📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Mobil Tidak Responsif? Penanganan Terbaik Untuk Kalian

Mobil tidak responsif

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Mobil tidak responsif merupakan keadaan dimana mobil anda tiba-tiba tidak memiliki tenaga. Mobil tidak responsif akan merugikan anda karena tidak bisa digunakan untuk melakukan perjalanan sehari-hari. Hal ini tentu harus diatasi agar mesin mobil kembali bertenaga dan bisa digunakan seperti semula.

Faktor penyebab mobil tidak responsif beragam dan harus dilakukan pengecekan untuk memastikan mengapa mobil anda tiba-tiba tidak bertenaga saat digunakan. Berikut ini merupakan penyebab mesin mobil anda tidak memiliki tenaga dan solusi yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan performa mobil anda.

Penyebab Mobil Tidak Responsif

Mobil tidak responsif

Kondisi ini mungkin karena konsumsi bahan bakar yang sangat boros atau bisa saja karena penumpukan kerak karbon sisa pembakaran yang tertimbun di mesin tempat pembakaran bahan bakar. Anda bisa menyimak informasi berikut untuk mengetahui faktor yang sering menjadi penyebab mobil tidak responsif:

– Kompresi mobil bocor

Mesin yang kurang bertenaga bisa disebabkan oleh tekanan kompresi mobil yang sudah lemah yang disebabkan oleh kebocoran yang terjadi. Tekanan kompresi ini memiliki pengaruh besar terhadap performa mesin mobil anda. Jika tekanannya kurang, maka bahan bakar akan sulit dibakar dan tidak memberikan tenaga yang cukup untuk menggerakkan mesin.

Anda bisa menganalisis kejadian ini dengan memperhatikan ciri-cirinya yaitu mobil yang sangat sulit dihidupkan pada pagi hari, tenaga mesin yang berkurang, mengeluarkan asap putih dari bagian knalpot, oli mesin seringkali habis padahal diganti sesuai jadwal, dan mesin mobil mengeluarkan suara kasar yang mengganggu.

– Ring piston mobil sudah aus

Komponen rusak lainnya bisa disebabkan oleh ring piston mobil anda sudah aus dan menyebabkan mobil tidak responsif. Bagian luar dari ring piston mobil kerap bergesekan dengan dinding silinder pada saat mobil dihidupkan yang menyebabkan friksi yang awalnya sangat kecil namun lama kelamaan akan semakin besar. Hal ini bisa terjadi jika anda jarang mengganti oli secara berkala yang membuat ring piston anda semakin aus.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Hal ini bisa dihindari dengan cara melakukan pergantian oli mesin mobil sesuai dengan waktunya. Tujuannya untuk mengurangi friksi kecil tersebut membesar dan menghindari mobil anda tidak bertenaga.

– Blok silinder mesin mobil aus

Blok silinder merupakan jalur pergerakan ring piston yang akan aus jika kurang mendapatkan pelumas. Komponen ini memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan ring piston namun lebih cepat juga ausnya sehingga harus dirawat dengan baik untuk tetap mengoptimalkan performanya.

– Adanya kebocoran pada klep

Klep atau katup bisa membuat mobil anda kurang bertenaga karena kebocoran yang terjadi. Klep ini berfungsi sebagai pintu masuk material pembakaran yaitu udara dan bensin dari intake serta menjadi pintu keluar dari gas buang mesin ke knalpot mobil.

Kini, banak mesin mobil yang memiliki double katup (DOHC) dimana satu silinder terdapat dua katup intake dan dua katup exhaust yang akan memperlancar pemasukan dan pengeluaran material di mesin mobil. Jika terjadi kesalahan dalam penyetelan katup, tekanan kompresi akan berkurang sehingga tenaga mobil juga akan hilang.

– Gasket kepala silinder

Packing atau gasket kepala silinder yang sudah robek karena umur yang sudah terlalu lama bisa menyebabkan mobil anda kurang bertenaga. Fungsi dari komponen ini adalah merapatkan blok silinder dan head silinder yang sama-sama terbuat dari logam. Apabila komponen ini tidak ada, maka kompresi akan mengalami kebocoran sehingga mobil tidak akan responsif.

– Sela busi

Penyebab lainnya adalah seal busi yang sudah rusak atau retak. Jika hal ini terjadi, anda harus mengganti busi karena seal busi dan businya satu paket dimana jika satu bermasalah kedua komponen tersebut harus diganti secara bersamaan.

– Penumpukan kerak karbon di mesin pembakaran

Salah satu faktor yang paling sering terjadi adalah penumpukan karbon yang terjadi di ruang bakar mesin pada mobil anda. mobil tidak responsif ini bisa disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna di dalam mesin pembakaran yang diakibatkan oleh ketidaksesuaian bahan bakar yang dimasukkan dengan kebutuhan mobil anda.

Selain itu, debu dan uap oli mobil juga bisa menyebabkan penimbunan kerak dari hasil hisapan intake sehingga ruang pembakaran menjadi kotor. Penumpukan kerak karbon tersebut akan mempersempit ruang bakar yang meningkatkan rasio kompresi. Hasilnya adalah mobil tidak responsif dan kurang bertenaga.

Solusi Mobil Tidak Responsif

Solusi untuk mendapatkan performa mobil anda kembali dapat dilakukan d bengkel resmi yang berkualitas. Anda bisa melakukan perbaikan sesuai dengan kerusakan yang terjadi. Bengkel yang sudah berpengalaman pastinya mengetahui bagaimana cara penanganan yang tepat dalam memperbaiki mobil tidak responsif.

 Berikut ini adalah solusi yang sering dilakukan oleh bengkel resmi:

– Mengganti seluruh komponen yang rusak dan aus

mobil tidak responsif bisa disebabkan oleh bagian-bagian mesin mobil yang sudah aus atau rusak. Kerusakan yang terjadi harus segera diperbaiki agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lain. Anda bisa melakukan pengecekan pada bengkel yang sudah berpengalaman dibidangnya untuk mendapatkan solusi dari permasalahan mobil anda.

Dengan mengganti beberapa bagian yang aus, anda bisa mengembalikan performa mobil anda seperti sebelumnya. Jika bengkel tersebut profesional, anda juga akan diberikan saran untuk menjaga bagian-bagian tersebut agar tidak mudah rusak.

– Melakukan tune up mobil

Tune up berguna untuk membersihkan segala kerak karbon yang ada di dalam mesin mobil anda hingga tuntas. Kerak karbon yang menumpuk di dalam mesin mobil anda sering menjadi penyebab pembakaran bahan bakar tidak terjadi secara sempurna sehingga harus dibersihkan dan dibuang. Kerak karbon ini mampu mengurangi tenaga mobil serta membuat mesin mobil anda semakin boros bahan bakar.

Hasil dari proses tune up adalah mobil yang memiliki performa yang optimal sama seperti sebelumnya. Selain itu, tune up juga mampu mengurangi beban mesin yang tidak wajar sehingga part lainnya lebih awet.

Salah satu bengkel resmi yang sudah terbukti memiliki kualitas pelayanan terbaik adalah Dokter Mobil. Bengkel ini sudah dikenal oleh masyarakat sebagai bengkel yang mampu menjawab segala permasalahan mobil anda.

Dibaca Juga: Mesin Mobil Bunyi? Solusi Terbaik yang Disarankan Dokter Mobil

Kualitas Pelayanan Dokter Mobil

Anda bisa mempercayakan mobil anda kepada penanganan yang dilakukan oleh Dokter Mobil. Bengkel resmi ini telah menawarkan sistem kerja yang berkualitas internasional sehingga anda tidak perlu khawatir karena segala permasalahan mobil yang anda miliki akan diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Dokter mobil memiliki teknologi yang canggih dan sudah terstandarisasi ISO 9001:2015 yang memiliki fokus meningkatkan kualitas pelayanan otomotif di Indonesia. Bengkel ini merupakan spesialisasi tune up yang memberikan solusi terhadap mobil tidak responsif sehingga anda tidak perlu ragu akan pelayanan memuaskan yang diberikan.

Selain itu, Dokter Mobil juga memberikan garansi pada setiap pekerjaan yang dilakukan yang bisa anda klaim jika penanganan yang dilakukan tidak membuat anda puas atau mobil anda tetap dalam keadaan yang kurang baik. Anda bisa melakukan reservasi jika memiliki permasalahan mengenai mobil anda yang kurang bertenaga agar segera dilakukan servis untuk mengembalikan keadaannya seperti awal anda membelinya.

Cukup sekian informasi tentang mobil tidak responsif yang bisa anda baca. Anda bisa melakukan servis di Dokter Mobil yang sudah terbukti memberikan pelayanan terbaik yang menjamin kepuasan anda. Anda juga akan mendapatkan konsultasi dan layanan cepat dan maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *