📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Mobil Jadi Lebih Enteng setelah Dicuci, Mitos atau Fakta?

mobil jadi lebih enteng setelah dicuci

Ketika berbicara mengenai perawatan mobil, sering kali muncul berbagai mitos dan fakta yang beredar di masyarakat.

Salah satunya adalah anggapan bahwa mobil akan terasa lebih enteng setelah dicuci. Namun, apakah hal ini hanya mitos ataukah fakta yang dapat dipercaya?

Menurut Ko Lung Lung seorang penggemar otomotif yang berpengalaman, dalam salah satu konten ‘#MitsoatauFakta’ bagian ke-24 yang tayang di kanal Youtube Dokter Mobil Indonesia pada 1 Desember 2023, dia meyakini bahwa mobil yang kotor memiliki masalah dalam pembuangan panas.

“Kadang-kadang kalau mobil lu kotor, itu kan panasnya tidak bisa dibuang ya oleh si mobil, ketika habis dicuci, ya otomatis lu datang dengan mobil yang panas dan habis dicuci dia engine-nya lebih dingin, olinya lebih dingin, coolant-nya lebih dingin, otomatis mobil lu akan perform, lebih optimal daripada sebelumnya,” jelasnya.

Hal ini menunjukkan bahwa membersihkan mobil dapat membantu mengoptimalkan kinerja mesin dan komponen lainnya.

Namun demikian, Ko Lung Lung juga menegaskan bahwa mobil yang kotor dapat menyebabkan masalah serius.

“Makanya gua ga suka mobil jorok, karena ya itu balik lagi, jorok. Itu benar-benar tidak bisa membuang panas dengan baik dan biasanya sih bikin rusak,” ujar Ko Lung Lung menambahkan.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan mobil bukan hanya untuk alasan keindahan tampilan saja, tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan kinerja mesin.

Terkait dengan penggunaan bahan bakar, Ko Lung Lung mengatakan bahwa penggunaan RON91 yang diisi dengan pertalite tidak masalah, asalkan penggunaannya tidak ekstrem.

“Ya gak masalah sih bro kalau selama lu pakainya nyantai, ya kalau buat lu racing ya ga enak gitu kan, kalau lu pakai hari-hari paling mentok lu tune up aja setahun dua kali, beres,” ujarnya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hal ini menunjukkan bahwa pemilihan jenis bahan bakar juga perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan penggunaan mobil.

Adapun terkait dengan mencuci bagian bawah atau kolong mobil, Ko Lung Lung menegaskan bahwa hal ini sebenarnya penting untuk menjaga kondisi mobil.

“Tergantung bro cucinya dimana, kalau lu celupin ke sungai, iya rusak, yah kalau lu cucinya di tukang cuci mobil, harusnya sih enggak karena kan sering cuci kolong. Gua juga mewajibkan setiap kali gua cuci mobil, cuci kolong karena kenapa kenapa? Kadang-kadang kalau kolong itu lecet ketutupan kotoran, itu lu ngga kelihatan dan lecet, itu bisa berubah menjadi karat, gua gak mau mobil gua karatan,” jelasnya.

Namun, dia menyarankan agar menggunakan semprotan air dari bawah mobil dengan hati-hati dan tidak menggunakan tekanan tinggi yang dapat merusak sensor-sensor mobil.

So, meskipun terdapat beberapa mitos seputar membersihkan mobil dan penggunaan bahan bakar, namun tetap diperlukan pemahaman yang baik dan tindakan yang bijaksana untuk merawat mobil dengan baik.

Membersihkan mobil secara rutin dapat membantu mengoptimalkan kinerja dan menjaga keawetan mobil, namun tetap diperlukan penanganan yang tepat dan hati-hati untuk menghindari kerusakan atau masalah lainnya.

Tayangan lengkap Ko Lung Lung di konten ‘MitosatauFakta’ bagian ke-24 bisa Anda saksikan melalui link berikut ini.

Buat Anda yang mendapatkan keluhan seputar mobil, seperti AC mobil tidak dingin, muncul bunyi-bunyi pada kaki-kaki, atau masalah lainnya, silahkan bawa ke bengkel Dokter Mobil terdekat!

Bersama kami, semuanya dijamin beres dan GRATIS general check up! Tunggu apa lagi? Reservasi sekarang melalui nomor WhatsApp CS kami di 0877-4400-0871 atau klik link reservasi berikut ini!

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

 

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

5 Penyebab Busi Mobil Mati Satu

5 Penyebab Busi Mobil Mati Satu

Busi mobil mati satu dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi pemilik mobil. Mesin yang tiba-tiba berhenti tanpa alasan yang jelas dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!