penumpukan kotoran pada filter udara juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada mesin mobil.

Jika filter udara tidak diganti dalam waktu yang cukup, kotoran yang menumpuk dapat masuk ke dalam mesin dan merusak komponen-komponen mesin.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa keadaan filter udara secara teratur dan menggantinya saat diperlukan untuk mencegah penumpukan kotoran dan kerusakan pada mesin mobil.

  1. Kinerja Sistem Pendingin Mesin Berkurang

Ciri filter udara mobil yang kotor lainnya adalah kinerja sistem pendingin mesin yang berkurang. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara yang masuk ke mesin, sehingga suhu mesin menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Hal ini dapat mempengaruhi kinerja sistem pendingin mesin dan membuatnya bekerja lebih keras dari biasanya.

Kinerja sistem pendingin mesin yang berkurang dapat menyebabkan mesin mobil menjadi lebih mudah panas dan dapat memperpendek umur mesin.

Selain itu, kinerja sistem pendingin mesin yang buruk juga dapat menyebabkan mesin menjadi tidak responsif dan sulit untuk mencapai kecepatan maksimum.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa keadaan filter udara secara teratur dan menggantinya saat diperlukan untuk menjaga kinerja sistem pendingin mesin mobil dan memperpanjang umur mesin mobil.

  1. Peningkatan Emisi Gas Buang

Ciri filter udara mobil yang kotor lainnya adalah peningkatan emisi gas buang. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara yang masuk ke mesin, sehingga mesin bekerja lebih keras dari biasanya dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih tinggi.

Peningkatan emisi gas buang dapat berdampak pada lingkungan dan kesehatan manusia. Emisi gas buang yang tinggi dapat menyebabkan polusi udara dan dapat membahayakan kesehatan manusia.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi filter udara secara teratur dan menggantinya saat diperlukan untuk menjaga emisi gas buang kendaraan Anda tetap rendah dan menjaga lingkungan dan kesehatan manusia.

  1. Guncangan pada Mesin

Ciri filter udara mobil yang kotor terakhir adalah guncangan pada mesin. Kotoran yang menumpuk pada filter udara dapat menyebabkan mesin bergetar atau mengalami guncangan saat kendaraan bergerak.

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mesin dan memperpendek umur mesin mobil.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa lampu indikator secara teratur dan mengganti filter udara mobil saat lampu indikator menyala atau saat diperlukan.

Secara teratur dan menggantinya saat diperlukan untuk mencegah guncangan pada mesin dan memperpanjang umur mesin mobil.

Membersihkan dan Mengganti Filter Udara Mobil

Membersihkan Filter Udara:

  1. Siapkan alat dan bahan: Siapkan obeng, kompresor angin, dan kain lap bersih.
  2. Lepaskan filter udara: Buka kap mesin dan temukan kotak filter udara. Lepaskan filter udara dari kotaknya.
  3. Bersihkan filter udara: Gunakan kompresor angin untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada filter udara.
  4. Periksa kondisi filter udara: Periksa apakah filter udara masih dalam kondisi baik atau sudah robek, tipis, atau kotor.
  5. Pasang kembali filter udara: Jika filter udara masih dalam kondisi baik, pasang kembali filter udara ke dalam kotaknya. Jika filter udara sudah kotor, ganti dengan yang baru.

Metode Penggantian Filter Udara:

  • Siapkan alat dan bahan: Siapkan obeng dan filter udara baru.
  • Lepaskan filter udara lama: Buka kap mesin dan temukan kotak filter udara. Lepaskan filter udara lama dari kotaknya.
  • Pasang filter udara baru: Pastikan filter udara baru terpasang dengan benar dan kencang.
  • Tutup kembali kotak filter udara: Tutup kembali kotak filter udara dan kencangkan dengan obeng.

Memeriksa Filter Udara:

  1. Periksa visual: Lihat apakah filter udara berwarna abu-abu atau hitam, robek, tipis, atau kotor.
  2. Periksa kepadatan: Tekan filter udara. Jika filter udara terasa lembek, berarti sudah kotor dan perlu diganti.
  3. Periksa indikator: Beberapa mobil memiliki indikator filter udara yang menyala ketika filter udara perlu diganti.
  4. Perhatikan performa mobil: Jika performa mobil menurun, seperti akselerasi yang lambat dan konsumsi bahan bakar yang meningkat, mungkin filter udara perlu diganti.

Tips:

  • Ganti filter udara mobil setiap 20.000 – 40.000 km atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  • Gunakan filter udara yang berkualitas tinggi untuk memastikan performa mesin yang optimal.
  • Periksa filter udara secara rutin, terutama jika mobil sering digunakan di jalan yang berdebu.

Catatan:

  • Membersihkan filter udara hanya bersifat sementara. Jika filter udara sudah kotor dan rusak, sebaiknya diganti dengan yang baru.
  • Jika Anda tidak yakin dengan cara membersihkan atau mengganti filter udara, bawalah mobil ke bengkel terpercaya.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form