📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Cara Cek Kondisi Mesin Mobil, Agar Performa Selalu Prima

5 Cara Cek Kondisi Mesin Mobil, Agar Performa Selalu Prima

Anda tentu tidak ingin mengalami masalah pada mesin mobil ketika sedang berkendara, bukan? Oleh karena itu, rajin-rajinlah memeriksa kondisi mesin mobil Anda agar performanya selalu terjaga.

Cek kondisi mesin mobil secara rutin dapat membantu Anda menghindari kerusakan pada mesin dan memperpanjang usia kendaraan.

Jangan sampai mesin mobil yang kurang terawat menjadi biang keladi masalah dan mengganggu kenyamanan Anda selama berkendara. Simaklah artikel ini dengan seksama untuk mengetahui cara cek kondisi mesin mobil yang efektif dan efisien.

5 Cara Cek Kondisi Mesin Mobil

Untuk memastikan performa mobil selalu prima, perlu dilakukan cek kondisi mesin secara rutin. Berikut ini adalah lima cara cek kondisi mesin mobil yang bisa Anda terapkan dengan mudah:

1. Periksa oli mesin

Oli mesin sangat penting dalam menjaga kinerja mesin mobil. Pastikan level oli selalu di atas batas minimum dan juga tidak terlalu penuh.

Periksa juga warna oli, jika berubah menjadi hitam atau kecoklatan, segera ganti oli mesin untuk menjaga mesin tetap bersih dan bekerja dengan baik.

2. Cek air pendingin

Air pendingin juga sangat penting dalam menjaga suhu mesin tetap stabil dan tidak overheat. Pastikan level air selalu di atas batas minimum dan juga tidak terlalu penuh.

Periksa juga apakah ada kebocoran pada sistem pendingin, jika iya, segera perbaiki untuk menghindari kerusakan mesin.

3. Periksa filter udara

Filter udara bertugas menyaring kotoran dan debu yang masuk ke mesin. Pastikan filter udara tidak kotor atau sudah rusak, karena dapat menghambat aliran udara ke mesin dan mempengaruhi performa mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

4. Perhatikan bunyi mesin

Jangan abaikan bunyi-bunyi aneh yang muncul dari mesin mobil Anda. Bunyi-bunyi tersebut bisa menjadi indikasi adanya kerusakan pada mesin.

Perhatikan juga apakah ada getaran atau vibrasi yang tidak normal saat mesin dinyalakan atau saat mobil berjalan.

5. Cek sistem bahan bakar

Pastikan sistem bahan bakar bekerja dengan baik dan tidak ada kebocoran pada pipa bahan bakar.

Periksa juga apakah tekanan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi pabrik. Sistem bahan bakar yang kurang baik dapat mempengaruhi performa mesin dan konsumsi bahan bakar.

BACA JUGA: 8 Cara Cek Mobil Bekas Sebelum Beli, Agar Tidak Keliru!

Cek kondisi mesin mobil secara rutin sangat penting untuk menjaga performa mobil selalu prima. Dengan melakukan lima cara di atas, Anda dapat memastikan bahwa mesin mobil bekerja dengan baik dan mencegah terjadinya kerusakan pada mesin.

Selalu perhatikan dan jangan abaikan tanda-tanda kerusakan pada mesin, karena tindakan awal yang cepat dapat mencegah kerusakan yang lebih parah pada kendaraan Anda.

Apa Saja yang Harus di Cek Ketika Membeli Mobil Bekas?

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk menghemat uang, namun ada risiko tertentu yang harus diperhatikan.

Agar tidak tertipu dan mendapatkan mobil bekas yang terbaik, perlu melakukan cek kondisi mobil sebelum membeli.

Cek kondisi mesin mobil adalah salah satu hal penting yang perlu diperiksa saat membeli mobil bekas.

Sebelum membeli mobil bekas, pastikan untuk memeriksa kondisi mesin mobil terlebih dahulu. Periksa apakah mesin mobil dalam kondisi baik atau sudah mengalami kerusakan.

Cek kondisi oli mesin, air pendingin, filter udara, serta perhatikan bunyi mesin saat mobil dihidupkan.

Selain itu, pastikan juga sistem bahan bakar berjalan dengan baik dan tidak ada kebocoran pada pipa bahan bakar.

Baca juga: 5 Cara Membuat Mesin Mobil Tetap Dingin saat Digunakan

Selain cek kondisi mesin mobil, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas seperti cek kondisi body, kaki-kaki, dan interior mobil.

Dalam melakukan cek kondisi mobil bekas, pastikan untuk memeriksa dengan seksama dan jika perlu bawa mekanik atau ahli otomotif untuk membantu melakukan pengecekan yang lebih detail.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!