📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Mesin Mobil Bunyi? Solusi Terbaik yang Disarankan Dokter Mobil

Mesin Mobil Bunyi

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Mesin mobil bunyi merupakan keadaan yang membuat para pengendara merasa tidak nyaman karena membuat telinga sakit. Bayangkan jika anda harus melakukan perjalanan dengan kondisi mesin mobil yang selalu bunyi yang membuat anda sulit untuk berkonsentrasi. Anda harus segera memperbaiki mesin mobil bunyi anda segera untuk menghindari keadaan yang semakin parah agar anda bisa nyaman kembali saat berkendara.

Selain itu, mesin mobil bunyi juga menandakan bahwa adanya kerusakan di dalam mesin yang menyebabkan keluarnya suara yang mengganggu. Ada beberapa jenis kerusakan dan solusi yang harus anda pahami mengenai jenis suara yang dikeluarkan oleh mesin mobil anda. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab mesin mobil bunyi dan solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya agar mobil anda tetap memiliki performa yang baik saat digunakan dan menghindari suara bising yang mengganggu perjalanan anda.

Penyebab Mesin Mobil Bunyi

Mesin Mobil Bunyi

Mesin mobil bunyi disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu anda curigai sebagai penyebab. Berikut ini adalah komponen yang mengeluarkan bunyi ketika sudah rusak atau aus yang perlu anda ganti atau perbaiki:

– Kompresor AC

Kompresor AC yang kurang oli biasanya mengeluarkan suara yang menderung saat mobil digas. Suara menderung ini tidak selalu berasal dari kap depan tempat komponen-komponen penggerak mobil, namun bisa saja dari kompresor AC dimana metal-metal di dalamnya mengalami gesekan dan keausan karena tidak diberi oli kompresor. Metal yang sudah aus akan menghasilkan bunyi yang berisik saat bergesekan.

Saat anda menggunakan AC, bunyi tersebut akan semakin kuat. Semakin dingin suhu yang anda pasang semakin keras pula bunyi yang keluar dari kompresor.

– Pompa power steering

Untuk mobil lama, biasanya menggunakan sistem hidrolik power steering mesinnya menggunakan pompa. Pompa tersebut digunakan untuk menyuplai energi untuk meringankan beban saat mobil dikemudikan. Jika pompa ini mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan mesin mobil bunyi seperti dengungan saat mobil dibelokkan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

– Bearing pulley pada mesin

Mesin mobil bunyi juga bisa disebabkan oleh bagian pulley mesin. Suara ini biasanya berasal dari kap depan mobil tempat komponen-komponen pulley disusun. Komponen tersebut terdiri dari mesin, tensioner, alternator, dan pulley idler yang harus tetap dalam keadaan optimal agar mesin berjalan dengan baik.

Apabila salah satu komponen pulley mengalami kerusakan atau aus, maka akan keluar bunyi mendengung yang mengganggu telinga anda. Kerusakan salah satu bagian ini sulit dideteksi sehingga anda membutuhkan bantuan bengkel resmi dan terpercaya untuk memperbaikinya.

– Kopel joint

Suara mesin berdengung bisa disebabkan oleh kerusakan atau keausan kapel joint atau poros propeller pada beberapa tipe mobil menggunakan penggerak roda belakang. Komponen ini tentunya hanya ditemukan pada beberapa jenis mobil yang membuat poros propeller fleksibel yang menyebabkan putaran mesin sudut gardan dan mesin dalam keadaan naik turun. Ketika kopel joint ini sudah aus, maka harus segera diganti untuk menghindari kerusakan yang semakin parah.

– Ban mobil

Komponen ban mobil bisa mengeluarkan bunyi yang nyaring ketika ban dibuat dengan satu arah putaran. Ketika anda tidak memperhatikan anak panah yang ditunjukkan sebagai arah putaran pada dinding ban, maka saat anda melakukan rotasi maka akan berisiko akan terjadi kesalahan putaran yang mengeluarkan bunyi yang nyaring.

– Water pump

Water pump yang aus akan mengeluarkan bunyi mesin yang sangat keras. Namun kelonggaran pada water pump juga bisa menimbulkan suara yang keras sehingga mengganggu anda saat melakukan perjalanan. Jika water pump dalam keadaan longgar, anda harus segera mengencangkannya, jika rusak harus segera diganti untuk menghindari bunyi keras yang merusak konsentrasi anda.

– Bearing roda

Kerusakan komponen ini biasanya menjadi sumber mobil mengeluarkan bunyi dengung saat digas. Bearing roda yang biasanya aus adalah bagian depan karena berfungsi untuk menahan beban yang ada pada kendali mobil. Saat bearing roda anda aus, maka akan keluar bunyi gesekan dan dengung yang cukup nyaring.

Anda bisa mengecek sendiri dengan cara mendongkrak mobil dna goyangkan roda mobil secara vertikal. Jika muncul bunyi tersebut, anda harus segera memperbaiki mobil anda ke bengkel terbaik agar tidak terjadi masalah yang lebih besar. Apabila terus dibiarkan, maka dinamo ampere mobil anda juga bisa rusak.

– Pengisian bahan bakar yang kurang sesuai

Mobil yang anda beli pastinya dilengkapi dengan informasi mengenai bahan bakar yang pas berdasarkan rekomendasi dari pabriknya langsung. Saat anda mengisi bahan bakar yang kurang sesuai dengan mesin mobil, maka akan muncul bunyi klotok. Kejadian ini disebut engine knocking.

Mengisi bahan bakar yang tidak sesuai akan menyebabkan proses pembakaran yang tidak sesuai sehingga akan muncul gesekan mirip ketukan logam dari mesin saat mobil melaju dengan kecepatan rendah. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus melakukan tune up dan mengganti bahan bakar yang sesuai dengan mesin mobil anda.

Dibaca Juga: Solusi Tepat Mengatasi Mesin Mobil Kasar Tanpa Ribet

Solusi Mesin Mobil Bunyi

Jika anda memiliki permasalahan mesin mobil bunyi, maka anda bisa membawa mobil anda ke bengkel terpercaya agar segera diperbaiki. Anda bisa melakukan servis yang berguna untuk menghilangkan suara mengganggu tersebut. Berikut merupakan hal-hal yang bisa dilakukan oleh bengkel resmi untuk menghilangkan suara yang berasal dari mesin mobil anda:

– Mengganti parts yang aus atau rusak

Mesin mobil bunyi yang disebabkan oleh bagian-bagian mesin mobil yang rusak dan aus bisa diganti di bengkel yang menyediakan berbagai produk berkualitas. Komponen seperti kompresor AC, bearing pulley mobil, pompa steering, ban, kapel joint, bearing roda, water pump, dan lain-lain yang mengeluarkan suara nyaring harus segera anda ganti.

Anda bisa menggunakan jasa dari bengkel terkini yang sudah berpengalaman masalah mesin yaitu Dokter Mobil. Bengkel ini hadir memberikan layanan yang bisa anda manfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan mesin mobil bunyi anda secara tuntas dan anda juga bisa melakukan konsultasi mengenai layanan yang akan anda dapatkan.

– Melakukan tune up mobil

Tune up merupakan pembersihan kerak karbon dari sisa pembakaran dari mesin sampai ke saluran injectornya. Kerak karbon tersebut mampu menghambat pembakaran yang sempurna yang akan menyebabkan tenaga mobil berkurang dan boros bahan bakar.

Jika sudah terlanjur mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin mobil, anda harus segera melakukan tune up. Anda bisa menggunakan layanan tune up di dokter mobil yang telah terbukti memberikan hasil yang maksimal pada para pelanggannya. Tune up di Dokter Mobil akan membuat mobil anda memiliki tenaga yang maksimal namun tetap tidak boros bahan bakar.

Service di Dokter Mobil Sebagai Bengkel Terbaik

Dokter mobil hadir memberikan pelayanan terbaik yang sudah dibuktikan dengan berbagai testimoni baik dari pelanggan setia. Anda juga harus mencoba layanan yang ditawarkan karena sudah memiliki sertifikat standar ISO 9001:2015 tentang Quality Management System yang menandakan bahwa semua layanan yang anda peroleh berkualitas internasional.

Selain itu, permasalahan anda akan diselesaikan dengan teknologi canggih yang bergaransi serta ditangani oleh tenaga ahli. Permasalahan mobil anda juga diselesaikan karena Dokter Mobil mampu menjamin akurasi pengecekan, serta memberikan layanan yang cepat dan memuaskan.

Demikianlah informasi mengenai mesin mobil bunyi yang bisa anda pahami agar mobil anda tidak mengeluarkan bunyi berisik lagi. Dokter mobil hadir sebagai solusi yang bisa memperbaiki mobil anda dan mengembalikan performanya secara optimal. Anda tidak perlu ragu karena layanan yang diberikan sangat berkualitas dan memuaskan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *