📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Cara Cek Kondisi Rem Mobil Agar Terhindari Dari Kecelakaan

5 Cara Cek Kondisi Rem Mobil Agar Terhindari Dari Kecelakaan

Bagi Anda yang belum terlalu terbiasa memeriksa kondisi rem mobil, jangan khawatir! Ada beberapa cara cek kondisi rem mobil yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa rem mobil Anda berada dalam kondisi baik dan siap digunakan di jalan raya.

Dengan melakukan pengecekan secara rutin, Anda bisa mencegah risiko kecelakaan yang disebabkan oleh rem yang tidak berfungsi dengan baik. Yuk, simak tips-tips cek kondisi rem mobil yang dapat membantu Anda dalam memastikan keselamatan di jalan raya!

5 Cara Cek Kondisi Rem Mobil

Memeriksa kondisi rem mobil adalah salah satu langkah penting untuk memastikan keselamatan saat berkendara. Ada lima cara cek kondisi rem mobil yang dapat dilakukan dengan mudah, yaitu:

1. Memeriksa Ketebalan Kampas Rem

Cek kondisi rem mobil yang pertama adalah kampas rem. Kampas rem adalah salah satu komponen penting pada sistem rem mobil. Cek ketebalan kampas rem secara berkala, jika kampas rem sudah tipis, segera ganti dengan yang baru. Jangan tunggu sampai habis, karena bisa menyebabkan gesekan langsung antara cakram rem dengan kaliper rem yang dapat merusak sistem rem secara keseluruhan.

2. Memeriksa Tekanan Rem

Pastikan tekanan rem mobil stabil ketika diinjak. Perhatikan apakah pedal rem terasa lunak atau keras. Jika terasa lunak, bisa jadi terdapat kebocoran pada sistem rem. Sebaliknya, jika terasa keras, bisa jadi kampas rem sudah aus dan perlu diganti.

3. Memeriksa Cakram atau Tromol Rem

Cek kondisi rem mobil bagian cakram atau tromol rem pada mobil Anda. Jika terdapat goresan atau aus, segera ganti dengan yang baru. Cakram atau tromol rem yang sudah tidak berfungsi dengan baik bisa mengurangi kinerja rem mobil dan meningkatkan risiko kecelakaan.

4. Memeriksa Sistem Pengereman Anti-Lock Braking System (ABS)

Sistem ABS sangat penting untuk mencegah roda terkunci saat pengereman, sehingga mobil tetap dapat dikendalikan dengan baik. Pastikan sistem ABS berfungsi dengan baik dan tidak ada lampu ABS yang menyala di dashboard mobil.

5. Memeriksa Cairan Rem

Cek kondisi rem mobil yang terakhir adalah periksa cairan rem. Pastikan cairan rem pada mobil Anda selalu terisi dan tidak kurang. Cairan rem yang kurang dapat menyebabkan kebocoran dan mengurangi efektivitas rem mobil. Jangan lupa untuk mengganti cairan rem secara berkala.

BACA JUGA: 3 Cara Cek Mobil Bekas Tabrakan yang Mungkin Anda Lewatkan

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Kesimpulannya, cek kondisi rem mobil secara berkala sangat penting untuk menjaga keselamatan saat berkendara. Pastikan komponen-komponen pada sistem rem mobil berfungsi dengan baik dan terawat dengan baik untuk menghindari risiko kecelakaan.

Berapa Lama Umur Kampas Rem Mobil?

Untuk mengetahui kapan saatnya kampas rem perlu diganti, Anda dapat melakukan cek kondisi rem mobil secara berkala. Jika kampas rem sudah tipis dan kurang dari 2 mm, maka sebaiknya kampas rem segera diganti dengan yang baru. Sebaliknya, jika kampas rem masih tebal dan lebih dari 4 mm, maka masih dapat digunakan untuk beberapa waktu ke depan.

Adapun estimasi usia kampas rem mobil tergantung pada faktor penggunaan dan kualitas kampas rem yang digunakan. Biasanya, kampas rem mobil perlu diganti setiap 30.000-50.000 km atau setelah digunakan selama 3-4 tahun. Namun, sebaiknya periksa manual book mobil Anda untuk mengetahui rekomendasi penggantian kampas rem mobil dari produsen mobil.

Dengan melakukan cek kondisi rem mobil secara berkala, Anda dapat mengetahui kapan saatnya kampas rem perlu diganti sehingga dapat menghindari risiko kecelakaan akibat sistem pengereman yang tidak berfungsi dengan baik.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!