📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Beberapa Ciri Alternator Mobil Bermasalah

Alternator mobil bermasalah

Alternator mobil bermasalah tak jarang ditemui oleh sejumlah pemilik kendaraan. Ketika alternator mobil bermasalah, maka hal ini dapat mengganggu kinerja dari komponen kendaraan lainnya. Oleh sebab itu sangat penting untuk mencari tahu beberapa ciri dari alternator mobil bermasalah sebelum masalah tersebut menjadi semakin serius.

Ciri-Ciri  Alternator Mobil Bermasalah

Alternator mobil bermasalah

  1. Lampu yang Redup atau Terlalu Terang

Ciri alternator mobil bermasalah yang pertama adalah lampu mobil yang menyala redup atau terlalu terang. Ketika alternator mulai gagal berfungsi, maka ia memberikan tegangan yang tidak konsisten ke perangkat elektronik mobil Anda. Umumnya, itu berupa peralatan yang kinerjanya kurang atau lebih, seperti lampu depan yang terlalu redup atau sangat terang. Anda juga mungkin mengalami lampu yang berkedip-kedip atau lampu yang berubah dari terang menjadi redup dan sebaliknya.

Dibaca Juga: Ini Dia, Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah Serta Bagaimana Cara Unutuk Mengatasinya

  1. Aki Mati

Terkadang baki mati hanyalah sekadar aki mati belaka. Aki mencapai akhir masa pakainya setelah beberapa tahun digunakan, atau mungkin Anda secara tidak sengaja membiarkan lampu depan menyala sepanjang malam. Namun, di lain waktu, aki yang mati bisa menjadi tanda bahwa alternator mobil bermasalah.

Alternator mobil bermasalah tidak akan cukup mengisi daya baterai saat mesin hidup, menyebabkan daya habis lebih cepat dari biasanya. Salah satu cara untuk menguji apakah masalahnya terkait dengan baterai atau alternator adalah dengan menjumpstart mobil. Jika Anda menjumpstart mobil Anda dan tetap berjalan, baterai Anda mungkin perlu segera diganti. Namun, jika Anda memulai mobil dan mati lagi segera setelah itu, itu mungkin berarti alternator Anda tidak mendapatkan daya yang cukup untuk aki.

  1. Komponen Elektronik Lambat atau Tidak Berfungsi

Alternator yang tidak memasok daya yang cukup ke komponen elektronik mobil Anda sering kali menyebabkan aksesori lambat atau tidak berfungsi. Jika Anda memperhatikan jendela Anda membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk muncul ke atas atau ke bawah, atau jika AC Anda terasa “mati”, atau bahkan jika speedometer dan instrumen lainnya mulai rusak, Anda mungkin mengalami masalah pada alternator.

Banyak kendaraan modern juga memiliki daftar prioritas peralatan yang diprogram ke dalam mobil yang memberi tahu komputer onboard di mana harus memotong daya terlebih dahulu jika alternator tidak memasok listrik yang cukup. Dengan begitu, jika Anda mengemudi dengan alternator yang rusak, Anda akan kehilangan daya ke radio Anda (atau aksesori tidak penting lainnya) sebelum kehilangan daya ke lampu depan Anda.

  1. Masalah Starter atau Stalling

Seperti disebutkan sebelumnya, masalah menghidupkan mesin Anda mungkin berarti alternator Anda gagal mengisi baterai. Ini berarti bahwa ketika Anda memutar kunci kontak, yang akan Anda dengar hanyalah bunyi klik, bukan dengkuran mesin Anda. Di sisi lain, jika mobil Anda sering mogok saat dikendarai, itu mungkin pertanda busi tidak mendapatkan daya yang cukup dari alternator untuk menjaga mesin tetap hidup.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Muncul Suara Kebisingan

Mobil mengeluarkan banyak suara yang berbeda, beberapa tidak berbahaya sementara yang lain dapat menunjukkan masalah mekanis yang serius. Jika Anda pernah mendengar suara geraman atau rengekan yang datang dari bawah kap mesin, Anda mungkin mengalami masalah pada alternator, yang harus diperiksa oleh mekanik profesional

Suara geraman atau rengekan ini terjadi ketika sabuk yang memutar puli alternator menjadi tidak sejajar atau bergesekan dengan sisi puli. Anda mungkin juga mendengar suara ini jika bantalan yang memutar poros rotor rusak.

  1. Bau Karet atau Kabel Yang Terbakar

Bau dari karet atau kabel yang terbakar dapat menunjukkan bahwa bagian-bagian alternator Anda mulai aus. Karena sabuk penggerak alternator berada di bawah tekanan dan gesekan yang konstan, dan karena dekat dengan mesin yang panas, maka sabuk tersebut dapat aus seiring waktu dan mengeluarkan bau karet terbakar yang tidak menyenangkan.

Demikian pula, jika alternator Anda bekerja terlalu keras atau jika kabelnya berjumbai atau rusak, Anda mungkin akan mencium bau terbakar yang sebanding dengan kebakaran listrik. Alternator yang terlalu banyak bekerja mencoba mendorong terlalu banyak listrik melalui kabelnya, menyebabkannya memanas dengan tidak aman. Kabel yang rusak juga membuat hambatan aliran listrik, menyebabkan kabel memanas dan mengeluarkan bau tidak sedap.

  1. Lampu Peringatan Baterai Menyala Pada Dashboard

Saat lampu peringatan baterai (aki) muncul di dasbor, biasanya salah mengira sebagai masalah khusus aki. Namun, lampu peringatan baterai menunjukkan bahwa mungkin ada masalah dalam sistem kelistrikan mobil Anda yang lebih luas, termasuk alternator. Alternator dirancang untuk bekerja pada tegangan tertentu, biasanya antara 13-14,5 volt. Jika alternator Anda gagal, tegangannya mungkin turun di bawah kapasitas, menyebabkan lampu peringatan baterai muncul di dasbor Anda. Demikian pula, lampu aki juga akan muncul jika alternator melebihi batas tegangannya, tergantung pada seberapa besar tegangannya.

Tergantung pada beban listrik dari aksesori mobil Anda (lampu depan, wiper, radio, dll.), Anda mungkin melihat lampu peringatan baterai berkedip dan mati saat alternator berfluktuasi masuk dan keluar dari kapasitas tegangan yang diinginkan. Meskipun ini mungkin tampak seperti gangguan kecil, lebih baik membawa mobil Anda untuk pemeriksaan alternator daripada timbul masalah yang lebih serius.

Dalam suatu kasus di mana segala sesuatu dengan alternator mobil Anda tampaknya baik-baik saja dan tidak ada masalah sabuk atau tanda-tanda masalah lain yang terlihat, tetapi baterai mobil mati, seperti juga sebagian besar peralatan listrik mobil. Itu mungkin berarti bahwa alternator menghasilkan listrik, tetapi itu tidak akan kemana-mana atau itu bukan tipe yang tepat.

Listrik alternator disalurkan melalui kabel besar dan kabel kecil. Masalah apa pun di dalam kabel atau sambungan di kedua ujungnya dapat mengurangi atau menghentikan aliran listrik. Kadang-kadang, gejala dari masalah ini adalah lampu yang lebih terang, karena alternator menghasilkan lebih banyak energi untuk mengatasi hambatan pada kabel yang buruk atau sambungan yang putus atau longgar. Gejala ini biasanya disertai dengan bau kabel panas juga. Resistensi yang lebih tinggi di dalam kawat menciptakan panas, mirip dengan cara pembakar listrik di atas kompor memanas dengan menahan aliran listrik.

Masalah lain bisa jadi diode rectifier pada alternator. Alternator menghasilkan listrik arus bolak-balik (AC) dalam tiga fase, tetapi aksesori mobil membutuhkan arus searah (DC) untuk beroperasi. Rectifier mengubah arus dari AC ke DC. Tanpa komponen kritis tersebut beroperasi dengan baik, listrik yang dihasilkan alternator tidak dapat digunakan.

Mendapatkan Layanan Pengecekan dan Servis Komponen Kelistrikan Mobil di Bengkel Terpercaya

Secara umum, alternator mobil bermasalah memang tak jarang dirasakan oleh para pemilik kendaraan. Namun bagaimanapun apabila alternator mobil bermasalah, sangatlah penting untuk langsung memperbaikinya melalui layanan profesional. Apabila alternator mobil bermasalah tidak ditangani dengan baik, maka alternator mobil bermasalah bisa menjadi lebih serius.

Untuk mendapatkan layanan pengecekan dan servis komponen kelistrikan mobil termasuk alternator mobil bermasalah, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan professional dari bengkel terkemuka seperti Bengkel DOMO ELECTRIC dari Dokter Mobil. Sesuai dengan namanya, DOMO ELECTRIC merupakan bengkel mobil yang menyediakan ragam jenis layanan pengecekan, dan perbaikan berbagai masalah kelistrikan pada kendaraan Anda. Proses pemeriksaan dan perbaikan di bengkel DOMO ELECTRIC semuanya dikerjakan oleh para profesional dan menggunakan alat serta bahan yang sudah sesuai standar, sehingga dijamin kualitasnya akan sangat memuaskan.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa ciri dari alternator mobil bermasalah. Ketika Anda menemui alternator mobil bermasalah, atau baru menemukan tanda-tanda awalnya saja, sangat disarankan untuk langsung memeriksakan kendaraan Anda ke bengkel terpercaya seperti DOMO ELECTRIC sehingga kendaraan Anda akan terhindar dari masalah yang lebih serius di kemudian hari. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7822

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇