📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

4 Efek Buruk Biarkan Tangki Bensin Sering Kosong

4 Efek Buruk Biarkan Tangki Bensin Sering Kosong

Mengisi tangki bensin secara teratur adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh para pemilik mobil. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa meninggalkan tangki bensin sering kosong dapat menyebabkan masalah yang serius.

Banyak orang yang tidak memahami konsekuensi dari biarkan tangki bensin sering kosong dan kebiasaan ini membuat mobil menjadi tidak efisien dan sebabkan kerusakan hingga merogoh kocek yang tak sedikit.

Dalam artikel ini, akan dikupas lengkap tentang masalah yang timbul karena sering biarkan tangki bensin kosong dan bagaimana hal ini dapat dihindari.

Efek Buruk Biarkan Tangki Bensin Sering Kosong

Efek Buruk Biarkan Tangki Bensin Sering Kosong

Apabila Anda sering mengalami masalah bahwa tangki bensin Anda sering kosong, Anda harus berhati-hati. Ini karena biarkan tangki bensin sering kosong pada mobil dapat menimbulkan bahaya yang dapat berpengaruh pada kondisi kendaraan Anda.

  1. Mempercepat Masa Pakai Mobil

Efek buruk membiarkan tangki bensin sering kosong pada mobil adalah dapat mempercepat usia mobil. Biarkan tangki bensin kosong dapat mempercepat masa pakai mobil jadi lebih cepat rusak karena korosi merupakan salah satu masalah utama yang dialami oleh sistem bahan bakar. Korosi adalah proses oksidasi yang dapat menyebabkan kerusakan logam. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Institute of Materials Research and Engineering (IMRE), National University of Singapore (NUS), dan Universitas Nanyang Technological di Singapura, mereka menemukan bahwa bensin tanpa timbal (unleaded petrol) memiliki sifat korosif yang lebih tinggi daripada bensin timbal (leaded petrol). Hal ini dapat menyebabkan korosi yang lebih cepat pada sistem bahan bakar dan menyebabkan kerusakan yang lebih cepat pada mobil. Untuk menghindari ini, mereka menyarankan agar tangki bensin diisi sepenuhnya untuk mengurangi risiko korosif.

  1. Mengurangi Efisiensi Bahan Bakar

Kedua, biarkan tangki bensin sering kosong pada mobil akan mengurangi efisiensi bahan bakar. Ketika tangki bensin mobil kosong, itu berarti bahwa mesin tidak akan mendapatkan banyak bahan bakar, yang berarti mesin akan beroperasi pada rendahnya kecepatan dan efisiensi. Penelitian oleh Universitas Plymouth menunjukkan bahwa ketika mobil berjalan pada kecepatan rendah, efisiensi bahan bakar berkurang hingga 25%. Penelitian juga menunjukkan bahwa ketika mobil berjalan dengan kecepatan tinggi, efisiensi bahan bakar meningkat hingga hampir 10%. Hal ini berarti bahwa meninggalkan tangki mobil kosong dapat mengurangi efisiensi bahan bakar hingga 25%.

  1. Kinerja Mesin Terganggu

Ketiga, jika tangki bensin mobil Anda sering kosong, ini dapat menyebabkan kendaraan Anda menjadi lebih rentan terhadap masalah kinerja. Ini dikarenakan sistem injeksi bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini juga akan menyebabkan kinerja mesin menjadi lebih buruk, yang akan meningkatkan risiko kerusakan pada mesin.

  1. Berpotensi Sebabkan Kebakaran

Keempat, biarkan tangki bensin kosong pada mobil juga dapat menyebabkan risiko kebakaran. Hal ini karena bahan bakar yang berlebihan dapat menyebabkan bahan bakar terbakar. Selain itu, jika sistem injeksi bahan bakar tidak berfungsi dengan baik, ini juga dapat menyebabkan bahan bakar menjadi lebih mudah terbakar.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Baca Juga: Kupas Tuntas Penyebab Umum Mobil Terbakar

Pentingnya Menghindari Tangki Bensin Sering Kosong

Karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa tangki bensin Anda tidak kosong terlalu sering. Anda harus mengisi tangki bensin Anda secara teratur, terutama jika Anda sering menggunakan kendaraan Anda.

Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda tetap berfungsi dengan baik. Ini juga akan membantu Anda mengurangi risiko kebakaran pada mobil Anda.

Selain itu, jika Anda memiliki kendaraan yang berusia lebih dari 10 tahun, Anda juga harus memeriksa sistem injeksi bahan bakar Anda secara teratur.

Hal ini penting agar Anda dapat memastikan bahwa sistem injeksi bahan bakar Anda berfungsi dengan baik. Jika tidak, Anda harus mengganti sistem injeksi bahan bakar Anda agar kendaraan Anda tetap berfungsi dengan baik dan aman.

Penutup

Demikian informasi lengkap seputar dampak buruk biarkan tangki bensin sering kosong, mulai dari bisa sebabkan masa pakai mobil jadi lebih singkat hingga mengurangi efisiensi bahan bakar. Untuk itu, pastikan agar selalu memperhatikan volume bensin di tangki agar selalu terpenuhi sehingga kondisi mesin bisa tetap prima dalam menunjang kebutuhan mobilitas dan rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan mobil di bengkel mobil terpercaya – di Dokter Mobil.

Referensi:

Fu, H., et al. (2017). Corrosion of Fuel System Components due to Unleaded Petrol. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. 218 (1). https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/218/1/012024

Fuel Efficiency of Cars at Different Speeds“, Universitas Plymouth, Diakses 16 Januari 2023, https://www.plymouth.ac.uk/research/impact/fuelefficiencyofcarsatdifferentspeeds

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!