πŸš— Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | πŸ”§ Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Tips Jitu Memilih Oli Terbaik dan Tanda-Tanda Oli Mobil Harus Diganti

Oli Terbaik

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Bagi masyarakat yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia otomotif, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah β€œoli”. Ya, oli sendiri merupakan salah satu komponen yang paling penting pada kendaraan karena dapat menjaga kestabilan kinerja mesin kendaraan. Oleh sebab itu, oli terbaik pada mesin mobil hampir tak pernah luput dari perhatian pengendara.

Namun seperti komponen mobil lainnya, oli terbaik juga dapat mengalami penurunan kualitas terutama yang disebabkan karena jangka waktu pakai. Apabila oli sudah digunakan dalam waktu yang lama, maka dapat dipastikan bahwa kualitasnya akan terus menurun. Apabila hal ini terjadi, maka kinerja oli untuk menjaga kestabilan kinerja mesin kendaraan menjadi kurang maksimal.

Tips Jitu Memilih Oli Terbaik

Oli Terbaik

Meskipun oli merupakan salah satu komponen yang penting, namun sampai saat ini masih banyak orang yang belum yakin serta tidak mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli terbaik. Bahkan, beberapa orang ada yang tidak melakukan penggantian oli mesin mobil dalam waktu yang lama, sehingga berpengaruh pada performa mesin secara keseluruhan. Sebenarnya, terdapat sejumlah tanda yang mengindikasikan bahwa oli mobil harus segera diganti. Untuk itu, yuk kita simak bersama penjelasan lengkap mengenai tanda-tanda oli mobil harus diganti berikut ini!

  • Oli pada mobil berwarna hitam pekat

Pada saat awal pengisian oli terbaik yang baru, dapat diperhatikan bahwa warna oli yang masih baru adalah coklat kekuningan, serta terlihat masih bersih dan tidak keruh. Namun, seiring berjalannya waktu mesin mobil bekerja, maka terdapat ciri yang cukup jelas yakni perubahan warna oli mesin menjadi kehitaman dan agak keruh. Perubahan warna pada oli ini utamanya dapat terlihat ketika melakukan pengecekan komponen oli pada mesin mobil.

Saat ini, masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya, mengapa oli yang tadinya berwarna coklat kekuningan dan cenderung jernih dapat berubah warna menjadi hitam pekat serta keruh? Jawabannya adalah karena oli sudah bekerja cukup lama untuk menjaga kelancaran kinerja komponen mesin mobil, sehingga sudah terkontaminasi oleh deposit serta dipengaruhi oleh panas mesin yang mengakibatkan perubahan warna. Hal ini sebenarnya cukup wajar, namun tetap dibutuhkan penggantian oli terbaik agar mesin mobil dapat bekerja secara optimal.

  • Suara mesin mobil yang berubah

Ciri selanjutnya yang cukup sering ditemukan serta menjadi tanda-tanda oli mobil harus diganti adalah timbulnya perubahan pada suara mesin mobil terutama ketika distarter. Secara umum, suara mesin mobil yang normal idealnya tidak berisik atau kasar dan berdecit, serta terdengar halus ketika distarter. Namun apabila pada saat mobil distarter muncul bunyi yang kasar dan mengganggu, maka kemungkinan besar oli mesin sudah menurun kualitasnya dan harus diganti ke oli terbaik.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu fungsi utama dari oli mesin mobil adalah untuk mencegah adanya gesekan antar komponen mesin, sehingga dapat menjaga kestabilan suhu. Oli yang masih baru serta kualitasnya normal dapat melakukan fungsinya dengan baik, sehingga gesekan antar komponen di mesin mobil dapat dihindari. Namun apabila kualitas oli sudah cukup menurun, maka fungsinya menjadi tidak optimal sehingga dapat terjadi gesekan antar komponen mesin mobil yang menimbulkan suara mengganggu terutama ketika mobil distarter. Apabila ciri yang satu ini sudah mulai terasa, ada baiknya untuk segera melakukan penggantian oli terbaik untuk menjaga kondisi komponen mesin lainnya serta mempertahankan kinerja mesin secara keseluruhan.

  • Asap knalpot mobil yang berwarna hitam pekat

Apabila kita memperhatikan kendaraan sekitar, maka kita dapat mengetahui bahwa warna asap knalpot mobil yang normal dan baik adalah yang tidak berwarna. Biasanya, asap mobil yang berwarna hitam hanya akan terjadi pada kendaraan angkutan berat seperti truk, serta mobil yang usianya sudah tua. Namun, ternyata ada kasus di mana mobil yang masih baru ataupun tidak terlalu lama usia pakainya, namun sudah mengeluarkan asap knalpot yang berwarna hitam. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh kondisi oli yang sudah menurun kualitasnya.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Hubungi CS Sekarang

Namun, mengapa penurunan kualitas oli terbaik dapat membuat asap knalpot mobil menjadi berwarna hitam pekat? Ternyata, jawabannya adalah karena jika oli sudah mengalami penurunan kualitas yang cukup signifikan, maka tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga dapat menguap dalam ruang pembakaran mobil. Uap dari oli yang sudah tidak layak ini kemudian akan dikeluarkan melalui knalpot sehingga menghasilkan warna yang hitam pekat. Hal inilah yang menandakan bahwa oli mobil harus segera diganti ke oli terbaik.

Dibaca Juga: Oli Adalah Pelumas Yang Sangat Penting Untuk Mobil, Apa Fungsinya?

Tips Jitu Memilih Oli Terbaik

Apabila Anda sudah menemukan satu atau lebih tanda-tanda pada mobil seperti yang dijelaskan di atas, maka hal selanjutnya yang harus segera dilakukan adalah segera mengganti oli mobil. Namun, sebagian orang nyatanya masih kesulitan dalam memilih oli terbaik dan sesuai dengan mobilnya. Oleh karena itu, berikut telah kami rangkum tips jitu dalam memilih oli mobil terbaik:

  • Memperhatikan spesifikasi mesin mobil

Tips pertama untuk memilih oli terbaik mobil adalah dengan memperhatikan spesifikasi mesin kendaraan yang digunakan. Secara umum, saat ini dapat ditemukan beragam jenis oli terbaik untuk mobil yang disesuaikan berdasarkan spesifikasi serta teknologi mesin kendaraan. Untuk dapat melihat spesifikasi mobil, pemilik kendaraan dapat membuka buku manual yang dikeluarkan secara resmi. Hal ini tentu harus diperhatikan, dan sebaiknya pilihlah jenis oli terbaik yang cocok dengan spesifikasi mesin mobil yang digunakan agar kinerjanya dapat menjadi maksimal.

  • Menyesuaikan dengan jenis oli dan fungsinya

Apabila hendak mengganti oli terbaik mobil, hal selanjutnya yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah menyesuaikan jenis oli serta fungsinya. Ketika sampai di bengkel, montir biasanya akan menanyakan jenis oli apakah yang ingin diganti, atau komponen manakah yang memerlukan penggantian oli? Hal ini sering kali ditanyakan karena pada dasarnya jenis oli sendiri ada beberapa, seperti oli mesin, oli transmisi, oli power steering, oli rem, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, perhatikanlah komponen mesin mobil mana yang membutuhkan penggantian oli, serta sesuaikanlah dengan jenisnya.

  • Melakukan penggantian oli di DOKTER MOBIL

Tips selanjutnya yang paling mudah dan tepat untuk memilih oli terbaik adalah dengan melakukan penggantian oli di DOKTER MOBIL. Servis penggantian oli di DOKTER MOBIL sudah terbukti kualitasnya, karena dilakukan oleh profesional sehingga keamanannya terjamin. Selain itu, di DOKTER MOBIL pelanggan juga akan mendapatkan insight yang lebih mendalam mengenai kondisi mobilnya saat ini, sehingga bisa memperoleh solusi terbaik secara mudah dan efisien tanpa perlu ke bengkel lain.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap tanda-tanda oli mobil harus diganti serta tips untuk memilih oli terbaik. Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa pada dasarnya ada sejumlah tanda-tanda yang cukup mudah ditemukan, serta menandakan oli mobil harus segera diganti. Apabila hal ini terjadi, segeralah lakukan penggantian oli kendaraan di bengkel mobil terdekat yang terpercaya seperti DOKTER MOBIL, sehingga Anda dapat memperoleh kualitas pelayanan yang maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5135

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.