Artikel

suara mesin mobil kasar saat dingin

4 Faktor Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar saat Dingin

Salah satu masalah mobil di pagi hari ialah suara mesin mobil kasar saat dingin. Bikin jengkel sebab pasti merusak mood pagi hari. Saat suara kasar, tidak lain dan tidak bukan, berarti ada komponen mobil yang terkena penyakit. Sayangnya, ada banyak komponen yang berpotensi kena penyakit apabila analisa hanya berdasarkan suaranya.

Oleh sebab itu, pernah lelah dan segan berkonsultasi dengan bengkel kepercayaan. Sebab dari konsultasi bisa ditemukan titik cerah solusi masalah mobil Anda. Untuk itu, sebagai bekal konsultasi dengan mekanik, Anda perlu mengetahui penyebabnya.

Kenapa suara mesin mobil kasar saat dingin?
Cek Faktor Penyebabnya

suara mesin mobil kasar saat dingin

Ada beberapa faktor yang membuat suara mesin mobil kasar saat dingin. Setiap faktor perlu diselesaikan dengan mekanisme berbeda-beda.

  1. Bearing mesin

Suara mesin mobil kasar saat dingin yang pertama dapat diselesaikan dengan Bearing, Bearing adalah bantalan pengganjal dua komponen yang bergesekan. Ada banyak bearing dalam sebuah mesin mobil. Jumlahnya bisa ratusan. Saat mesin dinyalakan, bearing akan mulai memuai. Bearing yang bagus tidak akan menimbulkan kendala saat aktivitas memuai terjadi.

Sebaliknya, bearing yang jelek, akan mengalami masalah saat aktivitas memuai. Saat bearing jelek memuai, maka akan timbul bunyi. Tapi bunyi itu tidak akan terdengar dengan jelas karena kalah dengan bunyi mesin.

Bearing yang jelek biasanya disebabkan oleh kotoran yang dibawa arus oli. Karena itu, perawatan dan penggantian oli secara rutin adalah kewajiban pemilik mobil.

  1. Katup mesin

Katup mesin sebuah mobil umumnya berjarak 0,2 mm hingga 0,3 mm. Fungsi jarak tersebut sebagai ruang memuai katup mesin. Bila jarak ini tidak ideal, efeknya adalah suara mesin mobil kasar saat dingin.

Saat jarak katup mesin terlalu renggang, akibatnya adalah bunyi berisik. Sedangkan bila jarak katup terlalu sempit, maka akan menimbulkan getaran dan bunyi kasar. Oleh sebab itu diperlukan perawatan untuk menjaga kondisi katup mesin yang ideal.

Apabila katup mesin bermasalah, suara yang ditimbulkan akan terdengar jelas dan berisik. Saat itulah, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan mekanik bengkel kepercayaan Anda.

  1. Pembakaran nanggung

Pembakaran nanggung atau tidak sempurna akan mengakibatkan knocking. Penyebab paling umum pembakaran nanggung adalah kualitas bahan bakar rendah. Alias kadar oktan bensin tidak sesuai dengan spesifikasi mesin.

Selain kualitas bahan bakar, kondisi ruang bakar juga bisa jadi masalah. Apabila kotoran menumpuk di ruang bakar, maka sudah pasti akan terjadi knocking.

Suara mobil yang mengalami knocking sebenarnya terdengar jelas dan tidak normal. Solusi masalah knocking ada di bengkel kepercayaan Anda. Saat di sana, mobil akan mendapatkan perawatan dan tune-up untuk menghilangkan knocking.

  1. Kekentalan oli

Faktor penyebab berikutnya adalah masalah kekentalan oli. Masalah ini terlihat sepele tapi mampu membuat mobil bermasalah. Oli yang baik adalah oli dengan tingkat kekentalan oli yang sesuai dengan kondisi mesin dan iklim.

Untuk mobil-mobil di Indonesia, ada beberapa tingkat kekentalan oli yang disarankan berdasar usia kendaraan. Untuk mobil yang berusia di bawah 5 tahun, sebaiknya menggunakan oli dengan SAE 0W-20. Sedangkan yang berusia 5-10 tahun ke atas sebaiknya memakai oli dengan SAE 10W-40.

suara mesin mobil kasar saat dingin

Baca Juga : Mesin Mobil Matic Tiba-tiba Mati

Bila sebuah oli encer dimasukkan ke mesin mobil yang membutuhkan oli kental, efeknya adalah suara kasar dari mesin mobil. Untuk itulah perlu diperhatikan kebutuhan oli mesin mobil Anda. Selain itu lakukan juga penggantian oli secara rutin. Sebab oli di dalam mesin bisa menjadi encer karena terlalu lama tidak diganti.

Itulah 4 penyebab suara mesin mobil kasar saat dingin. Kunci utama menjaga performa mesin adalah perawatan rutin. Berbagai penyebab yang dijabarkan di atas rata-rata disebabkan oleh tidak adanya perawatan rutin yang dilakukan pemilik kendaran. Karena itu, jangan lupa perawatan rutin, ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 14528

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :