New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Kondisi Tol Jakarta Cikampek saat Ini

Persiapan Agar Mobil Kuat Lewat Tol Layang Jakarta Cikampek

Per tanggal 20 Desember 2019 jalan tol layang Jakarta Cikampek resmi dibuka. Anda wajib menyiapkan mobil agar kuat melalui jalur sejauh 39km ini. Lantas gimana donk kalau mobil mogok di tengah jalan karena overheating, kerusakan mesin, ban bocor, ataupun karena kehabisan bensin?

Bepergian lewat jalan tol sudah menjadi keseharian banyak pengendara mobil. Selain menghindari macet dan lebih cepat, jalan tol juga memberikan kenyamanan berupa jalanan yang lebih lurus dan mulus.

Bicara jalan tol, tol layang yang menghubungkan Jakarta Cikampek menjadi yang terpanjang di Indonesia. Jalan layang sepanjang 39 kilometer ini tentunya tidak dilengkapi dengan rest area, SPBU, ataupun bengkel mobil.

Nah, maka dari itu persiapan matang perlu dilakukan sebelum lewat di jalan tol ini. Persiapan apa saja yang perlu dilakukan?

Hal yang Harus Diantisipasi Ketika Lewat Tol Layang Jakarta Cikampek

Banyak hal yang perlu diantisipasi dan dipersiapkan sebelum melewati jalur layang Jakarta – Cikampek ini. Sebab jalurnya yang panjang hingga 39km, jangan sampai mobil anda mengalami masalah seperti dibawah ini;

1. Mogok karena Overheating

mogok karena overheating

Terlalu lama berkendara dapat menimbulkan mesin yang overheating, kenapa bisa terjadi? Ini dikarenakan oli pada mobil sudah jelek atau jarang diganti. Karena jarang diganti, pelumasan gesekan mesin logam menjadi cepat aus hingga menimbulkan overheat sebab oli yang tidak berkualitas.

Selain oli, radiator turut mempengaruhi terjadinnya overheat. Kenapa? Sebagian orang awam hanya menggunakan air saja untuk mendinginkan radiator. Hal ini justru harus dihindari, karena hanya coolant yang mampu membuat radiator dapet bekerja dengan semburna sehingga AC mobil tidak mengalami gangguan atau hambatan.

2. Kehabisan Bensin

kehabisan bensin

Bensin merupakan faktor utama yang selalu diperhatikan oleh pengendara. Sebab itu, pastikan bensin sudah terisi penuh sebelum hendak berpergian menggunakan tol.

3. Ban bocor di Perjalanan

ban bocor ditengah jalan

Hal terburuk bagi pengendara mobil ialah mendapati ban mobil miliknya bocor ditengah jalan. Untuk menghindari hal ini, cek kualitas ban mobil. Jika sudah botak atau menipis terkikis, segera lah ganti dengan ban yang baru.

Cek juga tekanan udara ban mobil, apakah sudah sesuai dengan takaran Psi. Umumnya, tiap jenis mobil memiliki tekanan yang berbeda.Usahakan jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kurang tekanan pada ban mobil.

Bagaimana kalau terjadi insiden diatas tol tersebut? Misalnya, kehabisan BBM, mogok atau kecelakaan?

“Kita tetap menempatkan petugas di tol elevated, juga ambulans dan mobil derek jika ada hal yang tidak diinginkan,” ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani.

Sebab itu tak perlu risau ataupun khawator, para petugas tol tetap siaga 24 jam berjaga dan memantau jika terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Alangkah baiknya ada persiapan khusus sebelum anda melintas jalan tol Layang tersebut, minimal dengan memastikan kondisi BBM terisi penuh di tangki mobil. Selain itu, apa persiapan khusus lainnya?

Persiapan Khusus Sebelum Berkendara ke Tol Jakarta-Cikampek

Agar perjalanan terasa aman dan nyaman, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan. Persiapan tersebut pada intinya adalah mempersiapkan mobil agar dalam kondisi sebaik mungkin.

Apa saja persiapan yang harus dilakukan?

1. Tune UP

Masih ingatkah anda terkahir kali ke bengkel mobil untuk melakukan Tune UP? Sebaiknya lakukan tune UP sebelum mulai menjajal jalan tol ini. Dengan demikian resiko-resiko yang mungkin terjadi bisa dihindari.

2. Ganti Oli

Yuk, pastikan oli mesin masih dalam kondisi baik. Jangan sampai ternyata oli sudah aus dan rusak sehingga performa mesin menjadi loyo. Jika sudah gini, siap-siap mobil akan mogok ditengah jalan.

Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat Membedakan Oli Asli dan Palsu

Dengan menggunakan oli yang tepat, selain menjadikan performa mesin menjadi lebih tangguh, juga memastikan masalah overheating dapat dihindari.

3. Check Radiator Mobil

Raditor mobil juga merupakn komponen penting yang wajib diperhatikan. Jangan sampai mobil overheat muncul  di tengah perjalanan hingga merusak suasana. Pastikan juga radiator sudah terisi dengan coolant, bukan sekedar air biasa. Hanya dengan coolant, radiator dapat bekerja dengan maksimal.

Nah, itulah ulasan terkait Bahaya Tol Layang Jakarta Cikampek. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Itulah beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika melewati tol layang Jakarta Cikampek yang dibuka per tanggal 20 Desember 2019 ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!