New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Pengecekan untuk Mencari Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Mencari Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar dan Memperbaikinya

Suara mesin mobil kasar sering menyebabkan rasa khawatir yang cukup mengganggu selama pengguna mengendarai mobilnya di perjalanan. Sebab, hal ini pasti merupakan sebuah pertanda kerusakan pada mobil. Hal yang paling buruk, suara kasar ini bisa menyebabkan mobil mogok alias mesinnya mati secara tiba-tiba. 

Bagaimana kalau mobil mogok terjadi pas di tengah jalan yang benar-benar asing untuk kamu dan tidak ada bengkel terdekat? Pastinya sangat menyusahkan dan bikin panik, kan?

Faktor Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Nah, sebelum hal ini terjadi, untuk kamu pemilik mobil yang suara mesinnya kasar, mari sama-sama kita cari tahu penyebabnya serta cara untuk menangani masalah ini!

Terjadinya knocking

Kamu kurang familiar dengan istilah knocking? Knocking adalah kondisi yang terjadi akibat pembakaran kurang sempurna. Mobil akan mengalami knocking apabila kamu memilih menggunakan bensin yang nilai oktannya kurang dari standar yang sudah ditentukan. Saat suhu mesin mobil kamu lebih tinggi, knocking akan terasa. Biasanya, terdengar suara mesin mobil yang mengetuk dan lama kelamaan suara mesin semakin kasar.

Lalu, bagaimana cara mencegah terjadinya knocking? Kamu harus menggunakan bensin yang nilai oktannya tepat. Kalau tekanan kompresi mesin mobil kamu adalah 10,5, kamu sebaiknya memilih bensin dengan oktan di atas 95. Dengan begitu, kamu sudah mengurangi resiko terjadinya suara mesin mobil yang kasar akibat terjadinya knocking.

Suara Mesin Mobil Kasar Karena Masalah Oli

Tahukah kamu? Oli punya beberapa tingkatan tekstur yang berbeda-beda, mulai dari 10W-40 hingga 0W-20. Semakin kecil angkanya makin encer tekstur oli tersebut. Biasanya, angka ini tertera pada kemasan oli. Bukan berarti oli yang encer itu tidak bagus, ya. Semua tergantung pada jenis mesin mobilnya. 

Kalau kamu menggunakan jenis oli yang tidak sesuai dengan kendaraanmu, nantinya suara mesin mobil akan terdengar kasar ketika digunakan. Oh iya, selain jenis tektur yang cair akibat bawaan dari pabrik, oli juga bisa semakin cair kalau digunakan dalam waktu yang lama, lho. Jadi, kalau mesin mobil kamu tidak cocok dengan oli yang encer, pastikan kamu mengganti oli secara teratur, supaya teksturnya tetap sesuai dengan mesin mobil kamu, ya!

Ada masalah pada bearing mobil

Bearing mobil berfungsi untuk menghalangi terjadinya gesekan pada komponen yang satu dengan komponen lainnya. Memiliki bentuk bantalan, bearing mencegah gesekan yang bisa terjadi saat mesin sedang panas. Kalau terlalu tinggi, panas yang dihasilkan bisa berbahaya, lho. 

Lihat Juga: Suara Mesin Mobil Mendengung

Nah, saat bearing ada dalam kondisi yang normal, saat mesin mobil menjadi panas, bearing akan memuai. Tapi kalau bearing sudah bermasalah, misalnya saja aus, bukannya memuai, bearing akan menyebabkan mesin mengeluarkan bunyi yang kasar. Solusinya, pastikan kamu mengecek kondisi bearing ini secara rutin.

Celah katup mobil yang jaraknya tidak tepat

Batang katup adalah salah satu komponen penting yang terbuat dari logam. Bagian ini bisa memuai akibat panas. Antara batang katup dan rocker arm ada celah katup yang jaraknya sudah diatur sedemikian rupa. Biasanya berukuran 0,2 hingga 0,3 mm. Nah, apabila jaraknya tidak tepat, misalnya saja terlalu rapat, nantinya batang katup bisa tertekan dan bergesekan dengan rocker arm. Gesekan ini akan menimbulkan bunyi mesin mobil yang cukup berisik. 

Solusinya, kamu perlu melakukan penyetelan celah katup seperti semula. Dengan begitu, mobilmu tidak akan mengeluarkan suara mesin yang berisik dan mengganggu telinga.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu beberapa penyebab suara mesin mobil kasar. Lakukan pengecekan yang sudah dijabarkan di atas, supaya suara mesin kamu bisa normal kembali, ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya