📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Suara Mesin Mobil Kasar Setelah Ganti Oli, Kok Bisa?

Suara Mesin Mobil Kasar Setelah Ganti Oli

Ketika mengganti oli mobil, kita mungkin berharap mesin mobil akan berjalan lebih lancar dan tanpa suara yang kasar. Namun, apa yang terjadi ketika setelah mengganti oli, suara mesin mobil justru semakin kasar? Ternyata, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan suara mesin mobil kasar setelah ganti oli. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab-penyebab suara mesin mobil kasar setelah ganti oli, serta memberikan tips untuk menghindari masalah ini dan menjaga kondisi mesin mobil tetap baik.

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar Setelah Ganti Oli

Setelah mengganti oli mobil, Anda mungkin mengalami suara mesin yang kasar dan tidak nyaman. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari suara mesin mobil yang kasar setelah ganti oli, yang perlu diketahui:

  1. Oli yang Kurang atau Terlalu Banyak

Penyebab suara mesin mobil kasar setelah ganti oli yang pertama adalah penggunaan oli yang kurang atau terlalu banyak. Setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda mengenai jumlah oli yang diperlukan. Jika Anda menggunakan oli kurang, maka mesin mobil akan menjadi kasar karena kurangnya pelumasan pada mesin. Sebaliknya, jika menggunakan oli terlalu banyak, mesin mobil dapat menjadi berdengung atau berisik. Hal ini terjadi karena oli yang berlebihan tidak dapat dikembalikan ke sump untuk digunakan kembali. Sehingga, oli yang berlebihan akan menyebabkan tekanan di dalam mesin menjadi tinggi dan mengakibatkan mesin menjadi kasar.

  1. Kualitas Oli yang Buruk

Penyebab suara mesin mobil kasar setelah ganti oli yang kedua adalah penggunaan oli yang buruk atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrik mobil. Oli yang buruk atau tidak berkualitas dapat menyebabkan suara mesin yang kasar atau berisik. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan bahan kimia yang buruk pada oli tersebut yang dapat merusak atau mempercepat keausan komponen mesin. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrik mobil atau oli yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan mobil Anda.

  1. Filter Oli yang Kotor

Penyebab suara mesin mobil kasar setelah ganti oli yang ketiga adalah filter oli yang kotor atau tidak terganti dengan baik. Filter oli yang kotor atau tidak terganti dapat menghambat aliran oli yang baik dan dapat menyebabkan suara mesin yang kasar. Selain itu, filter oli yang kotor dapat mempercepat keausan pada komponen mesin karena kurangnya pelumasan yang baik. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengganti filter oli setiap kali melakukan penggantian oli pada mobil Anda dan pastikan untuk menggunakan filter oli yang berkualitas baik.

  1. Suhu Mesin yang Terlalu Tinggi

Penyebab suara mesin mobil kasar setelah ganti oli yang keempat adalah suhu mesin yang terlalu tinggi. Ketika suhu mesin terlalu panas, minyak pelumas pada mesin dapat menjadi tipis dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan mesin mobil menjadi kasar atau berdengung. Suhu mesin yang terlalu tinggi dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti kondisi jalanan yang buruk, terlalu sering menggunakan rem, atau kondisi pendingin yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk menghindari suhu mesin yang terlalu tinggi, pastikan untuk memeriksa kondisi pendingin mesin, hindari penggunaan rem yang terlalu sering, dan jangan mengemudi di jalan yang tidak rata terlalu lama.

Baca Juga: 5 Penyebab Mesin Panas Berlebihan yang Harus Kamu Ketahui

  1. Masalah pada Komponen Mesin

Penyebab suara mesin mobil kasar setelah ganti oli yang kelima adalah masalah pada komponen mesin, seperti piston, klep, atau bearing. Masalah pada komponen mesin dapat menyebabkan suara mesin yang kasar, dan seringkali memerlukan perbaikan yang lebih serius. Contohnya, piston yang rusak atau aus dapat menyebabkan suara mesin yang kasar dan berisik saat mesin mobil dihidupkan. Klep yang rusak atau aus juga dapat menyebabkan suara mesin yang kasar dan seringkali disertai dengan gejala lain, seperti hilangnya tenaga mesin dan suara knalpot yang tidak biasa.

  1. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai dengan Jenis Mesin Mobil

Penyebab suara mesin mobil kasar setelah ganti oli yang keenam adalah penggunaan oli yang tidak sesuai dengan jenis mesin mobil. Setiap jenis mesin mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, termasuk jenis oli yang digunakan. Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan jenis mesin mobil dapat menyebabkan suara mesin yang kasar atau berdengung. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrik mobil atau yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan jenis mesin mobil Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Karbonisasi pada Mesin

Penyebab suara mesin mobil kasar setelah ganti oli yang ketujuh adalah karbonisasi pada mesin. Karbonisasi adalah proses penumpukan deposit karbon pada bagian dalam mesin mobil yang terjadi akibat sisa pembakaran dan proses pengoksidasiannya. Deposit karbon yang menumpuk pada mesin dapat menghambat aliran oli dan udara yang lancar, sehingga dapat menyebabkan suara mesin yang kasar atau berdengung. Penumpukan karbon juga dapat mempercepat keausan komponen mesin dan menurunkan performa mesin mobil.

Cegah Suara Mesin Mobil Kasar Setelah Ganti Oli dengan Perawatan Intensif di Dokter Mobil

Suara mesin mobil kasar setelah ganti oli memang bisa terjadi kapanpun dan di manapun selama penanganan pada mobil Anda tidak sesuai dengat standar pabrikan mobilnya. Untuk itu, pastikan agar memberikan perawatan yang intensif baik sebelum dan sesaat setelag ganti oli mobil hanya pada yang terbaik saja, di Dokter Mobil!

Pergantian oli mesin di Dokter Mobil menggunakan metode Cuci Darah, ditenagai oleh mesin flushing dan oil flushing. Oli-oli kotor yang ada di tangki oli akan tersedot dan dibersihkan dengan maksimal sehingga oli baru yang diisi akan terjaga kemurniannya. Selain itu, oli yang digunakan pun merupakan oli 9 Circle, asli produksi dari Jerman yang dibuat dengan nilai Total Base Number (TBN) yang tinggi, sehingga tidak mudah menguap dan daya tahannya jauh lebih tangguh di suhu tinggi sekalipun.

Jika suara mesin mobil kasar setelah ganti oli tetap terasa, Anda bisa mencoba salah satu layanan unggulan di Dokter Mobil, yakni tune up Jet Clean. Jet Clean akan membersihkan seluruh deposit karbon yang menumpuk di berbagai komponen mesin yang terhubung dengan proses pembakaran, sehingga proses pembakaran dapat berjalan optimal dan suara mesin pun jadi lebih halus.

Kedua layanan ini dapat Anda dapatkan di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia. Sayangnya, banyaknya pengguna mobil yang mempercayakan kedua layanan ini sehingga perlu waktu tunggu jika langsung datang ke bengkel. Agar tak harus menunggu, pastikan untuk lakukan reservasi via WhatsApp di 0813-9860-1800 (atau hubungi di sini) ataupun juga bisa mengisi formulir reservasi daring di sini. Sehingga Anda akan langsung diarahkan menuju lokasi cabang Dokter Mobil terdekat tanpa harus menunggu antrean dengan lama.

Akhir Kata

Dalam memperhatikan faktor-faktor di atas, Anda dapat meminimalisir kemungkinan suara mesin mobil kasar setelah ganti oli. Selain itu, perawatan dan servis yang tepat dan teratur juga sangatlah penting untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap baik dan menghindari kerusakan yang lebih serius pada mesin mobil. Pastikan percayakan pada yang terpercaya hanya di Dokter Mobil. Karena apapun masalahnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3467

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya