New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara membersihkan mesin mobil

Inilah Cara Membersihkan Mesin Mobil Dengan Mudah

Seiring perjalanan waktu serta lingkungan, ruang mesin mobil lambat laun akan menjadi kotor dan kusam dan ada banyak Cara membersihkan mesin mobil. Jika mobil memiliki kebocoran halus pada bagian head atau sekitarnya, tentunya bekas rembesan oli ini akan mengotori bagian mesin. Selain itu faktor debu juga bisa membuat tampilan mesin mobil tidak sedap dilihat. Membersihkan mesin mobil tidaklah begitu sulit namun jika dilakukan tidak benar maka akan muncul masalah.

Inilah Cara Membersihkan Mesin Mobil Anda

servis mobil suzuki terdekat

Jika mesin terlihat bersih, orang lain akan menilai pemilik mobil sangat merawat kendaraannya namun jika mesin mobil terlihat kotor atau jorok, harga jual kendaraan akan dipengaruhi oleh kebersihan. Sebenarnya cara membersihkan mesin mobil tidaklah sulit. Namun tidak seperti membersihkan bagian body mobil karena disekitaran mesin terdapat bagian sensor atau kelistrikan yang sangat sensitif terhadap air. Pastikan kita mengetahui bagian ruang mesin agar tidak asal membersihkannya. Alih-alih ingin mesin terlihat menawan, hasilnya malah mobil mogok atau ada masalah pada kelistrikannya.

  • Lindungi beberapa bagian

Jika menggunakan metode semprot, pastikan pemilik mobil sudah membungkus kotak sekring atau bagian relay yang sangat sensitif terhadap air dengan menggunakan plastik. Perhatikan bagian kabel yang mungkin saja terdapat luka atau terkelupas. Gunakan daya semprot air yang tidak terlalu kencang untuk menghindari adanya bagian part yang terlepas akibat semprotan air.

  • Gunakan Lap Basah

Beberapa salon mobil atau tempat cuci mobil menawarkan pelayanan kebersihan ruang mesin, tetapi ada beberapa tempat cuci mobil yang asik menyemprot bagian ruang mesin tanpa merasa bersalah. Jika hal ini diserahkan pada salon mobil. Biasanya menggunakan lap basah terlebih dahulu untuk membersihkan ruang mesin agar tidak ada bagian kelistrikan yang bermasalah. Memang cara ini lebih lama dibandingkan dengan menyemprot langsung bagian mesin namun dipastikan cara ini lebih aman.

  • Menggunakan Sabun Secukupnya

tidak ada yang salah jika menggunakan sabun, karena sabun mobil atau deterjen bisa membuat kotoran seperti minyak cepat terangkat. Pastikan penggunaan sabun tidak berlebihan karena jika komposisi sabunnya berlebihan akan membuat bekas sabun terlihat saat mesin sudah kering.

  • Gunakan sikat halus

Jika ada noda membandel, gunakan sikat halus agar cover mesin tidak rusak karena beberapa tipe mobil menggunakan cover plastik yang rentan baret jika terkena gesekan. Untuk bagian mesin yang terbuat dari besi, bisa menggunakan amplas halus. Karena beberapa bekas oli akan sangat susah hilang jika memang sudah terlalu lama tidak dibersihkan.

Baca Juga : Komponen yang Diperiksa Jika Melakukan Service Mobil Berkala

Apabila bagian mesin sudah bersih dari kotoran, alangkah baiknya jika bagian dalam mesin juga turut ikut perawatan cuci darah. Cuci darah mobil adalah istilah dari menguras bagian oli mesin sebersih-bersihnya sehingga tidak ada oli bekas yang tertimbun selama bertahun-tahun. Hal itu Akibat pengurasan oli kurang sempurna sehingga bisa menimbulkan kerak pada bagian dalam mesin. Manfaatnya sangat baik untuk performa kendaraan sehingga oli dapat tersikulasi dengan baik tanpa adanya campuran oli sisa yang biasanya berjumlah 200-300 mili di dalam mesin.

Hubungi Dokter Mobil untuk Membersihkan Mesin Mobil Anda

Dokter mobil memiliki alat khusus untuk melakukan perawatan cuci darah pada kendaraan, dengan pengalaman bertahun-tahun akan memastikan kendaraan terawat dengan baik tanpa adanya masalah. Sehingga mesin akan terjaga kesehatannya, umur mesin pun menjadi lebih panjang dengan performa yang tetap stabil layaknya seperti mesin baru. Di Dokter mobil juga menyediakan jasa cuci mesin mobil sehingga mobil terlihat bersih baik dari luar maupun dari dalam.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya